Food Menu

Bukan Cuma Unik, 10 Makanan Khas Papua ini Beneran Nikmat

Kalau selama ini kalian cuma tahu pempek Palembang, ayam betutu Bali, kerak telor Jakarta, atau gudeg Jogja, saatnya menambah pengalaman kuliner dengan beberapa makanan khas indonesia dari ujung paling timur Indonesia, Papua.

Ya, Papua nggak cuma kaya akan keindahan alam dan keragaman budaya saja. Ternyata, Papua menyimpan cukup banyak pilihan kuliner lezat yang bakal bikin kalian ketagihan. Beberapa bahkan dianggap cukup unik bagi sebagian orang di luar Papua. Namun, soal rasa, tentu saja patut dicoba. Jadi, apa saja makanan khas Papua? Simak terus artikel di bawah.

Papeda

Di antara banyak makanan khas Papua, Papeda-lah yang mungkin paling banyak dikenal orang. Banyak wisatawan mencoba hidangan satu ini selama berkunjung ke pulau Cendrawasih. Papeda terbuat dari tepung sagu dengan tekstur kental saat masuk ke lidah. 

Cara makannya pun tidak kalah unik, yaitu dengan cara menggulung tepung kental ini menggunakan gata-gata yang terbuat dari bambu. Soal kandungan gizi, tentu saja papeda baik buat kesehatan. Untuk mendapatkan papeda dengan cita rasa khas Papua, kalian bisa mengunjungi Papoea by Nature di Jalan Pakubuwono VI Nomor 77, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Ikan Bakar Manokwari

Makanan selanjutnya berasal dari Ibukota Provinsi Papua Barat, Manokwari. Yang membuat ikan bakar Manokwari berbeda dengan ikan bakar dari daerah lain adalah cita rasa bumbunya yang khas karena dicampur dengan sambal pedas yang hanya ada di Papua. Sambal tidak dibakar bersamaan dengan ikan, tapi disiram di atas ikan yang sudah dibakar. 

Ikan yang digunakan umumnya ikan tongkol. Namun, ada juga beberapa warung atau tempat makan yang menggunakan ikan jenis lain. Dari banyak tempat yang menyajikan menu ini, salah satu yang paling terkenal yaitu Rumah Makan Ikan Bakar Kebun Sirih di Jl. Yos Sudarso (lanal) Manokwari.

Sagu Lempeng

Nah kalau sagu lempeng ini sudah jadi camilan yang sangat umum bagi orang Papua. Kamu bisa mendapatkan camilan khas Papua ini hampir di setiap penjuru kota. Warga lokal biasa menikmati sagu ini bersama secangkir kopi atau teh hangat sembari menghabiskan waktu sore mereka. 

Buat yang belum pernah mencoba, pasti bakal kaget dengan tekstur padat dari sagu lempeng. Namun begitu dicelupkan ke dalam minuman hangat, sagu lempeng akan melunak. Rasa aslinya tawar, tapi belakangan banyak yang mulai bervariasi dengan menambahkan rasa manis.

Udang Selingkuh

Dari namanya saja sudah unik banget kan? Makanan khas Papua yang satu ini terbuat dari udang air tawar. Namanya yang tidak umum diambil karena udang yang dipakai memiliki bentuk capit menyerupai kepiting, berbeda dengan udang pada umumnya. 

Karena itulah warga lokal menganggap udang jenis ini berselingkuh dengan kepiting. Tekstur dari udang ini sendiri benar-benar manis dan lembut. Warga sekitar biasa memasak udang selingkuh ini dengan berbagai sajian mulai dari saus tiram, asam manis, hingga saus mentega.

Kue Bagea

Makanan khas Papua selanjutnya adalah kue Bagea. Kue ini cukup populer dijadikan oleh-oleh bagi warga yang berkunjung ke Papua. Kue ini berbentuk kecil-kecil dengan warna kecoklatan. Gigitan pertama dijamin bakal bikin langsung jatuh cinta karena rasa gurihnya. 

Kue bagea terbuat dari tepung sagu, kacang tanah, kacang kenari, telur ayam, soda kue, dan kayu manis bubuk. Sama halnya dengan sagu lempeng, kue satu ini cocok jadi teman minum teh atau kopi hangat.

Baca juga: Macam-Macam Kue Kering Indonesia, Bikin Kamu Kangen Ibu!

Sagu Bungkus Ulat Sagu (Sagu Apatar)

Nah, mau hidangan unik dan sarat gizi? Kalau iya, kalian harus banget nyobain sagu bungkus ulat sagu atau yang juga biasa disebut sagu apatar. Makanan ini terbuat dari ulat sagu yang biasanya banyak ditemukan di pohon. 

Soal gizi, jangan ditanya. Seratus gram ulat sagu mengandung 6,1 gram protein dan 181 kalori. Proses memasaknya adalah dengan dibakar di atas arang selama 15-25 menit. 

Sambal Colo-Colo

Buat kamu yang demen banget sama kuliner super pedas, sambal colo-colo dari Papua ini bakal memanjakan lidah kalian. Bukan hanya pedas, sambal colo-colo juga menawarkan sensasi rasa asam secara bersamaan. Rasa asam dari sambal ini didapatkan dari perasan jeruk nipis.

Selain dibuat dari cabai dan jeruk nipis, sambal colo-colo juga ditambah dengan irisan tomat dan bawang. Paling mantap menyantap sambal ini bersama nasi hangat dan ikan bakar.

Baca juga: Cobain Jenis Sambal Khas Indonesia Ini! Bikin Ketagihan Loh

Aunu Senebre

Makanan khas Papua yang terakhir adalah Aunu Senebre. Hidangan ini terbuat dari nasi dan ikan teri yang dikukus bersama daun talas dan kelapa. Warga sekitar biasanya menikmati Aunu Senebre bersama papeda atau menu umbi-umbian.

Cita rasa dari hidangan ini cukup unik karena rasa asin, manis, dan gurih bercampur jadi satu. Cara pembuatannya pun cukup mudah. 

Itu tadi delapan rekomendasi makanan khas Papua yang pastinya baik untuk kesehatan dan bisa memanjakan lidah kalian semua. Pastikan kalian mencoba beberapa dari hidangan tadi ya. 

Article Tags:
· ·
Article Categories:
Asian · Indonesian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Don't Miss! random posts ..