Food Menu

Coba Makanan Khas Semarang Lewat Kuliner Malam Paling Hits!

Selain menikmati wisata sejarah yang menarik, mencoba berbagai jajanan khas Semarang tentu tidak boleh dilewatkan. Ibukota Jawa Tengah ini memiliki banyak sekali makanan khas daerah yang patut kamu cicipi. Selain itu, salah satu hal menarik dari Semarang adalah nuansa malamnya yang jangan sampai kamu lewatkan.

Karenanya, ada banyak pilihan kuliner malam yang bakal bikin waktu liburan kamu bersama keluarga atau teman menjadi semakin hangat. Berikut ini, beberapa rekomendasi kuliner malam terkenal dan terlaris yang menyajikan berbagai makanan khas Semarang.

Nasi Ayam Bu Sami

Referensi kuliner pertama yang harus kamu coba adalah Nasi Ayam Bu Sami yang terletak di Pojok Matahari Simpang Lima, Karangkidul. Warung ini menyajikan banyak menu yang menggoda selera dengan harga sangat terjangkau.

Nasi ayam yang disajikan di sini hampir menyerupai nasi liwet. Hanya saja, ada cukup banyak tambahan lauk mulai dari daging ayam suwir, tahu bacem, sate babat, ati ampela, hingga sayur labu. Warung ini biasanya mulai buka pukul sebelas malam.

Angkringan Blendoek

Di Semarang, kamu akan menemukan cukup banyak pilihan angkringan di beberapa bahu jalan. Namun, satu tempat yang cukup laris dan terkenal adalah Angkringan Blendoek yang ada di Jalan Gajah Mada.

Buat kamu yang berkunjung bareng teman-teman, tempat ini tentu sangat cocok buat berbagi keseruan. Makanan yang disajikan di sini sangat beragam dan salah satunya adalah nasi kucing. 

Gudeg Mbak Tum

Belum lengkap rasanya kalau belum cobain makanan khas Semarang gudeg. Menu andalan dari kuliner malam ini adalah gudeg koyor ditambah lontong opor yang kuahnya dijamim gurih dan sedap. Racikan gudeg Mbak Tum ini ternyata sudah ada sejak tahun 1991.

Berlokasi di Peterongan, kamu bakal bisa melihat secara langsung Mbak Tum meracik nasi gudeg koyor dengan sangat cekatan. Lauk utama dari gudeg ini adalah koyor atau urat sapi. Kamu juga bisa menambah lauk lain yang tersedia di dalam beberapa baskom besar. 

Baca juga: Bukan Cuma Unik, 10 Makanan Khas Papua ini Beneran Nikmat

Soto Bangkong

Kuliner malam berikutnya yang harus kamu coba adalah Soto Bangkong yang berlokasi di jalan Brigjen Katamso nomor 1, Karangtempel. Soto ini cukup legendaris di Semarang dan merupakan usaha turun menurun. 

Yang membuat Soto Bangkong berbeda dengan soto-soto lainnya adalah rasanya yang autentik berkat kecap yang dibuat sendiri. Untuk menikmati Soto Bangkong, kamu bisa menambahkan perkedel, sayap goreng, atau ampela ati. 

Bakmi Jawa Pak Gareng

Kuliner malam dengan makanan khas Semarang selanjutnya adalah Bakmi Jawa Pak Gareng yang berlokasi di jalan Wotgandul Dalam Nomor 171, Gabahan. Warung bakmi ini tidak pernah sepi pengunjung karena rasanya yang benar-benar memiliki ciri khas tersendiri.

Bahkan, di dalam warung yang hanya muat 25 orang itu, kamu akan bisa melihat banyak pigura berjejer di sana menunjukkan berbagai foto artis yang pernah mengunjungi bakmi ini. Bakmi Jawa Pak Gareng berisi lauk telur bebek, ayam suwir, dan kaldu ayam kampung.

Baca juga: Pecinta Mie Wajib Tau, Kenali 10 Macam Mie Ini Yuk

Tahu Petis Prosojo

Nah buat kamu yang mau cari makanan ringan saja, tahu petis Prosojo bisa jadi pilihan tepat. Tahu petis yang sangat hits dan legendaris ini terletak di pusat kota Simpang Lima Semarang.

Cita rasa tahu dengan petis di dalamnya serta gigitan cabe bakal bikin mulut kamu tidak bisa berhenti mengunyah. Petisnya yang khas diproduksi sendiri dengan bahan seperti cumi, udang, garam, dan gula.

Nasi Goreng Babat Hengky

Nasi goreng babat Hengky berada di jalan Puri Anjasmoro Blok K, Tawangsari, Semarang Barat. Nasi goreng ini sudah ada sejak tahun 1988 dan selalu ramai pengunjung.

Olahan nasi goreng lengkap dengan babat dan paru goreng yang sangat gurih dan empuk, nggak akan mengecewakan lidah kamu. Hal lain yang membuat nasi goreng ini unik adalah proses penggorengannya yang menggunakan kayu bakar. Kebayang kan gimana sedap aromanya?

Tahu Gimbal Pak H. Edy

Kalau kamu suka tahu tek atau tahu telor, maka tahu gimbal Pak H. Edy bakal sesuai dengan selera kamu. Warung yang berlokasi di Jalan Menteri Supeno sekitar Taman Indonesia Kaya atau Taman KB ini cukup sederhana tapi tidak pernah sepi pengunjung. 

Tahu gimbal ini berisi lontong, gimbal udang, tahu goreng, irisan kol segar, seledri cincang, dan bawang merah goreng yang disiram dengan kuah kacang dan kecap. Saus kacangnya sedikit kasar, dengan cita rasa gurih, pedas, dan manis.Jadi, kamu tertarik mau coba yang mana? Jangan lupa ya sempatkan mengunjungi paling tidak salah satu dari kuliner malam makanan khas Semarang di atas. Pastinya, bikin liburan kamu semakin berkesan.

Article Tags:
· · ·
Article Categories:
Asian · Indonesian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Don't Miss! random posts ..