Food Menu

Buat Nemenin Mukbang, 10 Minuman Korea Yang Wajib Dicoba

Selain hiburannya, maraknya video mukbang bikin makanan dan minuman Korea Selatan semakin booming. Tidak hanya di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Tak heran kalau menemukan makanan asal negeri ginseng plus minumannya juga jadi semakin mudah. 

Nah, buat kamu yang ingin makan-makan ala mukbangers, jangan lupa siapkan minuman Korea Selatan juga biar makin komplit. Yuk simak 10 rekomendasinya berikut ini!

Soju

Minuman beralkohol asal Korea Selatan ini memang sering sekali ditampilkan dalam drama. Tidak heran jika kemudian banyak orang yang penasaran ingin mencicipinya. Karena kandungan alkoholnya, soju paling cocok diminum sambil bersantap barbekyu ala Korea bersama teman-teman.

Banana Milk

Banana Milk atau banana uyu adalah produk minuman susu kemasan rasa pisang yang dibuat oleh Binggrae, sebuah perusahaan keju dan minuman berbasis susu asal Korea Selatan. Minuman satu ini juga populer karena sering ditampilkan dalam drama Korea. Kamu bisa meminumnya di pagi hari saat sarapan atau sambil ngemil dan menonton televisi.

Shikhye

Kalau kamu pernah melihat orang Korea Selatan minum di sauna sambil makan telur rebus, minuman itu adalah shikhye. Sering juga disebut dengan nama dansul atau gamju, shikhye adalah minuman tradisional yang dibuat dengan bahan air malt dengan beras. Selain shikhye biasa, kamu juga bisa menemukan hobak shikhye atau shikhye labu dan yeonyeop shikhye yang dibuat dengan beras ketan, sake, madu dan daun teratai.

Yuja Cha

Yuja cha atau teh yuja merupakan minuman yang sangat populer di Korea, terutama saat musim dingin tiba. Jenis teh ini dibuat dari buah yuja, salah satu jenis jeruk yang punya karakteristik unik. Jeruk ini bisa dimasak dalam suhu tinggi tanpa kehilangan aromanya. Buah yuja yang sudah dimasak kemudian diawetkan menjadi sirup yang kental dan manis. Yuja cha bisanya dijual dalam toples dan tinggal dicairkan saat akan diminum. Di keluarga Korea, yuja cha kerap dijadikan minuman saat flu.

Teh Daechu

Minuman lainnya dari Korea Selatan yang juga punya manfaat kesehatan selain yuja cha adalah daechu tea atau teh daechu. Daechu sendiri merupakan buah kecil yang sering disebut jujube. Tidak hanya enak dijadikan teman mukbang, teh satu ini juga kaya akan zat besi sehingga baik dikonsumsi oleh penderita anemia. Buat kamu yang lelah setelah seharian bekerja, minum secangkir teh daechu hangat akan membuatmu merasa lebih baik.

Coffee Milk

Coffee milk alias kopi susu juga merupakan salah satu minuman kopi asal negeri ginseng yang wajib kamu coba untuk menemani bersantap. Meski sekilas terlihat mirip dengan kopi susu yang bisa kita temukan di Indonesia, cita rasa coffee milk asal Korea Selatan tentu wajib dicoba kalau kamu memang pencinta budaya dan kuliner negara ini.

Teh Omija

Teh omija dalam bahasa Korea disebut omija cha. Terbuat dari magnolia kering, teh ini dibuat dengan merebus buah magnolia dalam api kecil kemudian menambahkan madu ke dalamnya. Omija sendiri dalam bahasa Korea dapat diartikan sebagai lima rasa. Ini merujuk kepada rasa tehnya yang terdiri dari manus, asam, pahit, asin dan pedas. 

Makgeolli

Selain soju, salah satu minuman beralkohol asal Korea Selatan yang tidak kalah populer adalah makgeolli. Warnanya yang putih mirip susu berasal dari beras yang difermentasi. Biasanya, orang Korea minum makgeolli sambil menyantap jeon atau pancake khas mereka. Kalau kamu tertarik, kamu juga bisa mencobanya karena sekarang makgeolli juga bisa ditemukan dengan mudah di toko minuman beralkohol.

Baca juga: Abis Mukbang Belum Kenyang? Cobain 10 Jajanan Korea Yuk!

Sujeonggwa

Sujeonggwa adalah minuman fruit punch tradisional yang dibuat dengan campuran buah kesemek kering, kayu manis dengan jahe. Biasa disajikan saat Korean Moon Festival, masyarakat di Korea bisanya menambahkan kacang pinus sebelum menyajikan sujeonggwa. Kalau kamu ingin pesta barbekyu dengan teman-teman, sujeonggwa juga bisa jadi opsi minuman yang segar disajikan baik dingin.

Tidak perlu jauh-jauh membelinya karena sekarang sujeonggwa bisa didapatkan di beberapa toko online lokal.

Yulmu

Termasuk ke dalam jenis teh, yulmu dibuat dengan campuran kacang-kacangan seperti kenari, gandum, almond dan lain sebagainya. Dengan kandungan protein yang tinggi, yulmu tidak hanya cocok menemani kamu mukbang tapi juga bisa jadi minuman yang meningkatkan kesehatan tubuh. Di beberapa toko produk Korea, yulmu tersedia dalam bentuk saset sehingga kamu tinggal menyeduhnya saja.

Baca juga: 9 Jenis Minuman Khas Jepang yang Menarik untuk Dicoba

Itulah 10 rekomendasi minuman Korea Selatan yang bisa kamu pilih untuk menemani acara mukbang-mu dengan teman-teman. Kalau ada minuman yang tidak tersedia di Indonesia, kamu bisa mencoba meraciknya sendiri dengan melihat resep di internet.

Article Tags:
·
Article Categories:
Asian · Korean · Minuman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Don't Miss! random posts ..