Food Menu

Bikin Ngakak dan Laper, 10 Makanan Unik Masyarakat +62

Apakah kamu pernah makan burger hitam atau sate kere? Nama makanan ini pasti terdengar aneh bagi sebagian orang. Agar tak penasaran, kamu bisa mencoba beberapa makanan unik yang bisa bikin kamu laper sekaligus ngakak yang telah banyak dijual saat ini. Yuk, cek daftarnya di sini.

Burger Hitam

Meskipun bukan merupakan makanan lokal di Indonesia, burger cukup populer. Makanan ini bisa ditemukan di berbagai tempat, seperti restoran cepat saji, kafe, bahkan penjual keliling. Burger biasanya menggunakan roti bun berwarna cokelat, patty, dan tambahan sayuran.

Selain yang umum disajikan, ada yang disebut burger hitam. Burger ini unik karena menggunakan charcoal bun atau roti yang berwarna hitam. Isiannya pun biasanya lebih variatif. Salah satu kafe yang menyediakan burger hitam adalah Twinhouse di Jakarta Selatan.

Belalang Goreng

Belalang goreng atau lebih dikenal dengan nama walang goreng merupakan kuliner ekstrem dari Gunungkidul, Yogyakarta. Belalang adalah serangga yang dinilai mengandung banyak protein. Itulah sebabnya belalang banyak diburu untuk digoreng.

Bagi kamu yang ingin mencicipi kuliner ini, berkunjunglah ke Gunungkidul. Namun, kamu juga dapat membelinya secara online karena makanan ini bisa tahan cukup lama.

Es Krim Goreng

Salah satu makanan penutup yang terdengar aneh adalah es krim goreng. Pasalnya, es krim biasanya dikonsumsi dalam keadaan dingin. Ternyata, meskipun digoreng, es krim ini tetap dapat disajikan dalam kondisi suhu yang rendah. Hal ini dapat terjadi karena proses menggoreng tidak lama. 

Untuk membuat es krim goreng butuh kemampuan khusus. Pertama kamu perlu mengolesi es krim dengan telur mentah, kemudian menutupi seluruh permukaan es krim dengan cornflakes. Setelah itu, es krim digoreng sebentar. Saat disajikan, tambahkan kayu manis, gula, dan daun mint. Salah satu es krim goreng terkenal adalah es krim goreng Ameera.

Baca juga: 7 Rekomendasi Gelato di Jakarta, Bikin Panas jadi Adem!

Bubur Goreng

Bukan hanya es krim, bubur ternyata juga bisa digoreng. Bubur pada umumnya disajikan dengan hangat dan lembek. Namun, bubur goreng hampir seperti nasi goreng, hanya saja teksturnya lebih lembut.

Cara membuat bubur goreng pun hampir sama dengan nasi goreng. Bedanya, bahan yang digunakan untuk digoreng adalah bubur hangat, bukan nasi. Setelah proses masak selesai, topping ditambahkan. Salah satu bubur goreng terkenal adalah Bubur Goreng Bang Juna di Jakarta Selatan.

Ramen Burger

Tak kalah aneh, ada juga makanan yang disebut ramen burger. Berbeda dengan burger pada umumnya yang menggunakan roti bun, ramen burger dibuat dari dua tumpukan mie ramen yang digoreng. Saus yang digunakan pun adalah saus shoyu. Di Indonesia, menu ramen burger bisa ditemukan di restoran Beppu Ramen, Mal Taman Anggrek.

Nasi Kentut

Namanya mungkin terdengar aneh dan menggelikan, tetapi rasanya tak kalah enak. Nasi kentut adalah salah satu makanan yang bisa ditemukan di daerah Medan. 

Kata “kentut” di sini bukan mengacu pada proses membuang angin dari dalam tubuh, tetapi merupakan nama tanaman yang dikenal juga sebagai sembukan. Daun kentut disebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti sariawan dan sakit lambung. 

Nasi kentut dibuat dengan memadukan nasi pulen dan daun kentut. Ditambah dengan rempah-rempah gurih dan daun pisang, aroma nasi kentut sangat menggoda. Untuk mencicipinya, kamu bisa berkunjung ke Medan.

Kerupuk Melarat

Kerupuk melarat adalah salah satu jajanan makanan khas dari Cirebon. Cara menggoreng kerupuk melarat bukan menggunakan minyak goreng, tetapi pasir. Karena itu, kerupuk ini sering disimbolkan untuk orang miskin. Seiring waktu berlalu, kerupuk melarat telah dikonsumsi oleh berbagai kalangan karena rasanya yang enak.

Mi Lendir

Sekilas, nama mi lendir mungkin terdengar aneh di telinga. Padahal, makanan khas dari Tanjungpinang, Kepulauan Riau ini sangat enak. Mi lendir kerap disajikan sebagai menu sarapan pagi.

Keunikan mi lendir terletak pada kuahnya yang kental. Selebihnya, mi dan isian di dalamnya tak berbeda jauh dengan mi goreng pada umumnya. Nah, jika Anda berkunjung ke Tanjungpinang, kunjungilah gerai mi lendir terkenal yaitu Mie Lendir Pak Soemardi.

Baca juga: Pecinta Mie Wajib Tau, Kenali 10 Macam Mie Ini Yuk

Dadar Gulung Cokelat

Dadar gulung merupakan dessert Indonesia yang identik dengan warna hijau yang segar. Namun, ada pula dadar gulung berwarna cokelat. Sebenarnya, perbedaannya terletak pada kulit dadar yang menggunakan bubuk cokelat. Variasi dadar gulung ini merupakan salah satu cara untuk membuat makanan tradisional lebih menarik. Selain kulit, isian dadar gulung juga bisa dikreasikan.

Sate Kere

Salah satu kuliner khas dari Solo yang menarik adalah sate kere. Kedai yang menawarkan sajian sate kere lezat adalah Sate Kere Mbak Tug. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate kere terbuat dari jeroan sapi. Menurut sejarah, sate ini merupakan hasil kreativitas dari rakyat jelata pada masa lampau karena tidak bisa membeli daging.

Nah, inilah beberapa jenis makanan unik yang bikin penasaran dan menarik untuk dicoba. Apakah kamu pernah mencoba salah satunya?

Article Tags:
·
Article Categories:
Asian · Dessert · Indonesian · Street Food

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Don't Miss! random posts ..