Food Menu

Biar Ga Penasaran! Ini Dia, 7 Minuman Viral Ala Oppa Drakor

satu gelas teh omija berwarna merah minuman viral

Nonton drakor belum lengkap tanpa ditemani camilan dan minuman viral Makanan ringan ala kaki lima Korea seperti tteokbokki, odeng, bungeoppang, dan hotteok boleh jadi cukup familier buatmu. Namun, bicara soal minuman, boleh jadi hanya sedikit yang kamu kenal. Sebut saja, soju dan banana milk. 

Padahal, banyak lho jenis minuman asal Negeri Ginseng yang bisa kamu jadikan teman minum saat santai di rumah. Tenang saja, minuman Korea bukan cuma minuman beralkohol. Ada juga jenis minuman tradisional Korea yang tidak mengandung alkohol dan punya khasiat untuk kesehatan. 

Baca Juga : Dari Terendah sampai Tertinggi, Kenali Jenis Minuman Alkohol Ini

Berikut 7 minuman viral yang bisa kamu nikmati sebagai teman nonton drakor di rumah.

1. Banana Milk

tiga gelas pisang yang di blender dengan susu sapi

Tahukah kamu bahwa susu pisang buatan Korea ini sudah dijual sejak 1974? Binggrae adalah perusahaan yang pertama kali mengeluarkan susu pisang. Bermula dari isu kekurangan gizi yang dialami masyarakat Korea Selatan ketika itu, Binggare memadukan buah pisang yang dikenal bernutrisi tinggi dengan susu.

Susu pisang memiliki aroma pisang yang lembut dengan rasa tak terlalu manis. Paling lezat dinikmati dalam keadaan dingin, susu pisang dikemas dalam botol plastik yang didesain mirip hanggari, guci tradisional Korea. Plus, banyak sekali artis, aktor, maupun idol KPop menyukai susu pisang ini. Alhasil, susu pisang Binggrae pun laris manis di pasar internasional.

2. Soju

Hampir semua drakor menayangkan adegan minum soju, baik diminum sendiri oleh salah satu tokoh, atau acara minum-minum bareng teman maupun keluarga. Melihat soju bisa mengingatkanmu pada sake, minuman tradisional Jepang. Namun, kedua minuman khas ini punya cara pembuatan berbeda.

Soju merupakan minuman hasil fermentasi beras, tetapi ada pula yang terbuat dari fermentasi barley, ubi, dan gandum. Karena berupa hasil fermentasi, soju mengandung alkohol sekitar 10% sampai 25%. Soju tradisional biasanya memiliki kandungan alkohol tertinggi dibandingkan soju yang telah ditambah rasa buah tertentu, seperti lemon, semangka, dan apel. 

3. Baekseju

lima buah baekseju minuman viral korea

Apa minuman terbaik untuk menemani makan daging asap? Tentu saja baekseju, minuman tradisional yang sudah dikenal sejak abad ke-17. Menyantap daging asap sambil minum baekseju diyakini bisa menambah kelezatan daging tersebut. Dengan kadar alkohol 15%, baekseju mempunyai cita rasa kuat dan bisa menghangatkan tubuh. 

Bisa dibilang, selain soju, baekseju paling pas pas dinikmati saat malam hari yang dingin. Nggak heran kalau minuman ini mudah banget kamu jumpai di mini market, restoran, kafe, hingga kedai pinggir jalan di Korea Selatan. Penasaran rasanya seperti apa kan?

4. Sikhye

dua gelas sikhye dengan kayu manis

Orang Korea Selatan memang tidak bisa jauh-jauh dari beras dan gandum. Selain disantap sebagai makanan, kedua bahan pangan tersebut juga kerap diolah lewat proses fermentasi menjadi minuman, seperti sikhye. Karena minuman ini dibuat menggunakan gandum dan beras manis, cita rasa sikhye cenderung agak manis dan lembut.

Uniknya, orang Korea kerap menyeruput sikhye usai sauna atau berendam karena dipercaya mampu mengurangi rasa pegal-pegal di tubuh dan melancarkan pencernaan. Kalau sikhye dihidangkan dalam kondisi dingin, kamu bisa menganggapnya seperti hidangan pencuci mulut. Hmmm … enak juga lho tiduran sehabis mandi dan nonton drakor sambil minum sikhye.

5. Teh Omija

satu gelas teh omija berwarna merah dengan bunga

Sebagaimana negara-negara Asia lainnya, orang Korea juga mengenal aneka jenis teh. Salah satu yang paling terkenal dan dianggap memiliki cita rasa komplit adalah teh omija. Bayangkan, dalam sebuah minuman kamu bisa mengecap rasa pahit, manis, sedikit asin, dan asam, serta sensasi panas yang membuat tubuh hangat.

Dengan rasa yang kompleks, teh omija menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari mengobati sakit flu, penyakit hati, sampai pernapasan. Jadi, sembari santai menonton drakor, kamu tetap bisa mendapatkan khasiat dari secangkir teh omija. 

6. Daechu Cha

dua gelas dan satu teko minuman daechu cha

Satu lagi teh khas Korea yang patut kamu coba, yaitu daechu cha. Teh ini identik dengan rasa manis dan gurih. Pasalnya, daechu cha terbuat dari kurma merah asal Korea sehingga memiliki cita rasa berbeda dari jenis teh kebanyakan. 

Beberapa penelitian mengungkapkan nutrisi yang terkandung dalam daechu cha. Sebut saja, zat besi, kalium, vitamin B, dan vitamin C. Tak heran jika teh ini diyakini bisa membantu pengobatan anemia sekaligus membuat tubuh terasa lebih segar. Selain diminum langsung, daechu cha juga sering dipakai sebagai bahan masakan Korea. 

7. Yuja Cha

satu gelas yuja cha dengan irisan jeruk di dalamnya

Kamu penyuka aroma jeruk? Coba deh cicipi yuja cha, teh tradisional Korea yang berasal dari buah yuja. Biasanya, kamu dapat membeli buah yuja olahan dalam bentuk selai atau yuja-cheong. Cukup masukkan satu atau dua sendok selai yuja dalam cangkir, tambahkan madu, tuang air panas, dan aduk sampai rata. Teh ini beraroma jeruk yang kuat dengan sentuhan rasa pahit sekaligus manis usai menyeruputnya.

Oya, selai yuja juga dapat kamu pakai sebagai olesan roti maupun topping es krim. Namun, teh yuja lebih populer disajikan sebagai minuman hangat yang bisa menghangatkan tubuh ketika musim dingin tiba. 

Nah, mana dari 7 minuman viral di atas yang paling menarik buat kamu? Sebagian besar minuman tersebut bisa kamu beli di supermarket atau toko online bahan makanan dan minuman Korea. Selamat mencoba!

Baca Juga : Abis Mukbang Belum Kenyang? Cobain 10 Jajanan Korea Yuk!

Article Tags:
Article Categories:
Cocktail · Herbal Drink

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Don't Miss! random posts ..