Food Menu

Aneka Makanan dan Minuman Khas Australia yang Wajib Dicoba

Australia merupakan salah satu negara tetangga Indonesia yang sering dikunjungi wisatawan dari negara kita. Selain lokasinya yang cukup dekat, Australia juga memiliki ragam kuliner yang lezat dan menggugah selera. Berikut aneka makanan dan minuman khas Australia yang wajib dicoba:

Vegemite

Vegemite merupakan makanan semacam selai khas Australia yang terbuat dari campuran bumbu rempah yang memiliki cita rasa asin, pedas, manis dan sedikit pahit. Vegemite biasanya dioleskan pada roti panggang bersama dengan mentega. Terkadang vegemite juga dioleskan ke bagian dalam sandwich atau dimakan bersama keju leleh, tomat, atau alpukat. Menurut beberapa pendapat, Vegemite merupakan makanan yang dapat membuat seseorang cinta setengah mati atau justru benci setengah mati terhadapnya. Berani mencoba merasakannya?

Lamington

Lamington merupakan salah satu dari daftar makanan dan minuman khas Australia yang wajib Anda coba.  Hidangan ini merupakan kombinasi kue bolu kotak dengan saus cokelat yang dibalut  kelapa kering di bagian luar. Ketiganya mampu menciptakan sensari rasa yang nikmat dan lezat di lidah. Kue ini dianggap sebagai kue nasional Australia dan banyak disajikan di berbagai restoran dan toko roti. Salah satu penyedia Lamington yang terkenal di Australia yaitu Reid Street Kitchen yang terletak di kawasan Brisbane.

The Lot

The Lot merupakan burger khas Australia. Burger ini hampir sama dengan makanan barat pada umumnya yang menggunakan tomat, daging, keju dan selada sebagai isiannya, namun ada isian khusus yaitu akar bit dan telor ceplok setengah matang, serta irisan buah nanas sebagai tambahan yang hanya ada di dalam The Lot. 

Pai Daging 

Pai yang biasa kita temui di Indonesia biasanya berisi susu atau aneka macam rasa buah yang manis, namun di Australia tidak demikian. Pai di Australia berisi daging dan menjadi salah satu hidangan khas negeri kanguru itu. Pai daging merupakan hidangan turun temurun di Australia yang mengalami perubahan hingga menjadi pai daging modern. Pai ini berukuran cukup mungil, hampir seukuran cupcake dengan isian daging, keju, dan jamur.

Biasanya pai ini disajikan bersama kentang yang dihaluskan dan saus kaldu kental yang dikenal dengan sebutan gravy. Selain pai daging, ada beragam jenis pai lainnya seperti pai kari sayur, pai kerang krim, dan pai kaki domba. Anda dapat dengan mudah menemukan pai ini di berbagai sudut kota di Australia, namun salah satu tempat penjualan pai yang terkenal yaitu di Bourke Street Bakery. Di tempat ini Anda bisa merasakan aneka pai dengan citarasa unik seperti pai ubi, pai acar jeruk, dan pai kacang polong.

Baca juga: Macam-Macam Kue Kering Indonesia, Bikin Kamu Kangen Ibu!

Pavlova

Pavlova merupakan kue yang memiliki sejarah. Kue ini awalnya dibuat untuk menghormati kedatangan seorang balerina asal Rusia, Anna Pavlova yang mengadakan tur balet di Australia. Kue ini berupa kue meringue dengan topping buah-buahan segar dan krim kocok. Potongan buah yang sering digunakan sebagai topping yaitu stoberi, kiwi, markisa, dan blueberi. Bagian dalam kue ini lembut, dengan sensasi rasa mirip marshmallow, namun bagian luarnya crunchy dan pecah di lidah saat dinikmati.

Daging Kangguru dan Emu

Kangguru dan Emu merupakan hewan yang habitatnya di Australia. Keduanya menjadi sumber protein bagi warga sekitar selain daging sapi, ayam, dan kambing. Daging kangguru dan emu merupakan daging yang memiliki lemak sedikit sehingga dapat diolah menjadi steak, burger, atau sosis. Daging ini banyak dijual di supermaket dan masuk ke dalam menu beberapa restoran.

Ikan Barramundi

Ikan Barramundi merupakan ikan yang sering diolah oleh suku Aborigin. Ikan ini memiliki cita rasa gurih dan manis dan berdaging tebal. Untuk mengolahnya tidak perlu banyak bumbu, hanya perlu dipanggang atau dibakar dan ditambahi sedikit garam, merica, dan air perasan lemon. Menu ikan Barramundi ini dapat dengan mudah Anda temukan di restoran yang berada di Australia.

Biskuit Aznac

Nama biskuit ini cukup unik karena berasal dari kata Australian dan New Zealand Army. Kue ini bernama demikian karena pada saat perang dunia pertama, banyak tentara dari Australia dan New Zealand yang ditugaskan ke Eropa untuk berperang, lalu para wanita membuat kue ini sebagai bekal perjalanan para tentara menuju Eropa. Kue Aznac ini juga dikenal sebagai kue tentara. Kue ini memiliki tekstur sangat keras namun lezat di lidah.

Kopi Vittoria

Australia terkenal dengan minuman wine-nya yang mendunia. Namun, bagi Anda yang tidak mengonsumsi wine, Anda dapat mencoba kopi Australia yang terkenal yaitu Vittoria. Vittoria merupakan kopi susu tanpa busa yang merupakan minuman khas Australia.

Baca juga: Ngaku Pecinta Kopi? Udah Tau Belum 10 Jenis Minuman Kopi Ini

Nah, ternyata cukup banyak dan unik ya makanan dan minuman khas Australia. Mana nih yang ingin Anda coba?

Article Tags:
· ·
Article Categories:
Western

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Don't Miss! random posts ..