Food Menu

10 Makanan Khas Malaysia Terenak Dan Termantul Untuk Dicoba

beberapa jenis makanan khas malaysia

Malaysia memang adalah negara yang memiliki banyak kesamaan dengan negara kita. Namun, untuk urusan makanan khas Malaysia, cita rasa yang disajikan punya keunikannya sendiri. 

Sebagian dari Anda mungkin sudah pernah mencoba beberapa menu makanan Malaysia berikut. Nah, kalau Anda penasaran dengan menu makanan lain dari negeri jiran yang satu ini, pastikan baca artikel berikut sampai habis, ya! 

1. Nasi Lemak

nasi lemak berisi telur kacang dan ikan asin

Makanan khas negeri jiran ini merupakan salah satu makanan yang mungkin sering kita dengar. Sekilas, tampilan nasi lemak ini mirip sekali dengan tampilan dari nasi uduk. Bahkan cara membuatnya pun bisa kita katakan mirip sekali dengan nasi uduk.

Nasi lemak dibuat dengan cara merebus nasi dengan menggunakan santan serta daun pandan. Setelah tanak, nasi yang memiliki aroma khas ini akan disajikan dengan berbagai macam lauk-pauk, mentimun, ikan teri goreng, serta sambal terasi. Biasanya, orang menambahkan ayam goreng sebagai lauk tambahan.

Selain ayam goreng, telur rebus juga tak jarang bisa dijumpai di menu makanan ini. Sebagai topping, biasanya akan ada taburan kacang serta daun kemangi.

2. Nasi Kerabu

nasi kerabu dengan ayam dan telur

Nasi kerabu juga merupakan makanan khas dari Malaysia. Uniknya, makanan yang satu ini memiliki tampilan unik berupa warna nasi yang kebiruan. Warna biru ini didapatkan dari pewarna alami yaitu kelopak bunga telang. 

Nasi kerabu bukan saja populer di Malaysia saja, lho. Menu makanan yang punya warna unik ini juga populer di bagian selatan Thailand. makanan di Thailand, nasi ini populer dengan nama khao yam.

Makanan yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai menu sarapan. Bagaimana tidak, makanan ini begitu menggoda dengan nasi yang beraroma, lalu dipadukan dengan ayam percik (ayam bakar khas Malaysia), kerupuk, serta sedikit sayuran. Ada pula tambahan berupa ikan asin goreng, kelapa parut, telur asin, cumi-cumi, maupun lauk lainnya.

3. Nasi Kandar

nasi kandar dengan topping ayam

Nasi kandar merupakan nasi putih yang digabungkan dengan beragam masakan kari. Pada umumnya, nasi kandar disajikan dengan berbagai ragam lauk pauk, mulai dari ayam, telur, bahkan hingga daging. Selain itu, ada juga beberapa sayuran meski biasanya nasi kandar lebih populer tanpa sayur.

Sebagai tambahan, Anda bisa menambahkan sambal hijau dan merah serta kerupuk. Uniknya, perpaduan cita rasa khas Tamil dan Melayu ini tidak saling tabrak lari—malahan, kekayaan rasa rempah khas India (Tamil) berpadu dengan baik dengan cara masak masakan Melayu yang sering menggunakan santan. Tak heran, makanan ini populer di kalangan masyarakat Malaysia. Bagaimana, Anda tertarik mencoba?

4. Che Chaong Fun

che chaong fun dengan saus

Masakan yang satu ini sebenarnya berasal dari Tiongkok bagian selatan, lebih tepatnya di Provinsi Guangdong. Che chaong fun, yang juga biasa dituliskan sebagai ci cong fan atau chee cheong fun, merupakan ragam makanan yang termasuk sebagai camilan bercita rasa gurih. Di Malaysia sendiri, che chaong fun sering kali Anda jumpai di café kopitiam maupun restoran Tiongkok. 

Bahan utama pembuatan che chaong fun adalah tepung beras serta tepung sagu. Selain itu, ada juga bahan isian seperti udang cincang dan kucai. Makanan ini biasanya disajikan dengan saus sederhana yang dibuat dengan mencampurkan kecap asin serta minyak wijen. 

Baca Juga : 10 Rekomendasi Chinese Food Yang Wajib Kamu Cobain!

5. Ayam Percik

ayam percik yang sedang di panggang

Ayam percik adalah makanan khas Malaysia yang berasal dari daerah Kelantan. Singkatnya, ayam percik ini serupa dengan ayam panggang; namun dibumbui dengan bumbu khas Malaysia. Rasanya yang enak membuat makanan ini memikat lidah banyak orang—termasuk turis mancanegara. 

Bumbu yang digunakan untuk membuat ayam percik ini bermacam-macam. Biasanya, bumbu yang digunakan meliputi bawang merah, kunyit, jahe, terasi, dan cabai rawit. Tak hanya itu, bumbu aromatik seperti lengkuas dan serai pun menjadi bahan yang diperlukan untuk membuat ayam percik. 

6. Assam Laksa

1 mangkok yang berisi assam laksa makanan khas malaysia

Laksa ini merupakan laksa yang bisa Anda jumpai di daerah Penang, Malaysia. Laksa ini berbeda jika dibandingkan laksa pada umumnya, sebab laksa ini tidak menggunakan santan dan warna kuahnya pun bening kemerahan. 

Bahan yang digunakan pada umumnya adalah daging seafood (ikan tengiri, cumi, maupun udang), bihun, dan rempah-rempah yang cukup banyak jenisnya. Sebagai pelengkap, potongan mentimun, nanas, cabai, kucai, dan bawang goreng ditambahkan di atas hidangan ini.

7. Ayam Tadori

1 ekor ayam tadori dengan sambal

Masakan yang satu ini merupakan nama makanan India yang populer di Malaysia. Sebagaimana namanya, bahan utama pembuatan makanan ini adalah ayam yang direndam dalam adonan susu asam kental. Nah, adonan ini tentunya sudah dicampur dengan berbagai macam bumbu—mulai dari garam masala, bawang putih, jahe, serta cabai. Lada India juga digunakan dalam pembuatan menu makanan berbahan dasar ayam ini. Selanjutnya, ayam akan dioven di oven tradisional yang disebut sebagai tandoor. Semakin ke sini, penggunaan tandoor digantikan dengan oven biasa.

8. Omelet Tiram

potongan omelet tiram diatas piring

Meskipun oyster omelette (nama lain omelet tiram) sebenarnya merupakan makanan khas Taiwan, omelet tiram ini banyak dijumpai di Malaysia. Bagaimana tidak, negeri jiran yang satu ini juga ditinggali oleh banyak warga negara asing, salah satunya adalah dari Taiwan.

Sesuai dengan namanya, omelet tiram merupakan makanan dengan bahan utama telur dan tiram (kerang). Seperti apa cara mengolah dua bahan ini hingga menjadi omelet tiram?  Sebenarnya, cara membuat omelet tiram ini cukup mudah, kok. Tumis tiram dengan bumbu, lalu letakkan telur yang telah dikocok di atasnya. Jika sudah matang, tinggal siram saja dengan saus yang telah disiapkan sebelumnya. 

Nah, saus omelet tiram ini sendiri terbuat dari larutan tepung, saus sambal, saus tomat, gula, selai kacang, dan daun bawang. Paduan rasa gurih dari tiram dan telur dan rasa pedas manis saus yang disiram ke omelet tiram bikin Anda tambah nasi terus!

9. Curry Mee

1 piring curry me dengan topping daging dan telur

Curry mee merupakan makanan asal Malaysia yang juga populer di Singapura. Di bagian Malaysia Utara (bagian Malaysia yang berbatasan dengan Thailand), sajian berbahan dasar mi ini disebut sebagai curry mee. Sedangkan di bagian selatan dan Singapura, curry mee populer dengan sebutan laksa kari.

Sesuai dengan namanya, curry mee bisa diterjemahkan sebagai mi kari. Mi kari ini menggunakan mi kuning atau mi bihun, lalu disiram dengan kuah santan yang sudah dibumbui dengan beragam rempah hingga menyerupai kari. Sambal juga ditambahkan sebagai penggugah selera.

Sebagai pelengkap, lauk pauk seperti ayam, udang, telur rebus, dan tahu biasa ditambahkan ke menu ini. Ada juga mi kari yang dilengkapi dengan tauge dan buncis yang dipotong kecil-kecil. Banyak tidaknya kuah dalam mi kari juga dipengaruhi di mana Anda membeli makanan ini. Sebagai contoh, di Ipoh, curry mee memiliki lebih banyak kuah dibandingkan dengan di daerah lainnya. 

10. Palak Paneer

1 mangkok palak paneer makanan khas malaysia

Hidangan yang menggunakan paneer (keju India) ini merupakan salah satu menu yang populer di Malaysia. Bahan utama dari masakan ini adalah bayam (palak) yang ditambah dengan rempah-rempah dan keju paneer. 

Untuk membuat masakan ini, Anda perlu merebus bayam secara singkat terlebih dahulu (blanch). Lalu, haluskan bayam bersama dengan bawang putih, bawang bombai, dan tomat. Nah, setelah itu, barulah krim masak ditambahkan beserta dengan keju paneer itu sendiri. Palak paneer ini biasanya disajikan panas bersama dengan nasi, roti, maupun naan—sejenis roti pipih yang terbuat dari tepung gandum. 

Tertarik mencoba salah satu makanan khas Malaysia di atas? Nah, kalau Anda berkesempatan untuk mengunjungi negeri jiran, maka jangan lupa untuk memasukkan makanan-makanan di atas ke dalam food list Anda, ya!

Article Tags:
Article Categories:
Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Don't Miss! random posts ..