Food Menu

10 Rekomendasi Makanan Dessert, Pelengkap Makanan Berat

Bagi pecinta makanan dessert, berburu dan menyantap hidangan ini pasti menjadi tujuan utama saat berwisata ke suatu negara. Apalagi setiap negara pasti memiliki dessert andalan yang populer. Nah, berikut ulasan tentang 10 dessert favorit dari berbagai negara di dunia.

10 Makanan Dessert Terbaik di Dunia

Gelato, Italia

Gelato merupakan Bahasa Italia dari es krim. Tapi berbeda dengan es krim kebanyakan, gelato terbuat dari 100% susu asli sehingga teksturnya lebih lembut. Selain rasa klasik seperti stroberi, cokelat, dan vanilla, gelato juga hadir dalam beberapa rasa lain termasuk buah-buahan. Biasanya dessert ini disajikan dengan taburan remah biskuit, almond, atau pistachio.

Gelato termasuk salah satu dessert yang tidak hanya populer di negara asalnya, tetapi juga digemari di negara lain termasuk Indonesia. Tapi soal rasa, gelato asli Italia tentu memiliki keunikan dan cita rasa berbeda jika dibandingkan dengan yang dijual di negara kita khusus nya gelato di jakarta.

Baca juga: 10 Rekomendasi Makanan Italia yang Enak dan Lezatos!

Waffle, Belgia

Waffle atau wafel selama ini dikenal sebagai dessert yang dihidangkan saat sarapan dengan sirup maple, madu, atau pasta coklat sebagai topping-nya. Di negara asalnya, Belgia, wafel juga disajikan dengan potongan buah stroberi atau daun mint. Meskipun jajanan ini bisa kita temukan di hampir semua negara, tetapi wafel Belgia punya ciri khas sendiri.

Wafel Belgia diolah dengan ragi sehingga memiliki tekstur lembut di dalam dan renyah di luar. Untuk membuat wafel, ada cetakan khusus yang digunakan. Adonannya pun dibuat sehari sebelumnya dan dibiarkan semalaman agar hasilnya lebih empuk dan ringan.

Churros, Spanyol

Dibuat dari adonan donat, churros digoreng setelah sebelumnya di cetak berbentuk bulat panjang sekitar 10 cm dan didinginkan selama beberapa menit di lemari es. Hasilnya, tekstur churros renyah di luar dan lembut di dalam. Jajanan ini biasanya di sajikan dengan saus cokelat atau taburan bubuk kayu manis dan gula.

Untuk menikmati churros, Anda tidak perlu jauh-jauh terbang ke Spanyol. Karena di Indonesia pun, churros banyak dijual di mal dan beberapa restoran Spanyol. Meskipun mungkin tidak seotentik di negara asalnya, paling tidak kita bisa menikmati rasa manis donat ala negeri Matador itu.

Cheese Cake, Amerika Serikat

Jauh sebelum cheese cake asal Jepang populer, versi Amerika menjadi salah satu dessert favorit yang digemari hampir semua orang di dunia. Rasa khas cheese cake Amerika yang creamy membuat banyak makanan terinspirasi dan menjadikan rasa dessert lezat ini sebagai salah satu variasi.

Jadi jangan heran jika kita sering menemukan es krim, keripik, atau bahkan minuman dengan rasa cheese cake khas Amerika Serikat. Kelezatan dessert legendaris ini berasal dari adonan krim keju, gula, serta vanili yang dituang ke dalam loyang berlapis remukan biskuit Graham dan lelehan mentega. Tar keju ini biasanya disajikan dengan topping buah segar seperti potongan stroberi.

Baca juga: Dinner jadi So Sweet, Nih 10 Rekomendasi Makanan Western

Creme Brulle, Prancis

Creme Brulle atau krim gosong adalah salah satu makanan dessert asal Prancis yang cukup populer. Krim ini terbuat dari custard (semacam puding susu dari telur) dan  dilapisi dengan gula merah karamel yang telah mengeras. Jajanan ini biasanya disajikan dalam keadaan sedikit dingin agar teksturnya tidak rusak.

Bentuk unik krim brulle adalah hasil dari teknik memasak khusus. Setelah custard matang dan dituang ke mangkuk, beri gula merah di bagian atasnya lalu bakar gula tersebut dengan obor khusus sehingga menjadi karamel. Agar teksturnya tetap padat, dinginkan krim brulle selama beberapa menit sebelum dinikmati.

Rasa manis puding bercampur dengan legitnya karamel gula merah membuat hidangan ini cukup diminati. Creme brulle biasanya disajikan setelah makan malam atau jamuan istimewa.

Black Forest, Jerman

Seperti cheese cake, blackforest adalah salah satu tar legendaris yang dari dulu banyak diminati orang. Dari namanya, banyak yang mengira kue lezat ini berasal dari Amerika Serikat. Padahal nama blackforest pun diambil dari nama sebuah minuman keras berupa rum asal pegunungan di barat laut Jerman.

Keistimewaan kue ini terletak pada campuran rum yang dimasukkan ke dalam adonan. Di daerah asalnya, rum yang digunakan merupakan hasil penyulingan buah ceri. Inilah mengapa rasa blackforest buatan Jerman memiliki ciri khas tertentu. Kue tar ini biasanya disajikan dengan topping irisan cokelat dan stroberi. 

Tiramisu, Italia

Di daerah asalnya, Italia, tiramisu dikenal pula dengan nama siena. Kue ini termasuk unik karena tidak dibuat dari adonan dan tidak melalui proses pemanggangan. Untuk membuat tiramisu, kita hanya perlu merendam biskuit ke dalam larutan kopi dan keju mascarpone.

Setelah itu biskuit disusun dengan bantuan krim dan didinginkan di lemari es agar tidak mudah hancur. Agar cantik dan menarik, tiramisu biasanya disajikan dengan taburan cokelat bubuk atau bubuk kayu manis. Seiring perkembangan zaman, rum ditambahkan ke dalam resep tiramisu untuk memperkaya rasa.

Keunikan rasa yang dimiliki kue khas Italia ini membuat banyak orang terinspirasi. Tidak heran jika tiramisu menjadi salah satu variasi rasa berbagai makanan dan minuman favorit Anda.

Mochi, Jepang

Mochi identik dengan perayaan tahun baru dan tradisi Mochitsuki di Jepang. Moci dibuat dari beras ketan yang ditumbuk bersama sedikit air dan beberapa campuran bahan lain sampai lembut dan lengket. Setelah itu, adonan dibentuk bulat-bulat lalu diberi isian kacang tanah dan direbus.

Selain direbus, moci juga bisa dipanggang atau dibakar. Inilah mengapa variasi moci yang beredar di Jepang sangat beragam. Masing-masing memiliki keunikan, seperti Sato Shoyu Mochi yang disajikan dengan larutan gula dan kecap asin sehingga tercipta rasa manis sekaligus gurih yang khas.

Baca juga: Oishi! Udah Coba Belum 10 Makanan Jepang yang Mantapu Ini?

Baklava, Turki

Baklava terbuat dari lapisan pastry yang diberi isian kacang cincang dan madu atau sirup sebagai pemanis. Kacang cincang isian Baklava cukup bervariasi tergantung selera. Anda bisa memilih kacang tanah, pistachio, atau kacang mede. Sedangkan Pastry yang digunakan adalah phyllo

Phyllo terbuat dari campuran tepung, minyak, air, kuning telur, dan cuka yang dipanggang sampai berwarna keemasan. Baklava sendiri termasuk salah satu dessert tertua di dunia. Sejarah mencatat makanan dengan cita rasa istimewa ini telah dibuat sejak abad ke-14 dan dikenal dengan nama gullach.

Dadar Gulung, Indonesia

Dessert recommended yang terakhir berasal dari dalam negeri, yaitu dadar gulung. Pancake asli Indonesia ini termasuk salah satu dessert indonesia yang favorit di beberapa negara. Sebagai pendamping makanan berat, dadar gulung ini terbuat dari campuran tepung beras yang telah diberi gula, sedikit santan, dan larutan pandan warna hijau.

Campuran tersebut lalu didadar di atas api kecil. Setelah dingin, dadar diberi taburan kelapa parut dan gula aren lalu digulung. Anda bisa menghias kulitnya dengan guntingan daun pandan agar terlihat cantik. Seiring perkembangan zaman, isian dadar gulung pun berkembang. Saat ini kita juga bisa menikmati jajanan tersebut dengan isian fla, keju, atau cokelat.

Jadi, mana makanan dessert yang menarik bagi Anda? Selamat mencoba.

Article Tags:
· · ·
Article Categories:
Cake · Custard & Puding · Dessert · Frozen · Pastry · Street Food

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Don't Miss! random posts ..