Food Menu

10 Minuman Khas Perancis Selain Anggur, Kamu Wajib Coba!

Perancis terkenal sebagai negara romantis dengan bangunannya yang indah, bahasanya yang terdengar anggun, serta kulinernya yang lezat. Orang Perancis juga sangat bangga dengan minuman anggur yang telah diekspor hingga ke berbagai negara. Tapi, tahukah kamu bahwa minuman khas Perancis ternyata bukan hanya anggur saja?

Negara di Eropa ini punya selera yang khas soal makanan dan minuman. Jadi, bukan hal yang mengherankan jika sejak dulu hingga kini, Perancis melahirkan beragam jenis kuliner termasuk minuman khas yang layak dinikmati. 

Berikut ini adalah 10 minuman khas selain wine atau anggur yang harus kamu coba jika suatu saat nanti berkunjung ke sana!

Absinthe

Absinthe merupakan minuman beralkohol yang pernah sangat populer pada abad ke-19. Saking populernya, warga Perancis diperkirakan mengonsumsi sampai 35 juta liter absinthe saat itu. Minuman ini pernah dilarang untuk diproduksi selama 100 tahun karena dipercaya memiliki sifat psikedelik, namun diizinkan untuk diproduksi kembali pada tahun 1990an. 

Kota Pontarlier di Pegunungan Jura adalah tempat terbaik jika kamu ingin mencicipi minuman ini. Di sinilah banyak tempat penyulingan absinthe yang juga menyediakan tur bagi para wisatawan.

Pastis

Minuman dengan rasa khas tanaman adas manis ini banyak ditemukan di Perancis selatan terutama kota Marseille. Rasanya mirip dengan absithe, sehingga minuman ini sempat menjadi alternatif populer ketika absinthe masih dilarang.  

Pastis disajikan dengan es dan dicampur dengan air. Untuk setiap satu bagian pastis biasanya akan dicampur dengan lima bagian air. Minuman ini biasanya dinikmati sebelum makan.

Benedictine

Benedictine adalah minuman beralkohol herbal yang sudah ada sejak abad ke-19 dan merupakan ciptaan Alexandra Le Grand, seorang apoteker. Minuman ini dibuat dari campuran 27 tanaman dan rempah-rempah. Benedictine umumnya disajikan setelah makan malam untuk membantu pencernaan dan dipercaya memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan. 

Chartreuse

Chartreuse pada awalnya dibuat oleh seorang pendeta Carthusian dengan mencampurkan sebanyak 130 jenis tanaman dan bunga. Meski demikian resep aslinya masih menjadi rahasia dan hanya dua orang pendeta yang tahu persis tanaman apa saja yang digunakan.

Minuman ini sering disebutkan di berbagai karya sastra sebagai minuman favorit. Meski demikian tidak semua orang menyukai minuman dengan rasa rempah yang kuat ini.

Grand Marnier

Grand Marnier adalah minuman dengan rasa jeruk yang dibuat dari campuran Cognac dan fermentasi dari sari gula dan jeruk pahit. Minuman ini biasanya disajikan setelah makan dan dinikmati sebagai koktail. 

Tidak hanya itu saja, Grand Marnier juga merupakan salah satu bahan dari berbagai resep makanan penutup. Jika dicampur dengan Brandy, maka minuman ini dapat digunakan sebagai bahan pembuat api palsu agar hidangan yang disajikan tampak menarik.

Kir

Kir merupakan minuman khas Perancis yang terkenal dan terbuat dari anggur putih dan didominasi oleh crème de cassis minuman black currant. Meski demikian, ada juga varian lainnya seperti peche yang merupakan campuran dengan minuman buah persik atau kir royal yang merupakan campuran dengan champagne

Di Perancis, Kir diminum sebelum menikmati makanan maupun cemilan. Awalnya, Kir dibuat dengan campuran Chardonnay, tapi sejak tahun 1950, kir dengan black currant lahir ketika Felix Kir, seorang Walikota Dijon ingin tetap bisa memanfaatkan anggur putih yang tidak jadi. Maka, ia mencampurnya dengan black currant dan lahirlah Kir.

Calvados

Calvados merupakan brandy buah apel yang dibuat di daerah Normandia. Minuman ini disuling dari sari buah apel yang khusus dipilih dari lebih dari 200 varietas. Untuk menyegarkan rongga mulut setelah makan, kamu bisa menikmati calvados dengan sedikit lemon.

Chambord

Chambord sangat mudah dikenali karena desain botolnya yang cantik dan mewah. Minuman ini sudah ada sejak tahun 1685 dan merupakan minuman favorit Raja Louis XIV. Chambord dibuat dari campuran blackberry, raspberry black currant, raspberry hitam, dan vanilla yang sudah direndam dalam cognac. 

Eaux de Vie

Minuman berwarna jernih ini adalah brandy buah yang dibuat dengan dua kali proses penyulingan dan fermentasi. Eaux de Vie biasanya dinikmati saat makan malam baik sebelum, sesudah, atau sambil menikmati santap malam.

Citron Presse

Terakhir adalah citron presse, salah satu minuman paling menyegarkan di Perancis saat musim panas. Minuman berbahan lemon peras dengan air dan gula ini merupakan minuman pereda haus paling ampuh. Saat ini, sudah banyak kafe yang menyediakan citron presse di dalam gelas tinggi dengan es. Karena rasanya yang sederhana, citron presse juga sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam membuat koktail.

Perancis memang tidak pernah main-main soal kuliner termasuk minumannya. Sejak pertama dibuat hingga kini, minuman-minuman tersebut terlah diperkenalkan dengan berbagai bentuk dan rasa. Jadi bukan hal mengherankan jika minuman khas Perancis kini telah banyak dikenal dan dinikmati di berbagai negara. 

Article Tags:
·
Article Categories:
Europe · Minuman · Western

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Don't Miss! random posts ..