Food Menu

8 Macam Kue Basah Modern yang Mudah Cara Membuatnya

Kue basah merupakan salah satu camilan lezat yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Rasanya yang lezat dan tampilannya yang cantik memang menggugah selera dan cocok dinikmati kapan saja. Sayangnya, membeli kue setiap hari tentu akan boros, sedangkan untuk membuatnya ternyata cukup susah juga.

Kamu tidak perlu khawatir, karena beberapa kue basah modern ternyata cukup mudah dibuat sendiri di rumah. Jadi, jika kamu punya waktu luang dan ingin mencoba membuat kue sendiri, coba 10 jenis kue basah yang mudah dibuat berikut ini.

Kue Pukis

Kue berbentuk setengah lingkaran ini dibuat dari adonan tepung terigu, telur, gula pasir, ragi dan santan. Cara membuatnya juga cukup mudah, sehingga kamu bisa menemui kue ini dijual di berbagai toko kue mapupun pedagang kaki lima. 

Kue ini memiliki rasa yang manis dengan tekstur empuk. Umumnya, bagian atas pukis akan ditaburi berbagai macam toping seperti coklat, keju, selai, atau sukade. Karena tergolong kue yang umum, kamu justru akan jarang menemukan kue ini pada acara-acara khusus.

Donat Kentang

Sesuai dengan namanya, kue ini menggunakan kentang sebagai bahan dasarnya. Kue dengan tekstur empuk dan rasa yang manis ini tidak membutuhkan terlalu banyak bahan dan proses pembuatannya juga cenderung cepat. Jadi, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Tambahan topping seperti cokelat atau keju membuat kue ini semakin terasa nikmat. Donat kentang cocok dinikmati di sore hari sambil bersantai sambil secangkir kopi atau teh. 

Molen Pisang

Molen pisang bukanlah makanan baru di Indonesia, tapi rasanya masyarakat tidak pernah bosan dengan camilan ini. Kue ini berbentuk memanjang dan meruncing di kedua ujungnya. Bahkan bakunya adalah pisang yang dilapisi dengan lembaran adonan pastri kemudian digoreng. Hasilnya adalah kue yang gurih dan manis.

Saat ini selain buah pisang, molen juga memiliki ragam varian isi lainnya seperti kacang hijau, cokelat, dan selai. Cara membuatnya juga mudah dan tidak membutuhkan terlalu banyak macam bahan. Bahan yang dibutuhkan hanyalah tepung terigu protein tinggi, gula halus, baking powder, telur ayam, margarin, air es, minyak goreng, dan pisang sebagai isian.

Dadar Gulung Original

Dadar gulung merupakan salah satu camilan terkenal di Indonesia dengan warna hijau cantik dan rasanya yang manis. Kue ini dibuat dari adonan tepung beras yang diberi isian kelapa parut dan gula merah. Teksturnya yang empuk dan lembut membuat kue ini dinikmati oleh masyarakat dari berbagai usia.

Kue ini sering dijadikan jamuan bagi para tamu saat acara khusus, namun juga banyak ditemukan dijual di pasar tradisional. Jadi, tidak sulit untuk menemukan kue ini di pasaran. 

Bolu Pisang

Membuat bolu pisang tidaklah sulit karena bahan-bahan yang dibutuhkan sangat mudah didapatkan. Dengan buah pisang sebagai bahan dasarnya, kue ini memiliki rasa manis dengan tekstur empuk yang membuatnya mudah dinikmati oleh masyarakat berbagai usia. 

Kue ini juga tidak membutuhkan waktu pembuatan yang terlalu lama, jadi cocok digunakan sebagai camilan sehari-hari di rumah.

Kue Lumpur

Bahan utama kue lumpur ada kentang, tepung terigu, santan dan telur. Terkadang, vanila juga ditambahkan sebagai pewangi serta irisan kismis atau kelapa muda sebagai hiasan di bagian tengah. 

Kue lumpur memiliki rasa yang manis legit dengan tekstur yang lembut dan empuk. Karena termasuk dalam golongan kue basah, kamu tidak boleh menyimpannya terlalu lama karena akan cepat basi.

Bolu Kukus

Kue basah modern yang mudah dibuat sendiri di rumah selanjutnya adalah bolu kukus. Sesuai namanya, kamu tidak membutuhkan oven untuk membuat kue basah ini. Kue ini juga umumnya dibuat dengan warna-warni yang cantik sehingga semakin menggugah selera. 

Seperti bolu pada umumnya, kue ini juga menggunakan bahan-bahan yang cukup umum seperti tepung terigu, gula, telur, susu, dan soda. Untuk menambahkan rasa, biasanya cukup ditambahkan dengan perisa vanila, cokelat, atau berbagai rasa lain yang diinginkan.

Kue Lapis Beras

Selanjutnya adalah kue lapis beras yang sering dijadikan sebagai kue hidangan pada acara khusus. Sesuai namanya, kue ini memiliki tampilan berlapis-lapis dan warna-warni sehingga membuatnya tampak cantik. 

Kue lapis dibuat dari tepung beras, sago, santan, gula, garam, dan pewarna makanan. Dengan menyiapkan adonan berbeda warna, maka kamu bisa membuat kue lapis berwarna-warni yang sangat cantik. 

Nah, itulah delapan jenis kue basah modern yang cara membuatnya tidak terlalu sulit. Rasanya yang lezat dengan cara membuat yang mudah membuat kue tersebut cocok digunakan sebagai camilan sehari-hari keluarga. Jadi, jangan ragu untuk mencari tahu resep lengkap kue-kue di atas dan buat kue basah kamu sendiri. 

Article Tags:
·
Article Categories:
Cake · Dessert

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Don't Miss! random posts ..