Food Menu

10 Rekomendasi Makanan Italia yang Enak dan Lezatos!

Italia memiliki ragam kuliner yang khas dan lezat. Sebagian di antaranya sangat populer, sebut saja pizza dan pasta. Di Indonesia pun ada banyak restoran fast food yang menjual makanan khas dari Italia tersebut. Bagi Anda yang tertarik untuk mengeksplorasi makanan Italia, yuk ketahui apa saja rekomendasi yang enak dan  lezat berikut ini.

Pizza

Pizza adalah makanan khas dari Italia yang telah dikenal di seluruh dunia. Pizza Italia identik dengan tekstur roti yang crispy dan tipis, berbeda dengan variasi pizza yang empuk. Bentuk pizza pada umumnya bulat dan dilengkapi dengan saus tomat dan aneka topping lain, mulai dari daging hingga sayuran.

Perbedaan paling kentara dari pizza khas Italia adalah pada proses memasaknya. Pizza dipanggang dengan menggunakan oven tradisional dan menggunakan bara api. Inilah rahasia kelezatan makanan yang satu ini.

Di Indonesia, ada banyak restoran atau gerai yang menjual pizza. Makanan ini bisa disantap langsung di tempat atau dipesan dari rumah. Biasanya, pizza menjadi makanan utama yang praktis untuk disantap saat hangat.

Baca juga: Wajib Coba, 10 Makanan Eropa ini Terkenal di Dunia Loh!

Pasta

Pasta adalah makanan yang terbuat dari adonan tidak beragi. Untuk membuat pasta, bahan yang dibutuhkan adalah tepung gandum dan air. Kemudian, adonan ini dibentuk sehingga menghasilkan berbagai jenis pasta dengan bentuk dan ukuran berbeda. Di Italia sendiri, ada ratusan jenis pasta yang bisa ditemukan.

Olahan paling umum dari pasta adalah spaghetti. Bentuk spaghetti seperti mi yang berukuran panjang dan memiliki tekstur empuk. Saat disajikan, pasta hanya perlu direbus sebentar. Selanjutnya, Anda bisa menambahkan saus agar rasanya makin lezat.

Gnocchi

Gnocchi merupakan jenis makanan dari Italia yang juga disukai oleh banyak orang. Ini merupakan jenis pangsit yang dibuat dari bahan tepung dan dilengkapi aneka rasa serta gaya. Isi di dalamnya bisa berupa daging atau sayur-sayuran khusus untuk vegetarian. Untuk menikmati gnocchi, Anda dapat menambahkan saus dan keju supaya rasanya makin lengkap.

Jenis kuliner Italia ini cukup mudah dijumpai di berbagai restoran Italia di Indonesia. Meskipun bentuknya sama seperti pangsit, ada perbedaan pada rasanya. Hal ini bisa disebabkan oleh bahan pangsit serta olahan sausnya.

Bruschetta

Bruschetta merupakan salah satu jenis makanan pembuka yang sangat populer di Italia. Bahan utama makanan ini adalah roti yang dipanggang. Sebelum dipanggang, roti dioles dengan minyak zaitun, bawang putih, dan garam agar memiliki rasa yang lebih kaya. Bruschetta biasanya disajikan dengan topping yang terdiri atas potongan tomat, keju, dan sayuran. Pada umumnya, bruschetta disantap bersama hidangan sup atau salad.

Asal mula kuliner bruschetta adalah dari kesederhanaan para petani zaitun yang hidup pada masa Romawi Kuno. Para petani yang tinggal di wilayah Tuscany, Lazio, dan Umbria ini memiliki kebiasaan mencoba rasa minyak zaitun dengan meneteskannya di atas potongan roti.

Lasagna

Lasagna merupakan jenis makanan lainnya yang berasal dari Italia, tepatnya dari wilayah Emilia-Romagna. Awalnya, lasagna adalah makanan masyarakat kelas bawah, yang kemudian berubah posisi menjadi makanan kelas atas. Tekstur makanan ini empuk dengan cita rasa yang gurih. Di Indonesia, lasagna cukup dikenal dan banyak dijual.

Campuran utama lasagna adalah pasta lasagna yang berbentuk pipih, saus daging (campuran daging, tomat, saus bolognese spaghetti), saus bechamel (terbuat dari mentega, tepung, dan susu), dan dilengkapi topping dari keju. Semua bahan ini disusun dalam sebuah loyang secara bergantian hingga adonan habis. Setelah itu, lasagna dipanggang di oven.

Baca juga: Dinner jadi So Sweet, Nih 10 Rekomendasi Makanan Western

Risotto

Makanan Italia juga memiliki jenis hidangan dengan bahan dasar nasi, yaitu risotto. Jenis hidangan ini berasal dari daerah Piedmont yang memiliki lahan padi cukup luas. Di Italia, risotto biasa disajikan sebelum makanan utama atau menjadi bagian dari appetizer. Variasinya sangat banyak tergantung campuran di dalamnya.

Cara membuat risotto adalah dengan menumis beras dengan mentega, kaldu ayam, dan white wine. Ada juga yang menambahkan jamur atau bawang bombay. Jika ingin mendapatkan tekstur yang creamy, bisa ditambahkan susu atau cream. Semua campuran ini dimasak selama 15-20 menit hingga empuk. Setelah matang, tambahkan keju parmesan.

Baca juga: Dari Terendah sampai Tertinggi, Kenali Jenis Minuman Alkohol Ini

Ribollita

Makanan khas lainnya dari Italia adalah ribollita. Ini adalah sajian sup yang cukup populer dari daerah Tuscany. Isi sup adalah sayuran dan roti. Roti dipilih sebagai isian karena dianggap lebih murah daripada daging. Pada zaman dahulu, roti adalah jenis bahan makanan yang dimiliki oleh tiap rumah, bahkan penduduk pedesaan Italia yang miskin.

Di Italia, ribollita biasa disajikan pada musim gugur. Ini menjadi makanan istimewa bagi penduduk lokal. Cita rasa yang pedas menimbulkan sensasi hangat bagi orang yang menyantapnya. Selain versi tradisional, saat ini ribollita juga bisa disajikan dengan tambahan daging di dalamnya. 

Gelato

Siapa yang tidak pernah mendengar istilah gelato? Saking populernya, Anda bisa menemukan kafe atau gerai khusus yang menjual gelato dengan berbagai varian di kota-kota besar di Indonesia. Gelato merupakan jenis makanan penutup yang sangat lezat. 

Jika dilihat sekilas, strukturnya seperti es krim. Karena itu, banyak orang menyantapnya sebagai teman di kala santai. Sebenarnya, gelato lebih padat daripada es krim. Gelato juga memiliki kandungan lemak yang lebih rendah. Variasi gelato kaya dengan rasa buah-buahan atau perasa lainnya.

Penemu makanan khas Italia ini adalah Bernardo Buontalenti. Ia adalah arsitek dan seniman yang diminta untuk mempersiapkan hidangan untuk Raja Spanyol pada 1565. Ia mengolah makanan dari krim beku yang kemudian menjadi cikal bakal gelato saat ini.

Baca juga: 7 Rekomendasi Gelato di Jakarta, Bikin Panas jadi Adem!

Tiramisu

Apakah Anda suka makan tiramisu? Ini adalah jenis makanan yang berasal dari Italia. Bentuknya berupa kue keju dengan taburan bubuk kakao di atasnya. Tiramisu biasa disajikan sebagai makanan penutup dan dimakan dengan sendok.

Berbeda dengan kue pada umumnya, tiramisu tidak dipanggang dan bukan berasal dari adonan. Bahan dasarnya adalah biskuit. Sebelum disusun dan dilapisi krim, biskuit direndam larutan kopi dan keju. Selanjutnya, kue didinginkan dengan suhu rendah. Hal ini dilakukan agar tiramisu tidak hancur saat disajikan.

Ciri yang paling menonjol dari tiramisu adalah rasa kopi dan keju yang berpadu dengan kuat. Teksturnya lembut dan rasanya lezat.

Carbonara

Carbonara merupakan masakan dari Italia yang berasal dari bahan spaghetti. Bahan ini dipadukan dengan saus telur, daging, dan keju, saat disajikan. Carbonara dikenal dengan resep sederhana yang terinspirasi dari makanan pedesaan Italia.

Carbonara bisa dimasak dengan beberapa cara. Namun, yang paling utama adalah menggunakan bahan-bahan utamanya sebagai campuran. Meskipun demikian, ada pula yang membuat carbonara dengan alternatif daging yang berbeda daripada yang biasa digunakan, yaitu guanciale. Jadi, inilah beberapa jenis makanan Italia yang wajib dicoba. Masih ada banyak pilihan lain yang bisa Anda cicipi. Bahkan, jika memiliki bahan-bahan yang dibutuhkan, Anda juga bisa membuatnya sendiri secara langsung.

Article Tags:
·
Article Categories:
Europe · Western

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Don't Miss! random posts ..