Food Menu

9 Jenis Minuman Khas Jepang yang Menarik untuk Dicoba

Tiap negara atau daerah pasti memiliki makanan dan minuman khas yang unik, termasuk Jepang. Apakah kamu tahu apa saja jenis minuman khas Jepang? Ternyata, ada banyak jenis minuman autentik yang berasal dari Negeri Matahari Terbit ini. Berikut di antaranya:

Sake

Sake adalah minuman beralkohol yang merupakan hasil dari fermentasi beras. Masyarakat Jepang mengonsumsi sake sebagai bagian dari budaya. Dalam acara seperti pernikahan, pembukaan toko, festival Shinto, dan berbagai acara lain, sake selalu disajikan secara gratis.

Sake memiliki kandungan air sebanyak 80%. Hal tersebut membuat minuman dari Jepang ini memiliki kadar alkohol lebih rendah daripada jenis minuman beralkohol lain, seperti vodka. Seperti anggur, sake juga memiliki beragam rasa dan aroma.

Baca juga: Buat Nemenin Mukbang, 10 Minuman Korea Yang Wajib Dicoba

Mugicha

Ada pula minuman dari Jepang yang dikenal dengan nama mugicha. Ada pula yang menyebutnya barley tea karena diolah dari biji barley atau jelai. Biji tanaman sejenis gandum ini kemudian dipanggang dan diekstrak. Minuman ini biasanya disajikan dalam kondisi dingin dan cocok dikonsumsi saat cuaca panas.

Mugicha memiliki rasa seperti kacang. Namun, tidak ada rasa pahit seperti teh pada umumnya. Mugicha juga tidak mengandung kafein. Banyak wanita mengonsumsi minuman ini karena dipercaya dapat membuat kulit lebih indah dari dalam.

Ocha

Ocha adalah salah satu jenis teh tradisional asal Jepang yang juga cukup dikenal di Indonesia. Bukan hanya menyegarkan, minuman ini ternyata memiliki efek yang bagus buat kesehatan, yaitu menghilangkan lemak tubuh, melancarkan pencernaan, dan mencegah rambut rontok.

Ocha telah dikenal di Jepang sejak abad ke-13. Minuman teh ini banyak dinikmati oleh kaum terpelajar dan kalangan samurai. Ada beberapa varian ocha yang cukup dikenal, yaitu matcha, gyokuro, kabuse-cha, sencha, bancha, dan sebagainya.

Kakigori

Kakigori adalah minuman khas Jepang yang umum disajikan pada cuaca panas. Minuman yang berisi es batu yang diserut dan dibubuhi susu kental dan sirup manis ini sangat menyegarkan. Dahulu, minuman ini merupakan hidangan untuk para bangsawan. Namun, seiring dengan makin banyaknya produsen es batu, penjual kakigori pun mudah ditemukan.

Alat serut es batu juga saat ini sangat banyak dijual. Jadi, masyarakat setempat bisa membuat kakigori sendiri di rumah, terutama selama musim panas. Rasa kakigori seperti sirup yang digunakan diatasnya, antara lain strawberry, melon, dan lemon. Selain itu, ada mizore, yaitu kakigori dengan madu gula putih dan kintoki dengan pasta kacang merah.

Baca juga: 7 Jenis Minuman Buah yang Bisa Bikin Hari Kamu Lebih Segar

Sobacha

Sobacha adalah teh yang terbuat dari biji soba atau buah beri panggang. Ini juga merupakan salah satu minuman yang disajikan saat musim panas. Meskipun disajikan dengan dingin, sobacha justru bisa menghangatkan dan menyegarkan badan.

Bukan hanya itu, sobacha juga ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Dalam minuman ini terdapat kandungan vitamin, protein, mineral, dan zat asam amino esensial

Shochu

Shochu adalah salah satu jenis minuman keras dari Jepang. Kandungan alkohol dalam shochu lebih tinggi daripada sake, tetapi lebih rendah daripada wiski. Shochu terbuat dari produk pertanian dan umbi-umbian yang disuling, beda dengan sake yang melewati proses peragian.

Harga shochu juga lebih murah daripada sake. Hal ini karena pajak yang dikenakan pada shochu lebih rendah. Karena murah, minuman ini lebih populer di kalangan rakyat jelata. Merek shochu terkenal bisa ditemukan di daerah Kyushu.

Matcha

Matcha adalah teh hijau bubuk premium dari Jepang yang kualitasnya berbeda dengan yang umum dijual di pasaran. Matcha merupakan teh yang selalu dipakai pada upacara tradisional di Jepang. Teh matcha berwarna hijau karena memiliki klorofil tinggi. 

Sebelum menjadi bubuk, matcha disebut tencha, yaitu daun teh kering. Proses membuat matcha tidak singkat. Itulah sebabnya harga matcha sangat mahal, terutama grade tinggi. Saat diolah menjadi minuman, hanya dibutuhkan sekitar 4 gr untuk segelas air. 

Amazake

Amazake adalah sake manis yang hanya mengandung sedikit alkohol atau bahkan tanpa alkohol. Para wanita di Jepang biasanya mengonsumsi amazake untuk kesehatan dan kecantikan. Sejak zaman dahulu, amazake dipercaya bisa mencegah stroke. Saat ini, banyak orang meminumnya untuk menghangatkan tubuh.

Ada 2 jenis amazake, yaitu yang terbuat dari ampas sake dan gula dan yang terbuat dari fermentasi beras (koji-amazake). Di antara keduanya, koji-amazake lebih manis karena kandungan glukosa dari beras. 

Aojiru

Aojiru adalah minuman yang terbuat dari bahan sayur, yaitu kubis atau rumput barley muda. Aojiru merupakan jus hijau yang mulai dikenal di Jepang pada 1943. Saat itu, seorang dokter tentara membuat jus dari bahan sayur-sayuran yang dibuang. Menurut dokter tersebut, jus aojiru juga dapat menyembuhkan penyakit seperti radang paru-paru.

Aojiru dikenal dengan rasanya yang tidak enak. Namun, hingga kini produsen terus mengusahakan agar minuman ini tidak terlalu pahit seperti aslinya. Aojiru banyak dikonsumsi karena memiliki kandungan vitamin dan mineral tertentu yang baik untuk kesehatan.

Nah, ini dia 9 jenis minuman khas Jepang. Sebagian ternyata cukup populer di Indonesia. Tertarik untuk mencoba?

Article Tags:
Article Categories:
Asian · Herbal Drink · Japanese · Minuman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Don't Miss! random posts ..