Food Menu

8 Restaurant Fast Food Paling Terkenal di Indonesia

Hingga saat ini, ada banyak fast food restaurant di Indonesia. Restoran-restoran ini cukup diminati oleh masyarakat karena menawarkan menu yang cocok di lidah dengan harga yang masih terjangkau. 

Sebagian besar restoran cepat saji menawarkan menu ayam goreng yang paling enak disantap di gerai. Namun, ada pula menu lain seperti pizza. Meskipun asalnya dari Italia, menu pizza yang ditawarkan oleh gerai fast food ini ternyata banyak digemari.

Lalu, apa saja restoran paling terkenal di Indonesia yang menawarkan aneka pilihan menu makanan cepat saji? Yuk, simak ulasannya berikut ini. 

McDonald’s

Siapa yang tidak kenal dengan restoran cepat saji McDonald’s? Awal mula bisnis restoran ini dimulai pada 1940 di San Bernardino, California. Saat itu, Richard dan Maurice McDonald memulai bisnis kios hamburger. 

Kedatangan Ray Kroc, seorang agen waralaba, pada 1955 mengubah banyak hal. Melihat potensi bisnis ini, Kroc membeli rantai restoran waralaba dari McDonald bersaudara. Ia juga memindahkan kantor pusat perusahaan di Chicago pada 2018.

Produk terkenal dari McDonald’s adalah hamburger, kentang goreng, dan burger keju. Selain itu, ada pula produk ayam, minuman ringan, milkshake, dan makanan penutup. Sebagai upaya menyajikan makanan sehat, McDonald’s juga menyediakan menu salad, ikan, smoothies, dan buah.

Di Indonesia, restoran McDonald’s pertama berdiri di Gedung Sarinah, Jl. M.H Thamrin, Jakarta. Restoran ini mulai beroperasi pada 23 Februari 1991. Tak hanya menyajikan menu-menu utama, McDonald’s Indonesia juga memiliki pilihan menu sesuai selera lokal, seperti nasi goreng dan nasi.

Baca juga: Dinner jadi So Sweet, Nih 10 Rekomendasi Makanan Western

KFC

Selain McDonald, ada pula restoran fast food KFC yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Pemilik tunggal waralaba KFC di Indonesia adalah PT. Fastfood Indonesia Tbk. Perusahaan ini didirikan Gelael Group pada 1978.

Restoran pertama KFC di Indonesia terletak di Jl. Melawai, Jakarta, yang didirikan pada Oktober 1979. Setelah terbukti sukses dengan gerai pertama, KFC mulai membuka gerai selanjutnya di Jakarta maupun kota-kota besar lain. Sejak 1990 hingga sekarang, Salim Group bergabung menjadi pemegang saham utama di perseroan ini. 

Ada pun produk yang menjadi favorit di KFC adalah Colonel’s Original Recipe serta Hot & Crispy. Ada berbagai variasi menu yang bisa dipilih pelanggan, di antaranya Menu Goceng, Colonel Burger, Colonel Yakiniku, Super Panas, dan KFC Attack.

Pada 2011, perseroan ini juga mengembangkan KFC Coffee yang menyajikan produk kopi, baik panas maupun dingin. Gerai ini ditujukan khusus bagi pecinta minuman kopi yang juga makan di gerai KFC.

Burger King

Restoran makanan siap saji berikutnya yang ada di Indonesia adalah Burger King. Restoran ini menjual kentang goreng, burger, dan aneka minuman ringan. Restoran pertama Burger King dibangun pada 1954 di Miami, Florida. Pemiliknya adalah James McLamore dan David Edgerton yang merupakan alumni Cornell University.

Di Indonesia, Burger King hadir mulai 1980. Namun, ketika krisis moneter melanda pada 1998, gerainya sempat tutup. Waralaba ini kembali hadir pada 2007 dan berada di bawah penanganan Mitra Adiperkasa. Outlet pertama dibangun di Senayan City, Jakarta. Saat ini, outlet Burger King bisa ditemukan di berbagai kota di Indonesia. 

Wingstop

Meskipun namanya tak sepopuler pesaingnya, Wingstop masih bertahan di Indonesia hingga saat ini. Restoran pertamanya didirikan pada 2014 lalu di Kota Kasablanka, Jakarta. 

Hal yang menarik dari restoran Wingstop adalah menu utamanya yang berupa sayap ayam goreng. Di daerah asalnya, menu sayap ayam goreng ini disebut Buffalo Wings. Bukan ayam goreng biasa, tetapi dilengkapi dengan lapisan saus serta bumbu dalam 10 varian, di antaranya Atomic, Cajun Spicy, Original Hot, Garlic Parmesan, dan Hickory Smoked Barbecue. 

Baca juga: Wajib Coba, 10 Makanan Eropa ini Terkenal di Dunia Loh!

Domino’s Pizza

Nama Domino’s Pizza cukup banyak dikenal saat ini. Fast food restaurant yang menyajikan produk utama pizza tersebut termasuk dalam jaringan restoran berskala internasional dari Amerika. Domino’s Pizza dibangun pada 1960 oleh Tom dan James Monaghan. Kantor pusatnya terletak di Michigan.

Menu awal di Domino’s Pizza adalah terdiri atas 2 ukuran dan memiliki 11 varian topping. Menu ini tidak berubah selama beberapa waktu. Barulah pada 1989, Domino’s Pizza mulai mengembangkan menu baru. Selain pizza, para pelanggan juga bisa menikmati variasi minuman di gerai fast food ini. 

Pizza Hut

Apakah Anda tahu bahwa restoran waralaba internasional, Pizza Hut, dibangun di Wichita, Kansas, pada 1958 lalu? Perusahaan yang didirikan oleh Dan dan Frank Carney tersebut menyajikan masakan Italia-Amerika, yaitu pizza dan pasta, serta berbagai lauk.

Restoran Pizza Hut pertama di Indonesia dibangun pada 1984 di Gedung Djakarta Theatre, Thamrin, Jakarta. Hingga sekarang, ada lebih dari 200 restoran yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 

Ada berbagai menu pilihan yang bisa dicoba di Pizza Hut. Beberapa di antaranya Pan Pizza, Stuffed Crust Keju, Stuffed Crust Sosis, Cheesy Bites, Crown Crust, dan sebagainya. Bukan hanya mengembangkan menu-menu yang menarik pelanggan, Pizza Hut juga menyediakan layanan delivery, yaitu Pizza Hut Delivery (PHD). 

A&W

Jaringan restoran makanan cepat saji A&W telah tersebar ke seluruh dunia. Restoran pertama kali dibuka di California pada 1919. Pendirinya adalah Roy W. Allen dan Frank Wright. Produk pertama mereka adalah Root Beer (RB), yaitu minuman dari gula tebu asli. Disajikan dengan gelas Frosty Mugs, minuman ini menjadi ciri khas restoran A&W.

Saat ini, A&W memiliki beberapa menu favorit yaitu Golden Aroma Chicken, Mozza Burger, Curly Fries, dan Es Krim Monas. Anda bisa menikmati berbagai menu ini di restoran A&W yang ada di berbagai kota di Indonesia. Hingga saat ini, ada lebih dari 270 gerai sejak pertama kali dibuka pada 1985.

Baca juga: Jadi Pengen Mukbang! Cobain 10 Makanan Korea Favorit Ini Yuk

Texas Fried Chicken

Texas Fried Chicken adalah salah satu waralaba restoran ayam goreng yang ada di Indonesia. Pemilik waralaba ini ada di Atlanta, Amerika Serikat. Pertama kali masuk ke Indonesia pada 1984 di daerah Pasar Baru, Jakarta. Setelah itu, Texas Fried Chicken pun mulai dibuka di berbagai daerah di Indonesia.

Ada banyak variasi menu yang bisa dibeli pelanggan dari gerai fast food ini. Di antaranya ada menu Ayam Goreng Spicy, Ayam Goreng Crispy, dan Chicken Chunk. Selain itu, ada pula opsi lain seperti nasi goreng, perkedel, hot dog, chicken sandwich, chicken soup, bubur ayam, spaghetti, dan sebagainya. Menu makanan ini juga dilengkapi dengan aneka varian minuman.Inilah berbagai fast food restaurant yang paling terkenal di Indonesia. Untuk pengalaman terbaik, cobalah menu-menu andalan yang ditawarkan kepada para pelanggannya.

Article Tags:
· ·
Article Categories:
American · Western

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Don't Miss! random posts ..