Food Menu

Cobain Jenis Sambal Khas Indonesia Ini! Bikin Ketagihan Loh

Orang Indonesia konon tak akan merasa lengkap kalau makan tidak pakai sambal. Apapun sajian yang disantap, sambal wajib masuk dan menjadi bagian dari ritual makan. Tidak heran jika jenis sambal juga semakin lama semakin banyak jumlahnya.

Dengan beragam suku yang ada, racikan sambal di tanah air pun tak terhitung jumlahnya. Semuanya punya ciri khas masing-masing yang membuatnya punya banyak pencinta. Yuk simak 10 jenis sambal paling populer di Indonesia berikut ini!

Sambal Terasi

Hampir tidak ada orang di Indonesia yang tidak tahu sambal terasi. Sambal yang dibuat dengan bahan yang sangat sederhana yakni cabai, bawang merah, bawang putih, tomat dan terasi ini cocok disantap dengan berbagai jenis makanan nusantara. Kamu bisa menjadikannya cocolan tempe goreng, ikan goreng sampai ayam goreng.

Sambal Matah

Sambal satu ini resep aslinya berasal dari Bali. Kata matah sendiri dalam bahasa setempat artinya adalah mentah. Seperti namanya, semua bahan yang dipakai untuk membuat sambal ini adalah bahan mentah yang diiris-iris kemudian diberi jeruk nipis, minyak kelapa dan garam. Kamu bisa memadukan apa saja dengan sambal matah mulai dari telur, udang, ayam dan ikan goreng.

Sambal Ijo

Resep sambal ijo sebenarnya dipopulerkan oleh rumah makan Padang yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Namun seiring dengan berjalannya waktu, masyarakat mulai berkreasi dengan sambal ijonya masing-masing. Selain cocok jadi pengganti sambal merah untuk membuat balado, sambal ijo juga bisa kamu jadikan cocolan aneka ikan goreng hingga ayam hingga dendeng daging sapi.

Baca juga: Enak dan Mendunia! Cobain 13+ Makanan Bali Ini Yuk

Sambal Kecap

Sambal kecap termasuk resep sambal yang sangat mudah dibuat. Perpaduan rasa pedas dan manis yang sedap membuat sambal kecap cocok dipasangkan dengan aneka menu bakar mulai dari ayam bakar sampai ikan bakar. Kalau kamu lebih suka yang digoreng, kamu juga bisa kok menyantap sambal kecal dengan ikan goreng, telur goreng dan ayam goreng. 

Resep sambal kecap sendiri cukup beragam. Ada sebagian masyarakat yang hanya menggiris-iris semua bahan dan ada juga yang menggilingnya sampai halus. Bagaimanapun cara masaknya, kedua versi sambal sama sedapnya!

Sambal Mangga

Memadukan rasa pedas dan segarnya buah mangga, sambal mangga memang punya cita rasa yang terbilang unik. Cabai dan bawang yang digiling berpadu dengan irisan buah mangga muda ini adalah sajian khas Palembang. Disajikan bersama nasi panas, ikan goreng atau ayam goreng, sambal mangga dijamin bakal bikin kamu ketagihan!

Sambal Rujak

Saking sukanya orang Indonesia dengan rasa pedas, bahkan buah pun disantap dengan sambal. Sambal yang kerap disajikan bersama irisan aneka buah tentu saja adalah sambal rujak. Kadang, sambal rujak ini diberi campuran kacang goreng yang membuat rasanya semakin maknyus di lidah.

Selain disantap bersama buah-buahan, bumbu sambal rujak ternyata juga bisa dikreasikan dengan aneka menu, loh! Beberapa menu dengan bumbu rujak yang menggugah selera antara lain adalah ikan patin bumbu rujak, daging bumbu rujak sampai ayam bakar bumbu rujak.

Sambal Bawang

Sambal bawang yang dikenal di masyarakat terdiri dari 2 macam yakni sambal dengan bawang putih saja dan sambal dengan bawang merah saja. Keduanya sama-sama punya cita rasa khas yang tentu akan membuat acara makanmu semakin lahap. Untuk sambal bawang putih, biasanya orang-orang menyajikannya bersama dengan ayam geprek.

Sementara sambal bawang merah bisa dipadukan dengan ayam bajar, daging bahkan telur goreng. Sangat cocok dihidangkan dengan masakan tradisional Indonesia. Meski hanya ditemani sambal dan lauk saja, dijamin kamu bakal nambah nasi terus!

Baca juga: Jawara! Cobain Nih 10 Rekomendasi Makanan Betawi Ini!

Sambal Dabu-dabu

Sekilas, sambal khas Manado ini memiliki tampilan mirip sambal matah. Meski begitu tetap ada perbedaan di antara keduanya. Sambal dabu-dabu dibuat dengan cabai rawit, cabai besar, jeruk limau, tomat, garam dan gula. Semua bahan dipotong-potong lalu diaduk sampai tercampur. 

Sebelum disajikan, sambal ini diberi siraman minyak panas yang membuat aroma wanginya menguar dan semakin menggugah selera. Orang Manado kerap menyandingkan sambal dabu-dabu dengan aneka olahan makanan laut.

Sambal Colo-colo

Indonesia bagian timur mengenal satu resep sambal khas yang disebut dengan sambal colo-colo. Populer di Maluku dan Sulawesi, sambal ini dibuat dengan campuran cabai, jeruk nipis dan kecap. Karena praktis, sambal ini kerap dijadikan sajian wajib para nelayan. Masyarakat setempat juga kerap menyantapnya bersama ikan bakar yang sedap.

Sambal Roa

Satu lagi hidangan sambal khas Manado yang tidak boleh terlewat dari daftar ini adalah sambal roa. Karena diberi campuran daging ikan asap, sambal ini punya cita rasa yang khas. Rasa pedas dengan gurihnya ikan bikin sambal roa cocok langsung disantap dengan nasi. Mau tambahan lauk lain? Tentu saja boleh!

Itulah 10 jenis sambal dari seluruh nusantara yang punya cita rasa khas dan wajib kamu coba. Sambal mana saja yang paling kamu suka?

Article Tags:
·
Article Categories:
Asian · Indonesian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Don't Miss! random posts ..