Site icon Kerispy

10 Makanan Prancis dengan Cita Rasa Lezat Seperti di Paris

Apa yang ada di pikiran Anda ketika mendengar kata makanan Prancis? Yang terbayang mungkin beragam hidangan cantik dan elegan bagaikan di restoran mewah. Hidangan Prancis tidak hanya beragam, tetapi juga kaya akan sejarah, bahan, serta budaya. Makanan Prancis bahkan bisa ditemukan di banyak negara, termasuk Indonesia.

Penasaran ingin mencoba masakan Prancis? Cobalah mulai dari 10 hidangan populer ini.

Croissant

Penggemar roti dan pastry pasti sudah kenal croissant. Roti ini terkenal dengan teksturnya yang renyah karena pembuatannya membutuhkan pelipatan dan penyusunan ratusan helai adonan tipis. Croissant konon diciptakan pada abad ke-13 berdasarkan kipferl, roti berbentuk bulan sabit asal Austria.

Croissant biasanya dimakan untuk sarapan dengan kopi atau susu cokelat. Anda bisa menemukan croissant di berbagai toko roti, tetapi jika ingin cita rasa mirip aslinya, cobalah toko roti Prancis otentik seperti Francis Artisan Bakery, Sophie Authentique Bakery, dan Eric Kayser Artisan Boulanger di Jakarta.

Escargot 

Jika Anda pernah mendengar orang Prancis suka “makan siput”, hidangan yang dimaksud pasti escargot. Spesies siput yang biasa dimasak adalah Helix pomatia, Helix lucorum, dan Cornu aspersa. Mereka tidak hanya populer di Prancis, tetapi juga Jerman, Italia, Portugal, dan berbagai negara bekas jajahan Prancis di Afrika Utara.

Escargot biasanya dimasak bersama mentega, bawang putih, kaldu, dan bahkan campuran anggur. Karena ukurannya mini, escargot biasanya dijadikan hidangan pembuka. Anda bisa menikmatinya di restoran seperti Olivier Grand Indonesia Mall dan Branche Bistro di Jakarta.

Ratatouille

Masih ingat adegan memasak hidangan sayuran di kartun Ratatouille? Hidangan tersebut bernama sama dengan judulnya: ratatouille. Terbuat dari sayuran yang disemur hingga lembut, ratatouille adalah hidangan ala pedesaan yang mulai populer pada Abad ke-18.

Ratatouille biasanya terdiri dari potongan sayuran seperti wortel, paprika, zukini, terung, tomat, dan bawang bombay. Sayuran ini dipotong kecil-kecil dan dimasak bersama bawang putih serta rempah lokal. Anda bisa menemukannya di restoran Prancis seperti Bistro Baron Plaza Indonesia dan La Quartier di Kebayoran Baru.

Baca juga: Wajib Coba, 10 Makanan Eropa ini Terkenal di Dunia Loh!

Crepe

Crepe adalah kue tepung gandum pipih yang lebih tipis dan lentur dari pancake. Kue ini biasanya dimakan dengan buah-buahan, sirup, selai, dan krim. Akan tetapi, ada juga crepe versi gurih yang dimakan bersama keju, ratatouille, atau ham dan telur. Crepe begitu populer sehingga ada banyak hidangan yang terinspirasi darinya, termasuk kue mille-feuille berisi krim yang diciptakan di Jepang.

Crepe mulanya merupakan makanan penting untuk ritual Candlemas, bahkan dikenal sebagai “Hari Crepe”. Sekarang, crepe dikenal sebagai menu sarapan, makan siang, atau jajanan. Jika ingin mencicipi, Anda bisa ke House of Crepes di Plaza Indonesia Jakarta, restoran pertama di Indonesia yang menyediakan crepe asli Prancis.

Beef Bourguignon

Hadir di Prancis pertama kali pada abad ke-19, beef bourguignon adalah daging sapi yang disemur dalam kuah kaldu dan anggur merah jenis Burgundy. Selain daging, hidangan ini juga mengandung wortel, bawang bombay, jamur, bawang putih, dan beragam rempah. Karena dimasak dalam waktu lama, cita rasa dagingnya menjadi lembut dengan bumbu yang meresap sempurna.

Beef bourguignon terkenal sebagai makanan Prancis ikonik dan mengenyangkan, cocok dimakan bersama kentang atau beberapa jenis pasta. Makanan ini hadir di mana-mana, mulai dari rumah hingga bistro biasa dan restoran mewah. Di Indonesia, Anda bisa menikmatinya di Lyon, restoran Mandarin Oriental Hotel Thamrin yang menyajikan beef bourguignon otentik.

Coq Au Vin

Satu lagi menu daging yang disemur dengan anggur merah, cog au vin adalah ayam yang dimasak dalam kuah gelap bersama jamur dan bawang putih. Tidak seperti beef bourguignon, hidangan ini konon sudah ada sejak era penaklukan Galia oleh Julius Caesar. Resepnya sebenarnya bisa menggunakan unggas apa pun, tetapi ayam tetap yang terpopuler.

Ciri khas coq au vin adalah kuah kental yang gurih dan berempah dengan ayam lembut karena direbus dengan api kecil dalam waktu lama. Pearl Bali French Restaurant dan Lyon di Thamrin adalah restoran Prancis di Indonesia yang menyediakan hidangan ini.

Foie Gras

Ini dia makanan yang identik dengan kuliner mewah Prancis. Foie gras adalah hati angsa yang sengaja digemukkan. Hasilnya adalah tekstur hati yang lebih lembut dengan cita rasa mewah, tidak seperti hati biasa. Foie gras bisa dimakan utuh atau dijadikan mousse lembut yang dimakan bersama roti Prancis.

Praktik menghidangkan bagian tubuh hewan yang sengaja digemukkan sudah ada sejak zaman Mesir Kuno, lalu menyebar ke Mediterania. Akan tetapi, foie gras baru menjadi makanan khas ketika Prancis menjadi area kekuasaan Kekaisaran Romawi. Hidangan semacam hati ini bahkan disebut dalam berbagai catatan kuno.

Ingin mencicipi foie gras otentik? Kamu bisa pergi ke Avec Moi Bar & Restaurant di Thamrin. Di sini, foie gras digoreng sejenak di panci datar untuk mempertahankan cita rasanya.

Soupe à l’oignon

Soupe à l’oignon adalah nama Prancis untuk sup dengan kaldu bawang dan daging. Sup bawang ala Prancis terkenal sebagai hidangan pembuka yang disajikan bersama roti atau keju. Kuahnya kental dan biasanya dicampur anggur, susu, atau telur. Bawangnya dimasak hingga berwarna kecokelatan sehingga menghasilkan rasa kaldu yang khas. Setelah dimasak dengan api kecil, sup bawang ala Prancis biasanya dipanggang dulu.

Uniknya, sup bawang terkenal sebagai makanan rakyat jelata pada era Kekaisaran Romawi di Prancis. Kini, sup bawang merupakan makanan rumahan sekaligus menu khas bistro dan restoran mewah. Karena merupakan makanan pembuka terkenal, Anda bisa menemukannya di banyak restoran Prancis Indonesia, seperti Lyon dan Bistro Baron di Jakarta.

Baca juga: Dinner jadi So Sweet, Nih 10 Rekomendasi Makanan Western

Cassoulet

Cassoulet adalah makanan eropa rumahan yang juga sudah menjadi menu di bistro dan restoran mewah. Hidangan ini terbuat dari beragam bahan seperti daging, kacang putih, sosis, dan beragam sayuran yang ditumpuk di dalam wadah besar sebelum dipanggang. Cassoulet aslinya adalah hidangan regional yang berasal dari Castelnaudary.

Cita rasa cassoulet cukup “berat” dan mengenyangkan, tetapi rasanya dibuat segar dengan campuran tomat dan rempah. Cassoulet bisa ditemukan di hampir semua restoran Prancis otentik di Indonesia. Lyon Thamrin, Bistro Baron, Avec Moi, dan Amuz di Jakarta adalah contohnya.

Cordon Bleu

Pernahkah Anda melihat menu cordon bleu di berbagai kafe atau bistro di Indonesia? Hidangan ini aslinya ditemukan di Swiss sekitar tahun 1940-an, kemudian menjadi populer di Prancis. Inspirasinya adalah schnitzel, potongan daging lebar yang digoreng dalam lemak. Cordon bleu terdiri dari potongan ayam yang diisi lembaran ham atau daging sapi tipis serta keju, sebelum diolesi tepung roti dan digoreng.

Resepnya yang mudah sekaligus lezat membuat cordon bleu populer sebagai hidangan kafe. Akan tetapi, jika ingin mencicipi versi aslinya, Anda bisa pergi ke Paulaner Brauhaus dan Oh La La di Thamrin. Cordon bleu cocok dimakan dengan salad dan kentang.

Keunikan makanan Prancis menjadikannya kuliner ikonik yang mendunia. Jika Anda ingin memperkaya lidah, jangan lupa cicipi berbagai menu khas ini, bahkan tanpa pergi ke Prancis!

Exit mobile version