Food Menu

9 Makanan Khas Solo ini Enak, Murah, dan Bikin Kangen !

Solo menyimpan segudang kisah sejarah dan seni budaya yang menarik untuk dibahas. Selain itu, kuliner di sana juga dikenal enak dan relatif terjangkau harganya. Tidak heran, pelesiran ke Kota Solo kerap menjadi agenda para traveler. Ini rekomendasi terbaik makanan khas Solo yang rasanya dijamin bikin kangen! 

Nasi Liwet

Sego (nasi) Liwet punya rasa gurih yang sedap, dengan lauk pelengkap seperti opor, sayur labu, telur, dan daging ayam. Penyajiannya unik, yakni menggunakan pincuk. 

Salah satu tempat makan terkenal yang menyajikannya adalah RM Nasi Liwet Wongso Lemu di daerah Banjarsari, Solo. Sejak dibuka tahun 1950 silam, rumah makan ini selalu ramai. Harganya variatif, mulai Rp10 ribu hingga Rp25 ribu. 

Selat Solo

Makanan khas Solo yang satu ini juga dikenal sebagai “steak Jowo (Jawa)”, karena tampilan dan penyajiannya mirip steak ala kuliner Eropa. Dalam seporsi Selat Solo, ada daging semur, potongan buncis, kentang, daun selada, wortel, serta kuah semur yang manis dan gurih. 

Warung selat Vien’s adalah tempat paling tepat untuk menikmati Selat Solo. Lokasinya di daerah Banjarsari, Solo, tepatnya di Jl. Hasanudin No.99 C. Seporsi Selat Solo dijual Rp14 ribu hingga Rp17 ribu-an.

Timlo

Timlo adalah makanan berkuah serupa sup daging. Lauk pelengkapnya seperti telur, sosis khas Solo, suwiran daging ayam, dan ati ampela ayam menambah kelezatan kuah kaldu panas yang gurih.

Bila sedang berada di Kota Solo, jangan lupa untuk mencicipinya. Salah satu rekomendasi tempat untuk menikmati segarnya Timlo adalah RM Timlo Sastro. Rumah makan ini telah eksis sejak tahun 50-an dan punya dua cabang, yakni di kawasan Pasar Gede Solo dan di Jl. Dr. Wahidin, Laweyan, Solo. Satu porsi lengkap Timlo Solo dijual dengan kisaran harga Rp18 ribu – Rp20 ribu.

Baca juga: 10 Rekomendasi Makanan Jawa Yang Wuenak Poll

Sate Buntel

Apa beda Sate Buntel dengan sate kambing pada umumnya? Rahasia makanan khas Solo ini adalah penggunaan lemak kambing untuk “membuntel” atau membalut daging kambing cacah. Ditambah irisan daun kol dan bawang merah, serta bumbu kecap: sekali mencoba, pasti langsung jatuh cinta!

Sate Buntel paling laris ada di Warung Bu Hj. Bejo di daerah Pasar Kliwon, Solo. Warung sate kambing ini adalah destinasi favorit Pak Jokowi saat pulang ke Solo. Sate buntel di sana dijual Rp45 ribu per porsi. Dagingnya empuk dan dijamin bikin nagih.

Tengkleng Kambing

Makanan khas Solo ini serupa dengan gulai kambing. Bedanya, kuah tengkleng lebih cair daripada gulai. Selain itu, Tengkleng menggunakan lebih banyak balungan atau tulang kambing. Terbayang, bagaimana sedapnya menyeruput kuahnya yang gurih dan segar!

Pastikan kamu mampir ke Warung Tengkleng Bu Edi di kawasan Pasar Klewer, Solo. Dengan hanya merogoh kocek sekitar Rp25 ribu, kamu bisa menikmati seporsi tengkleng Solo yang lezat tiada dua. 

Tahu Kupat

Tidak perlu menunggu saat Lebaran. Di Solo, kamu bisa menyantap hidangan ketupat setiap saat. Tahu Kupat atau Kupat Tahu merupakan kuliner yang berisi ketupat, tahu putih goreng, mie kuning basah, serta dilengkapi kol, tauge, dan taburan kacang goreng. Kuahnya segar, dibuat dari campuran kecap manis, air, bawang, dan bawang goreng.

Satu porsi Tahu Kupat bisa dinikmati dengan harga murah, sekitar Rp7 ribu – Rp 10 ribu saja. Tahu Kupat Pak Gombloh di daerah Laweyan, Solo, bisa jadi destinasi kuliner kamu selanjutnya.

Sate Kere

Sate Kere pada dasarnya adalah sate yang dibuat dari tempe gembus atau jeroan sapi seperti usus, hati, jantung, dan kikil. Bumbu Sate Kere dibuat dari kacang, cabai, dan gula merah. Rasa bumbunya pedas dengan dominan manis. Menariknya, bila bumbunya diolah dengan benar, tempe gembus pun terasa seperti daging.

Sate Kere Yu Rebi di daerah Sriwedari Solo dan Sate Kere Mbah Yem di Serengan Solo terkenal menyajikan sate kere super sedap yang laris diburu pembeli setiap hari. Harganya mulai Rp10 ribu hingga Rp30 ribu.

Serabi

Serabi merupakan makanan khas Solo yang dibuat dari santan, tepung beras, garam, gula, dan daun pandan. Rasanya gurih legit dengan tekstur lembut. Serabi bisa disajikan dengan atau tanpa kuah manis.

Serabi paling tersohor di Solo adalah Serabi Notosuman yang berlokasi di Jl. Mohammad Yamin Solo. Tersedia dalam rasa original dan varian rasa lain, harga satu pack Serabi isi 10 adalah Rp20 ribu sampai Rp25 ribu.

Sosis Solo

Jangan membayangkan Sosis Solo seperti daging berbalut lembaran lemak, karena penampilannya lebih mirip Risol. Sosis Solo dibuat dari daging sapi atau ayam giling, digulung dalam telur dadar tipis.

Ada dua jenis Sosis Solo, yaitu goreng dan basah (dikukus). Keduanya sama-sama nikmat dan kaya protein. Cemilan tradisional ini dijual mulai dari Rp2.000 hingga Rp5.000, tergantung ukuran dan isi, serta dapat dengan mudah kamu temui di tempat-tempat yang menjual jajanan pasar Solo.

Yuk, masukkan Kota Solo ke dalam daftar tujuan wisata kamu! Jangan lewatkan kesempatan mencicipi semua makanan khas Solo di atas, ya!

Article Tags:
·
Article Categories:
Asian · Indonesian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Don't Miss! random posts ..