Site icon Kerispy

10 Tren Makanan Viral di Tiktok, Udah Pernah Coba Belum, Nih?

Tiktok adalah aplikasi yang sangat populer saat ini di dunia maya. Ada banyak sekali konten menarik yang bisa ditemukan di Tiktok. Bukan hanya lucu dan menghibur, ada juga yang sarat edukasi. Bahkan, berawal dari aplikasi ini, ada sejumlah makanan yang menjadi terkenal. Apa saja makanan viral Tiktok yang menarik untuk dicoba?

Pie Susu Teflon

Pie susu adalah makanan kecil yang populer sebagai buah tangan khas dari Bali. Camilan ini memiliki tekstur renyah di bagian pinggir dan lembut di bagian tengah. Merek pie susu yang terkenal di Bali antara lain Pie Susu Bli Man dan Pie Susu Krisna.

Bermodalkan kreativitas dan peralatan seadanya, kamu juga bisa membuat pie susu sendiri di rumah. Hal ini telah dibuktikan oleh akun Tiktok @notchavela. Ia berhasil membuat pie susu dengan menggunakan teflon. Makanan ini kemudian viral di dunia maya dan banyak dicoba oleh netizen.

Baca juga: 10 Rekomendasi Minuman Boba, Minuman Kekinian Milenial!

Odading

Selain pie susu teflon, odading juga pernah jadi jajanan viral di Tiktok. Camilan yang biasanya dijual di gerobak pinggir jalan ini menjadi terkenal setelah diulas oleh Ade Londok di akun Tiktoknya @mangadeasli. Saat itu, Ade mempromosikan odading yang dijual oleh Mang Oleh.

Karena cara promosi Ade yang unik, banyak netizen yang penasaran dan tertarik untuk membeli odading. Gerobak odading Mang Oleh pun ramai didatangi pengunjung. Karena peristiwa tersebut, Ade Londok pun diangkat oleh Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, sebagai Duta Kuliner di Jawa Barat.

Brulee Bomb

Brulee bomb sekilas terlihat seperti bitterballen, yaitu camilan gurih yang berasal dari Belanda. Namun, dari segi rasa dan teksturnya, brulee bomb sebenarnya lebih mirip dengan kroket. Hanya saja, makanan ini tidak terbuat dari kentang, tetapi dari tepung, susu, dan keju. 

Makanan ini viral karena unggahan Nagita Slavina. Netizen di Tiktok pun berlomba-lomba untuk membuat brulee bomb. Salah satu resepnya bisa dilihat di akun Tiktok @yackikuka. Camilan ini terlihat menggoda karena lelehan keju yang keluar saat brulee bomb dibuka.

Cloud Bread

Makanan viral Tiktok lainnya adalah cloud bread. Seperti namanya, roti ini memang memiliki tekstur lembut, ringan, empuk, dan terlihat mengembang seperti awan. Bahan dasarnya sangat minimalis, yaitu putih telur, gula, dan tepung maizena. Cara membuatnya pun simpel dan mudah.

Sebenarnya, cloud bread bukan kuliner baru. Makanan ini menjadi alternatif pengganti roti bagi pelaku diet keto. Namun, cloud bread menjadi populer setelah netizen mengunggah resepnya di aplikasi Tiktok. Tidak begitu jelas siapa yang memulai tren ini. Salah satu akun Tiktok yang mengunggah resepnya adalah @abimhn.

Korean Garlic Cheese Bread

Makanan yang satu ini awalnya merupakan jajanan kaki lima korea yang dijual di salah satu gerai di Stasiun Gangnam, Seoul. Menggunakan roti bun yang dibelah menjadi 6 bagian pada sisi atas dan diisi dengan keju krim yang dipadukan dengan saus bawang putih. Selain versi original, ada pula roti yang berisi tambahan sosis, daging asap, atau abon.

Korean garlic cheese bread menjadi tenar setelah banyak netizen mencoba membuatnya. Salah satu akun Tiktok yang mengunggah resepnya adalah @mxriyum. Nah, bagi yang ingin sekadar mencicipi makanan viral ini, kamu bisa membelinya di toko roti Super Furry, Neo Soho Mall, Jakarta Barat.

Mentai Rice

Kamu juga pasti pernah mendengar makanan bernama mentai rice. Saus mentai merupakan jenis saus yang dikenal berasal dari Jepang. Mentai adalah olahan telur ikan kod yang dimarinasi dengan berbagai bumbu untuk mendapatkan rasa yang berbeda.

Di Indonesia, tren membuat saus mentai dimulai oleh By Anind, salah satu usaha kuliner yang telah membuat kreasi salmon kani mentai sejak 2017. Lalu, saus mentai makin populer setelah banyak orang mencoba kreasi lainnya seperti resep mentai rice yang diunggah akun Tiktok @yackikuka.

Churros Tahu

Siapa sangka, camilan sederhana yang dikenal dengan nama churros ini pernah trending di Tiktok. Salah satu akun yang mempopulerkan churros adalah @zahrah.ateerah. Ia menggunakan bahan dasar tahu yang ditambah dengan tepung tapioka dan baking powder untuk membuat churros. Hasilnya membuat para netizen tertarik untuk mencoba.

Churros sebenarnya merupakan camilan khas dari Spanyol. Kue goreng ini berbentuk panjang dan memiliki tekstur renyah. Saat ini, ada berbagai kreasi churros yang bisa dicoba.

Oreo Dessert Box

Oreo dessert box merupakan salah satu makanan yang juga dikenal karena Tiktok. Bahan utamanya adalah Orea yang dipadukan dengan agar-agar, keju, susu, margarin, gula pasir, dan maizena. Selain itu, makanan ini juga dilengkapi dengan topping susu dan chocochips. Formula oreo dessert box salah satunya diunggah oleh akun Tiktok @alvina_tw.

Baca juga: 10 Rekomendasi Makanan Dessert, Pelengkap Makanan Berat

Japanese Milk Bread

Japanese milk bread adalah kreasi roti sobek dengan tekstur lembut dan identik dengan rasa susu. Olahan roti tanpa telur ini viral di dunia maya. Salah satu akun Tiktok yang mengunggah cara membuatnya adalah @lyoooz. Roti ini biasanya dikreasikan dengan warna-warna ceria sehingga menarik perhatian.

Baked Milk

Apakah susu bisa dipanggang? Akun Tiktok @novisusanto membuktikannya dalam unggahan yang menarik perhatian banyak penonton. Untuk membuat baked milk, kamu hanya membutuhkan kuning telur, susu cair, tepung maizena, dan gula pasir. Cara membuat makanan unik ini cukup mudah. Rasanya pun enak.

Nah, inilah beberapa makanan viral Tiktok yang sukses bikin netizen penasaran. Apakah kamu pernah mencobanya?

Exit mobile version