Food Menu

7 Rekomendasi Makanan Khas Padang Ini Lamak Bana!

Salah satu makanan khas dari Kota Padang pernah mendunia. Apa lagi kalau bukan rendang? Makanan khas Padang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi cita rasanya. Sehingga, menjadi favorit bahkan bagi orang luar negeri sana.

Bila kebetulan kamu sedang berada di Padang, jangan ragu mencicipi berbagai kuliner khas di sana. Namun, bila tidak, kamu juga bisa menikmatinya di rumah makan Padang di kota kamu. Apa saja makanan nusantara populer dari sana? Simak daftarnya berikut ini. 

Rendang

Rendang bahkan pernah diumumkan sebagai makanan terenak nomor 1 di dunia. Bahannya terbuat dari daging sapi yang dimasak berjam-jam lamanya, menggunakan rempah-rempah serta santan.

Lamanya durasi memasak menghasilkan cita rasa yang khas, pekat, dan pastinya membuat ketagihan. Demi mencoba rendang dengan rasa autentik, sempatkan untuk singgah ke salah satu rumah makan di Jl. Khatib Sulaiman, Padang, yakni RM Lamun Ombak. Harganya mulai dari Rp30 ribu.

Ayam Pop

Penggemar nasi Padang pasti sudah tidak asing dengan makanan khas Padang yang satu ini: Ayam Pop. Teknik memasak Ayam Pop adalah ayam direbus terlebih dahulu dengan bumbu, kemudian digoreng sebentar agar teksturnya menjadi renyah. 

Warnanya yang pucat kerap membuat salah paham, karena terkesan seperti tidak benar-benar matang. Namun, Ayam Pop matang sempurna dan punya rasa super lezat. Apalagi bila ditambah dengan sambal lado tomat dan daun singkong rebus. Wah, bisa-bisa kamu nambah terus, nih! 

Gulai Tunjang

Bagi pencinta makanan berkuah seperti gulai, kamu pasti akan jatuh cinta pada suapan pertama saat mencoba makanan khas Padang yang satu ini: Gulai Tunjang. Cita rasa gurihnya dibuat dari kikil sapi yang dimasak sampai empuk dengan bumbu gulai. 

Kamu bisa menemukan Gulai Tunjang di restoran mana pun di Padang, seperti di Gulai Tunjang Buk Ayang, Padang Utara dan Gulai Tunjang Piaman Ade di Kecamatan Kuranji, Padang. Harganya mulai Rp20 ribu sampai Rp35 ribu.

Dendeng Batokok

Sedikit berbeda dengan dendeng biasanya, makanan khas Padang yaitu Dendeng Batokok ini pengolahannya adalah dengan cara direbus bersama bumbu terlebih dahulu, kemudian dipukul dengan ulekan agar dagingnya lebih pipih dan lebar. Cara pengolahan yang demikian ditujukan agar bumbu semakin meresap ke dalam daging.

Maka, jangan heran bila saat mencicipinya kamu akan merasakan rempah yang sangat kuat. Dendeng Batokok biasanya juga disajikan dengan sambal lado mudo yang terbuat dari cabai hijau, tomat hijau, bawang merah, dan garam. Restoran yang bisa dikunjungi untuk mencicipi kuliner ini salah satunya adalah RM Rizky Fajar, tepatnya di daerah Pasa Gadang, Jl. Ps. Mudik, Kec. Padang Selatan. 

Sate Khas Padang

Sate menjadi makanan favorit hampir semua orang. Di Sumatera Barat sendiri, ada variasi makanan khas Padang jenis sate, yaitu Sate Padang Panjang dan Sate Pariaman. Apa perbedaan keduanya?

Warna bumbu siraman untuk Sate Padang Panjang cenderung kuning kecoklatan. Aromanya didominasi dengan aroma kunyit, dan rasanya gurih sedikit pedas. Sedangkan bumbu siraman Sate Padang Pariaman berwarna coklat cenderung kemerahan, dengan rasa yang lebih pedas.

Penasaran dengan rasanya? Salah satu tempat legendaris yang menjual sate khas Padang adalah Sate Mak Syukur di Jl. Sutan Syahrir 250, Kota Padang Panjang. Sejak dibuka puluhan tahun lalu, Sate Mak Syukur selalu laris dan eksis hingga sekarang. 

Baca juga: Makanan Khas Sumatera ini Enak Banget, Kamu Wajib Coba

Soto Padang

Meski rasanya berbeda-beda, setiap daerah dipastikan punya Soto sebagai salah satu makanan khas. Ada yang memakai kuah bening, ada pula yang memakai kuah santan. Di Padang, kamu bisa menikmati soto dengan cita rasa khas Minang di RM Soto Garuda. Lokasinya di Kec. Padang Utara, tepatnya di Jl. S. Parman Kelurahan No.110, Padang.

Soto Garuda eksis sejak 1976, kemudian diandalkan oleh masyarakat Padang  sebagai tujuan wisata kuliner. Cita rasa sotonya memang cukup khas dan berbeda.  Tambahkan perasan jeruk nipis ke dalam kuahnya yang kental dan panas; siapa yang tidak akan tergoda?

Es Durian Khas Padang

Tidak melulu soal makanan berat, makanan khas Padang berupa Es Durian juga bisa jadi tujuan kuliner kamu di kota yang dijuluki Kota Tercinta ini. Terbayang sudah bagaimana segarnya perpaduan es dengan buah durian yang manis.

Rekomendasi penjual es durian yang enak adalah Es Durian Iko Gantinyo di Jl. Pulau Karam, Kecamatan Padang Barat. Dengan harga mulai Rp10 ribu, kamu bebas memilih topping; mulai dari buah-buahan, kacang, hingga meses.

Nah, itu dia beberapa makanan khas Padang yang lamak bana (enak sekali) sekaligus rekomendasi restoran yang bisa kamu kunjungi saat berada di Kota Padang. Meski sudah menjadi pelanggan tetap nasi Padang di kota sendiri, memakannya langsung di tempat asalnya tentu lebih mengasyikan, bukan?

Article Tags:
· ·
Article Categories:
Asian · Indonesian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Don't Miss! random posts ..