Food Menu

Makanan dan Minuman Khas Portugal yang Lezat dan Istimewa

Portugal merupakan negara pegunungan di bagian utara dan memiliki dataran di bagian selatan. Tak heran jika aneka menu makanan dan minuman khas Portugal dibuat dari bahan-bahan segar dari pegunungan utara. Berikut daftar menu khas dari negara Portugal yang istimewa:

Arroz de Tamboril

Arroz de Tamboril merupakan hidangan yang berasal dari ikan monkfish. Sekilas makanan ini mirip dengan risotto namun bumbunya yang membuatnya berbeda. Arroz de Tamboril menggunakan rebusan bawang putih, tomat, laurel, dan nasi sebagai campurannya. Tertarik untuk mencobanya? Anda bisa mendatangi Cacarola 1 di Figueira da Foz yang menyajikan Arroz de Tamboril terbaik dan istimewa. Untuk menjangkau daerah tepi laut ini, Anda perlu menempuh jarak 10 mil dari kawasan Coimbra.

Cataplana de Marisco

Cataplana de Marisco merupakan salah satu menu istimewa dari daftar makanan dan minuman khas Portugal. Hidangan ini berupa sup ikan yang disajikan istimewa di atas mangkuk tembaga. Cataplana de Marisco dihidangkan bersama nasi dan keripik. Salah satu tempat makan terbaik yang menyajikan menu Cataplana de Marisco ini yaitu Porto Brandao Eponymous. Lokasi rumah makan tersebut berada di kawasan nelayan Porto Brandao yang berada di dekat sungai Lisbon. Jadi, sembari menikmati hidangan Cataplana de Marisco yang hangat dan nikmat, Anda dapat menikmati keindahan Sungai Lisbon yang mendunia.

Baca juga: Dinner jadi So Sweet, Nih 10 Rekomendasi Makanan Western

Caldeirada de Enguias

Caldeirada de Enguias adalah hidangan istimewa Portugal yang terbuat dari belut. Belut tersebut diolah bersama safron dan paprika dan disajikan bersama dengan anggur putih. Penampilan Caldeirada de Enguias ini sekilas tampak seperti sup belut, namun rasanya sangat unik dan istimewa. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati sajian ini yaitu di Restoran Bastos yang berada di Pantai Torreira yang berjarak sekitar 5 mil dari kawasan Aveiro.

Bacalhau

Bacalhau merupakan sajian istimewa dari Portugal yang menjadi menu khusus saat merayakan natal. Sajian ini menggunakan ikan cod sebagai bahan dasar utamanya. Bacalhau menggunakan bawang, telur, daun peterseli, dan zaitun sebaagai bumbunya. Tertarik untuk mencobanya? Anda bisa mendatangi salah satu restoran terbaik yang menyajikan menu ini yaitu Laurentina di Lisbon. Restoran ini sudah mengkhususkan diri mereka sebagai penyaji Bacalhau terbaik sejak tahun 1976.

Franchesinha

Franchesinha merupakan sajian berupa dua iris roti dengan isian steak, sosis, ham dan chorizo lalu ditutup dengan lelehan keju edam dan ditambahi bumbu pedas rahasia yang berbahan dasar tomat. Lalu di atasnya ditambah topping berupa telur goreng. Salah satu tempat makan terbaik yang menyajikan menu Franchesinha di Portugal yaitu Francesinha Café.

Sopa de Cacao

Sopa de Cacao merupakan sajian khas Portugal yang menggunakan ikan hiu sebagai bahan dasarnya. Ikan dimarinasi terlebih dahulu menggunakan lemon, bawang putih dan ketumbar, lalu dididihkan menjadi sup. Selanjutnya sup disajikan bersama roti atau broa. Broa adalah semacam tepung jagung yang sering dikonsumsi masyarakat Portugal.

Polvo A Lagareiro

Menu istimewa ini berasal dari gurita. Untuk mendapatkan Polvo A Lagareiro yang lezat, seekor gurita harus direbus terlebih dulu lalu dibumbui dengan bawang dan zaitun lalu dipanggang. Hampir di semua kota terdapat sajian Polvo A Lagareiro ini, namun tempat terbaik untuk menikmatinya yaitu di A Tasquinha Nazare yang berada sekitar 75 mil dari Kota Lisbon.

Tawny Port

Tawny Port merupakan minuman khas Portugal yang berupa wine dengan rasa yang istimewa. Jika biasanya wine cenderung bercitarasa manis, Tawny Port memiliki citarasa yang variatif. Ragam variasi yang bisa Anda cicipi antara lain vanila, kopi, buah ara, plum, dan kurma.

Galao

Saat berkunjung jangan lupa menikmati minuman istimewa ini, Galao. Galao merupakan minuman yang terbuat dari seperempat kopi ekspresso dan tiga perempat susu berbusa yang menghasilkan aroma dan rasa hangat yang nikmat. Minuman ini biasa disajikan dalam gelas yang tinggi. Gulao memiliki dua variasi yaitu Escuro dengan citarasa minuman kopi yang lebih kuat dan Claro yang mengandung lebih banyak susu sehingga citarasa kopinya lebih ringan. Galao ini sering disajikan sebagai kudapan bersama kue dan dinikmati saat sarapan pagi.

Ginjinha

Minuman ini sangat terkenal di Portugal, terutama di kawasan Lisbon dan Algarve. Minuman ini berwarna merah delima dengan rasa ceri yang kuat dan termasuk ke dalam golongan minuman keras.

Demikian beberapa jenis makanan dan minuman khas Portugal yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke negara ini. Semoga bermanfaat.

Article Tags:
· · ·
Article Categories:
Europe · Western

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Don't Miss! random posts ..