Food Menu

Kuy Cobain 10 Makanan Thailand yang Gurih dan Mantap

Makanan Thailand menjadi salah satu kuliner favorit di Indonesia. Pasalnya, hidangan Thailand juga memakai beragam jenis rempah seperti masakan nusantara. Karena itu, tidak heran jika cita rasa hidangan khas negeri gajah putih menjadi begitu familier dengan lidah masyarakat Indonesia. Oleh karenanya, yuk coba 10 makanan khas Thailand berikut ini untuk menambah wawasan kulinermu!

Tom Yum

Tom yum memiliki cita rasa agak asam, gurih, dan pedas. Kuah tom yum memakai berbagai jenis bumbu rempah seperti serai, daun jeruk purut, bubuk cabai, kecap ikan, air jeruk nipis, dan lengkuas. Sebagai tambahan, masyarakat Thailand biasanya menambahkan makanan laut seperti udang atau daging sapi untuk memperkaya rasa kuahnya. 

Sup ini berasal dari Central Thailand, yang menjadi salah daerah penghasil udang segar di Sungai Chao Phraya. Untuk satu porsi tom yum, harganya bisa bervariasi, tergantung bahan tambahan di dalamnya. Di CJ Tom Yum daerah Lebak Bulus, misalnya, satu porsi tom yum seafood berkisar Rp65.000 per porsi. 

Baca juga: Oishi! Udah Coba Belum 10 Makanan Jepang yang Mantapu Ini?

Pad Thai

Hidangan ini memiliki rasa yang gurih, pedas, sedikit asam, dan manis. Biasanya, pad thai terbuat dari bihun lebar, bawang merah, telur, tauge, dan kacang tanah sangrai. Sausnya memakai asam jawa, kecap ikan, gula aren, bawang putih, dan bawang merah, serta tidak ketinggalan irisan jeruk nipis sebagai pelengkap. Namun, setiap daerah di Thailand memiliki pad thai versi mereka sendiri. Beberapa suka menambahkan makanan laut ke dalamnya. Ada juga yang menambahkan daging ayam atau tahu. 

Bila tertarik mencicipi menu pad thai yang nikmat, kamu bisa mampir ke Jittlada Thai Cuisine Thamrin, yang menghidangkan berbagai jenis makanan Thailand. Untuk satu porsi pad thai, harganya sekitar Rp49.000. 

Som Tum

Som tum adalah salad yang terbuat dari pepaya muda. Hidangan ini berasal dari kawasan Isan di daerah timur laut Thailand. Rasa som tum sedikit asam dan pedas. Untuk membuatnya, kita perlu memarut pepaya muda dan kemudian menumbuknya ringan bersama gula aren, pla ra (saus fermentasi ikan), ebi kering, bawang putih, dan air jeruk nipis. Untuk menikmati rasa som tum yang nikmat dan autentik, kamu bisa datang ke Thai Alley di Gandaria City, dengan harga sekitar Rp39.000 per porsinya. 

Khao Pad

Nasi goreng khas Thailand ini terbuat dari beras melati. Untuk membuatnya, beras melati yang sudah matang digoreng bersama bahan-bahan seperti bawang putih, bawang merah, daun bawang, kecap ikan, kecap kedelai hitam, sedikit lada, dan air jeruk nipis. Tambahan lain sebagai pelengkap nasi goreng ini adalah telur orak-arik. 

Ada juga yang memasukkan udang, daging sapi atau ayam ke dalam sajian khao pad. Dari segi rasa, khao pad terbilang gurih dan segar yang berasal dari tambahan perasan jeruk nipis. Untuk mencicipi sepiring khao pad, mampirlah ke Suan Thai-Lippo Mall Puri, Jakarta Barat, yang menyajikan hidangan Thailand dengan harga rata-rata mulai dari Rp60.000-Rp170.000. 

Tom Kha Gai

Tom Kha Gai memiliki arti; tom berarti sup atau direbus/dimasak, kha artinya akar lengkuas, dan gai adalah ayam. Catatan paling awal tentang makanan Thailand ini terdapat dalam sebuah buku masak dari tahun 1980, yang menampilkan hidangan kari berbahan dasar santan dengan tambahan daging bebek dan lengkuas muda yang disebut Tom Kha Pet

Untuk bahan membuat menu ini, masyarakat Thailand pun umumnya memakai santan, lengkuas, daun jeruk purut, serai, jeruk nipis, cabai, ketumbar, jamur jerami, ayam, dan kecap ikan. Biasanya, warga lokal juga menambahkan cabai goreng di atasnya. Untuk mencicipi menu sup santan ini, berkunjunglah ke Tom Tom Kitchen di Grand Indonesia yang menyajikan beragam menu khas Thailand dengan kocek sekitar Rp300.000 per 2 orang.  

Massaman Curry

Makanan ini mendapat pengaruh budaya Melayu. Pada abad ke-17, daerah Thailand Selatan memiliki hubungan yang sangat erat dengan negara tetangga Malaysia. Karena itu, warga yang tinggal di sekitar Trang dan Hat Yai suka bereksperimen dengan berbagai hidangan Melayu. 

Di saat yang bersamaan, seorang pedagang asal Persia, Sheik Ahmad Qomi mengunjungi istana kerajaan Ayutthaya dan membawa resep kari yang mirip dengan yang sedang dikembangkan oleh warga di sekitar Trang dan Hat Yai. Kedua resep itu pun akhirnya digabungkan dan menjadi sangat populer di kalangan bangsawan dan tamu kehormatan kerajaan. 

Masakan kari ini memakai rempah aromatik seperti jintan, serai, lengkuas, dan sedikit asam jawa. Bumbu jadi untuk massaman curry kini tersedia di toko online, dengan harga sekitar Rp79.000 per 600 gram.

Baca juga: 10 Rekomendasi Chinese Food Yang Wajib Kamu Cobain!

Yum Talay

Dalam bahasa Thailand, yum berarti campuran dari berbagai rasa, yang sering berhubungan dengan hidangan salad. Sementara itu, talay memiliki arti seafood atau makanan laut. Jadi, yum talay adalah salad seafood yang menggunakan saus dari campuran kecap ikan, bubuk cabai kering, gula, dan air jeruk nipis. 

Rasa makanan ini tentunya menyegarkan, sedikit asam, gurih, dan juicy. Jika ingin mencoba menu ini, pergilah ke Thai Jim Jum di Emporium Pluit Mall, Jakarta Utara, yang menyajikan aneka masakan autentik Thailand, dengan kisaran harga Rp180.000 untuk 2 orang. 

Gai Pad Med Ma Muang

Hidangan ini memiliki sebutan lengkap Gai Pad Med Ma Muang Him Ma Paan. Gai berarti ayam, Pad adalah tumis, sedangkan Med Ma Muang Him Ma Paan itu kacang mede. Gai Pad Med Ma Muang bercita rasa pedas dan gurih. 

Bahan untuk masakan ini juga simpel, lho. Kamu cuma perlu cabai kering, bawang merah, daun bawang, daging ayam, saus tiram, bawang putih, kecap, kubis, dan kacang mede. Jika penasaran dengan rasanya, kamu bisa menjumpai menu ini di Siam Garden, Jakarta Barat dengan harga menu rata-rata Rp75.000-Rp200.000 per 2 orang. 

Mango Sticky Rice

Masyarakat Thailand paling sering menghidangkan dessert ini saat puncak musim mangga, yang terjadi antara bulan April hingga Mei di negara tersebut. Rasa makanan ini sangat menyegarkan dan manis. Di Thailand, mereka menyebutnya khao niao mamuang

Khao niao berarti nasi ketan dan mamuang adalah mangga. Selain menyiapkan nasi ketan dan irisan mangga, kudapan ini juga memiliki saus creamy manis yang terbuat dari santan, tepung tapioka, garam, air, dan gula. Terakhir, ada taburan biji wijen panggang sebagai topping di atasnya. Kamu bisa menemukan dessert ini di berbagai resto spesialis kuliner Thailand, salah satunya di Thai Xtreme-Tanjung Duren. Untuk harganya, satu porsi berkisar Rp36.500. 

Pad Kra Pao

Sebagian besar pedagang kaki lima di Thailand menyajikan menu ini. Hal ini karena pad kra pao adalah hidangan makan siang yang populer di negara tersebut. Cabai dan daun basil pun menjadi bahan utama untuk masakan sederhana ini, yang membuatnya memiliki rasa aromatik yang khas dan pedas. 

Untuk tambahan daging, pad kra pao biasanya menggunakan daging ayam, babi, atau seafood. Bumbu dasar masakan ini adalah cabai, kecap ikan, saus tiram, daun basil, bawang putih, lada, dan kecap kedelai. Di negara asalnya, harga menu ini sekitar 50 baht atau setara Rp23.500 per porsi. 

Nah, itulah berbagai makanan Thailand yang terkenal lezat dan populer di dunia. Yuk, kapan-kapan dicoba!

Article Tags:
· ·
Article Categories:
Asian · Thailand

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Don't Miss! random posts ..