Food Menu

Lezatnya Makanan Khas Riau: Ada Cincalok dan Mie Lendir

Setiap kali datang ke tempat baru, salah satu agenda yang tidak boleh dilewatkan adalah menjajal kulinernya. Nah, bila punya rencana untuk mengunjungi Provinsi Riau, ada banyak makanan khas Riau yang bisa kamu coba.

Kultur budaya masyarakat salah satu provinsi di Pulau Sumatera ini banyak dipengaruhi oleh kebudayaan Melayu, termasuk makanannya. Penasaran? Yuk, simak rekomendasi makanan khas nusantara dari Riau berikut ini.

Gulai Ikan Patin

Gulai Ikan Patin adalah rekomendasi makanan khas Riau pertama yang layak untuk dicoba, terutama saat bersantap di siang atau malam hari. Makanan khas yang satu ini bisa ditemukan di hampir seluruh rumah makan di Riau.

Bahan dasarnya adalah ikan patin yang digulai dengan kuah kental berwarna kuning pekat. Pada umumnya, gulai ikan patin khas Riau disajikan dengan nasi hangat dan ubi rebus. Kamu bisa mencoba gulai ikan patin lezat di Pondok Patin HM Yunus, Pekanbaru, tepatnya di Jl. Kaharudin Nasution No.1. Satu porsi harganya Rp40 ribu.

Nasi Lemak

Pada saat bertandang ke Riau, hidangan nasi lemak sangat cocok dijadikan sebagai menu saat sarapan. Rasa khas makanan ini berasal dari nasi yang diolah dengan campuran pandan dan santan. Aromanya dijamin menggugah selera!

Nasi lemak sendiri biasanya disajikan dengan beberapa lauk pendamping, seperti telur balado, ikan teri goreng, daging, dan tempe. Cobalah mampir ke Warung Merry di Kec. Senapelan, Pekanbaru untuk menikmatinya. Kisaran harganya adalah Rp17 ribu hingga Rp25 ribu.

Mie Lendir

Makanan khas Riau ini punya nama yang tidak biasa, yakni Mie Lendir. Dinamakan demikian karena hidangan ini berupa mie yang disiram dengan kuah kacang kental. Rasanya bikin ketagihan, loh!

Mie Lendir terbuat dari mie kuning yang dicampur dengan potongan cabe rawit, tauge, dan telur rebus. Mie Lendir yang bisa dicoba di hampir setiap rumah makan di Riau ini paling pas dinikmati saat hujan atau saat cuaca sedang dingin.

Baca juga: Pecinta Mie Wajib Tau, Kenali 10 Macam Mie Ini Yuk

Sup dan Sate Rusa

Sup dan Sate Rusa adalah makanan khas dari Riau yang tidak bisa dipisahkan. Kamu harus mencobanya, karena daging rusa sangat empuk. Dengan rempah-rempah khas Melayu, makanan ini cocok disantap oleh semua kalangan.

Sempatkan untuk mampir ke RM Era 51 di Jl. Kaharuddin Nasution 31, Pekanbaru, untuk menikmati hidangan lezat ini. Kedai makan ini menyajikan segala olahan daging rusa, mulai dari dendeng, sop, sate, hingga bistik dan nasi goreng. Menu andalannya adalah sate rusa.

Sup Tunjang

Makanan khas Riau yang satu ini paling banyak diincar oleh para wisatawan karena rasanya sangat menyegarkan, terutama ketika disantap setelah menempuh perjalan panjang. Sup Tunjang dibuat dari tulang kaki sapi yang masih menyisakan daging, disajikan dengan irisan tomat, wortel, dan kentang. Kamu akan menyukai sensasi gurih dari campuran rempah di dalamnya. 

Banyak pelanggan yang datang ke Restoran Sup Tunjang Pertama M1 di Pekanbaru untuk menikmati semangkuk segar Sup Tunjang. Satu porsinya dijual Rp30.000.

Gulai Belacan

Gulai Belacan adalah hidangan berupa udang yang diolah dengan bumbu khas dan kuah santan sangat kental. Bumbu Gulai Belacan sendiri adalah campuran dari beberapa rempah, seperti lada, asam jawa, juga kemiri.

Udang yang digunakan untuk gulai ini bisa berasal dari air tawar maupun air laut. Cukup merogoh kocek mulai Rp15 ribu, kamu bisa menikmati Gulai Belacan terenak di Riau, yakni di RM Depo Senah, tepatnya di Jl. Thamrin 76. 

Mie Sagu

Bagi yang suka menyantap hidangan dari olahan mie, makanan khas riau ini cocok dicoba. Mie Sagu adalah hidangan khas Riau yang dibuat dari campuran dua jenis tepung: tepung terigu dan sagu.

Rasa khas mie ini dijamin membuat siapa saja ketagihan, karena dihidangkan dengan menu pelengkap lainnya, yakni tauge rebus, sambal goreng ikan teri, dan kucai. Penasaran ingin mencoba sedapnya Mie Sagu terpopuler di Riau dengan kisaran harga Rp10 ribu saja? Mie Sagu Bu Tuti tempatnya. Lokasinya adalah di Jl. Ronggo Warsito, Kecamatan Sail, Pekanbaru.

Cincalok

Makanan khas Riau yang tidak kalah menggugah selera adalah Cincalok. Hidangan ini dibuat dari udang kecil yang terlebih dulu difermentasi. Caranya, udang dicuci dengan air laut. Setelah itu, dicampur garam dan didiamkan dalam wadah tembikar, lalu ditutup selama 30 hari. 

Cincalok biasa disajikan dengan sambal atau ikan asin, dan bisa jadi menu pendamping paling nikmat untuk nasi putih hangat. Jangan ragu untuk mencicipi Cincalok paling enak di Riau, yakni di Toko Wan Hua yang berlokasi di daerah Pekanbaru (Pasar Mitra Raya-Batam Center). Kisaran harganya mulai Rp20 ribu per pack.

Beberapa rekomendasi makanan khas Riau di atas jangan sampai dilewatkan ketika berkunjung ke salah satu provinsi di Pulau Sumatera tersebut. Siapa tahu, berbagai hidangan unik dan menarik ini akan membuat pengalaman traveling-mu kali ini tidak terlupakan.

Article Tags:
Article Categories:
Asian · Indonesian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Don't Miss! random posts ..