Food Menu

Hype Abis! Milenial Cobain 10 Jajanan Viral Ini Yuk!

Hampir setiap saat ada saja jajanan viral muncul karena posting-an populer di salah satu media sosial. Ide untuk menciptakan kuliner baru atau mempopulerkan suatu makanan memang tidak ada habisnya. Apalagi zaman sekarang, informasi beredar lebih cepat melalui internet. 

Nah, berikut ini adalah ulasan beberapa jajanan kekinian milenial yang cukup menarik perhatian para Netizen Indonesia. Simak ya, karena siapa tahu Anda belum pernah mencoba rasanya.

10 Jajanan Viral di Indonesia

 Toast Sandwich 

Jajanan ini pertama kali viral karena sebuah video Tiktok (VT). Dalam VT tersebut tampak sepasang kekasih sedang menyantap menu sandwich dari Janji Jiwa yaitu Jiwa Toast. Meskipun mendapat banyak komentar buruk, toast yang jadi sorotan utama dalam video justru viral. Akibatnya angka penjualan Janji Toast naik drastis. 

Tidak ingin melewatkan kesempatan, beberapa kafe dan kedai camilan pun mulai menjual menu toast sandwich yang sedang viral tersebut. Jajanan ini sebenarnya hanya terdiri dari dua lembar roti yang dipanggang dan diisi dengan daging ayam atau telur, sayuran, keju, dan saus seperti kebanyakan sandwich. 

Dessert Box

Dessert box adalah salah satu bukti bahwa endorsement Selebgram bisa membuat popularitas suatu produk meningkat drastis. Berawal dari endorse, dessert box kini menjadi salah satu kudapan viral yang membuat banyak orang tertarik untuk mencoba. Pelopor kue kekinian ini adalah Bittersweet by Najla.

Sejak produk dessert box milik Bittersweet by Najla populer dan peminatnya membeludak, banyak yang tertarik untuk membuat menu serupa dengan variasi rasa lebih beragam. Berkat hal tersebut, dessert box tidak hanya tersedia di kota-kota besar Pulau Jawa tetapi juga daerah lain di Indonesia.

Soft Cheese Cake

Jajanan dari Jepang ini viral karena beberapa selebgram dan publik figur kerap mem-posting foto atau video soft cheese cake di Instagram. Tampilan cake yang  jiggly memang cukup Instagramable. Tidak heran jika banyak bakery yang menawarkan menu soft cheese cake setelah kue ini viral.

Soal rasa, soft cheese cake tentu mirip dengan tar keju konvensional. Bedanya mungkin terletak pada tekstur. Jika cheese cake biasa cenderung creamy, soft cheese cake lebih lembut dan tidak terlalu manis.

Cloud Bread

Jajanan ini dikenal pula dengan nama roti awan 3 bahan. Cloud bread pertama kali viral di Tiktok karena dalam video tersebut ditunjukkan bahwa roti ini dibuat dari beberapa bahan sederhana dan mudah ditemukan, yaitu putih telur, gula pasir, dan tepung maizena.

Agar lebih menarik, adonan cloud bread diberi tambahan perasa vanilla dan pewarna makanan. Warna-warni cantik dan tekstur lembut membuat jajanan ini populer di kalangan Netizen. Apalagi saat ini beberapa bakery mulai menawarkan menu cloud bread ala mereka.

Boba Toast

Segala hal tentang boba mulai dari minuman boba sepertinya masih populer bagi para pengguna media sosial. Peluang ini membuat banyak sekali jajanan berbahan boba muncul dan viral. Salah satunya, boba toast. Jajanan viral ini sebenarnya hanya terdiri dari beberapa lembar roti bakar yang diberi topping krim dengan butiran boba.

Rasanya pun sebenarnya tidak terlalu istimewa, tapi karena tampilannya begitu Instagramable dan kerap dipromosikan oleh Selebgram, tidak heran apabila boba toast viral di kalangan anak muda. 

Korean Garlic Bread

Meskipun di negara asalnya, makanan korea ini tidak terlalu terkenal, tapi di Indonesia Korean Garlic Bread cukup mendapat banyak perhatian. Roti bulat dengan isian krim keju dan bawang di tengahnya ini mulai populer sejak salah satu Selebgram me-review Garlic Bread di akun media sosialnya.

Sejak saat itu banyak sekali video tutorial membuat Garlic Bread muncul di Youtube, Instagram, dan Tiktok. Meskipun tampilannya aneh, roti ini ternyata cukup lezat dan tidak membosankan. Saat ini Garlic Bread tidak hanya tersedia di kafe atau restoran saja, tetapi juga bakery dan minimarket di dekat rumah.

Baca juga: Abis Mukbang Belum Kenyang? Cobain 10 Jajanan Korea Yuk!

Sate Taichan

Taichan pada dasarnya adalah sate ayam yang dibakar ataupun digoreng. Perbedaan sate biasa dengan Taichan terletak pada bumbunya. Jika sate biasa dibakar dengan bumbu kecap, Taichan hanya diberi garam dan perasan jeruk nipis. Inilah mengapa tampilan Taichan lebih pucat dari sate kebanyakan.

Selain tidak menggunakan bumbu, Taichan juga disajikan tanpa sambal kacang seperti yang biasanya kita lihat. Sate ini hanya dihidangkan bersama sambal bawang. Mungkin inilah mengapa Taichan lebih sering dijadikan camilan daripada menu pendamping nasi.

Meskipun sudah ada sejak tahun 2016, Taichan mulai viral sejak salah satu Selebgram, Rachel Vennya membuka kedai Sate Taichan Goreng miliknya. Karena sering diulas di akun media sosial miliknya, banyak yang tertarik dengan jajanan unik ini sehingga sampai sekarang Taichan masih diminati banyak orang.

Baca juga: Ini 10 Rekomendasi Dessert Indonesia yang Bikin Laper Terus

Pangsit Goreng

Berawal dari sebuah video Tiktok yang mengulas berbagai tempat makan enak, menu pangsit goreng dari Warung Lek Gino menjadi viral. Sebelumnya tempat makan ini memang sudah populer, tapi sejak viral, Warung Lek Gino selalu ramai. Bahkan saking ramainya, untuk membeli satu porsi pangsit saja kita harus memesan beberapa hari sebelumnya.

Pangsit goreng adalah jajanan berbahan dasar kulit pangsit yang digoreng dengan sayuran, ayam, bakso, dan telur menggunakan bumbu dasar bakmi Jawa. Karena cukup unik, banyak yang tertarik mencoba makanan ini. Lokasi Warung Pangsit Goreng Lek Gino berada di tengah kawasan padat penduduk di Cengkareng, Jakarta Barat.

Bakso Aci

Seperti makanan viral lainnya, bakso aci populer karena banyak Selebgram yang me-review jajanan ini. Kuliner asal Garut tersebut sebenarnya sudah jadi salah satu kudapan favorit orang Sunda. Jadi jangan heran jika di beberapa kota Jawa Barat seperti Bandung dan Cimahi, bakso aci mudah sekali ditemukan.

Sesuai namanya, bahan dasar untuk membuat bakso ini adalah tepung kanji tanpa campuran daging sapi sama sekali. Bakso aci biasanya disajikan dengan pilus kanji, cireng, ceker ayam, dan pangsit. Variasi paling populer adalah bakso aci pedas yang rasanya cukup membuat telinga panas.

Odading

Siapa sangka jajanan biasa yang mudah kita temukan di mana saja saat pagi hari ini bisa populer dalam waktu sekejap. Penyebabnya adalah video Mang Ade, seorang penjual sepatu asal Bandung yang mengungkapkan perasaannya ketika sedang menikmati odading langganan. 

Mungkin karena disampaikan dengan bahasa Sunda campuran lucu dan ekspresi unik, banyak orang penasaran dengan Odading Mang Oleh yang dimakan Mang Ade. Sejak itu, warung Odading Mang Oleh selalu ramai. Dalam beberapa kesempatan, kita bahkan harus antri untuk menikmati kudapan viral ini.

Setelah membaca ulasan di atas, Anda pasti tidak menyangka bahwa viral tidaknya sebuah jajanan ternyata tidak hanya disebabkan oleh rasanya yang lezat. Banyak faktor sepele lain yang membuat makanan di atas diminati dan banyak dicari orang. Jadi, mana jajanan viral favorit Anda? Selamat mencoba, ya.

Article Tags:
· ·
Article Categories:
Asian · Cake · Custard & Puding · Dessert · Indonesian · Street Food

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Don't Miss! random posts ..