Food Menu

Makanan Khas Gresik: Otak-otak Ikan Hingga Martabak Usus

Kota Gresik dikenal sebagai kawasan industri yang juga punya potensi sebagai lokasi tujuan pariwisata. Air terjun Banyu Biru, Pulau Bawean, dan Pantai Delegan adalah beberapa objek wisata terkenal di sana.

Sedangkan untuk urusan kuliner, Gresik juga punya makanan khas indonesia. Nah, memang paling pas menikmati makanan khas Gresik sambil menikmati keindahan alamnya. Ini dia beberapa rekomendasinya.

Sego Karak Gresik

Di daerah lain, Sego (nasi) Karak disebut Nasi Aking.  Sego Karak dibuat dari nasi sisa yang masih bagus, lalu dikeringkan dan ditanak kembali. Kesulitan masyarakat Gresik untuk mendapat beras layak konsumsi di masa lalu akhirnya menciptakan hidangan ini.

Serundeng, ketan hitam, parutan kelapa, hingga gorengan adalah lauk pendamping Nasi Karak. Cocok disantap saat sarapan, Sego Karak enak di Gresik bisa ditemui di Jl. Tanjung Wira I No. 34, yakni di Nasi Karak Bu Imam. Harganya murah, Rp5 ribu saja.

Pudak Khas Gresik

Makanan khas Gresik ini termasuk yang paling populer, dibuat dari gula jawa atau gula pasir yang dicampur dengan santan dan tepung beras. Olahan tersebut lalu dibungkus dengan daun pinang, kemudian direbus. Makanan tradisional yang rasanya gurih dan manis ini eksis sejak zaman dulu. Kini, Pudak juga dibuat dalam varian rasa, seperti sagu dan pandan.

Tertarik membawa Pudak sebagai buah tangan? Toko Pudak Sari Kelapa di Jl, Sindujoyo No. 111 terkenal dengan Pudak paling enak di Gresik. Satu pack isi 10 dijual dengan kisaran harga Rp15 ribu sampai Rp25 ribu.

Bonggolan Gresik

Namanya bisa jadi belum familier dan agak aneh bagi sebagian orang. Namun jangan salah, rasanya enak! Tampilannya mirip dengan Cireng atau Pempek. Bahan dasarnya sama, yaitu ikan dan aci (tepung kanji), tetapi rasa ikan dalam Bonggolan lebih kuat. Ikan tenggiri biasanya sering dijadikan pilihan sebagai bahan utamanya.

Hanya dengan merogoh kocek sekitar Rp5 ribu – Rp10 ribu, kamu bisa membawa pulang makanan khas Gresik yakni Bonggolan paling enak di Kota Gresik dari pusat kuliner di daerah Sidayu, Gresik.

Martabak Usus (Marsus) Khas Gresik

Umumnya, isi martabak adalah daging cincang dan telur. Namun, seperti namanya, makanan khas Gresik yang cukup populer ini menggunakan usus ayam dan bihun sebagai isian. Usus ayam akan dimasak semur terlebih dahulu. Sedangkan bihun akan ditumis dengan sayuran, biasanya sawi dan wortel.

Marsus makin nikmat dimakan dengan tambahan saus sambal. Kamu bisa membeli Martabak Usus di sepanjang Jl. Abdul Karim serta Jl. Akim Ayat. Harganya terjangkau, hanya sekitar Rp3 ribu per buah.

Nasi Krawu

Nasi Krawu adalah favorit orang Jawa Timur. Nasi dengan lauk banyak ini juga laris diburu para wisatawan. Penyajiannya unik dan sederhana, yakni dengan alas daun pisang. Kamu bisa memilih lauk daging sapi, daging ayam, atau pun keduanya.

Sambal dan serundeng tidak lupa ditambahkan sebagai pelengkap. Wah, rasanya lengkap: gurih manis dari daging dan parutan kelapa, sekaligus pedas dari sambal. Penasaran ingin mencicipi Nasi Krawu langsung di Kota asalnya? WM Nasi Krawu Bu Tiban di Jl. Veteran 118 adalah tempatnya. Tersedia selama 24 jam, harga seporsinya Rp20 ribu.

Sego Roomo

Biasanya, Sego Roomo disajikan sebagai menu makan pagi. Makanan khas Gresik ini adalah nasi putih dicampur daun singkong, serundeng, dan peyek atau kerupuk, lalu disiram kuah kental berwarna kuning kecoklatan. Penyajiannya dipincuk menggunakan daun pisang.

Namanya diambil dari Desa asalnya, yakni Desa Roomo di Kabupaten Gresik. Seporsi Nasi Roomo bisa didapat dengan harga mulai Rp7 ribu saja. Rekomendasi tempat untuk menikmatinya adalah Sego Roomo Mak Supiah di Kroman, Gresik, tepatnya di Jl. Sindojoyo.

Otak-otak Bandeng

Bila Semarang punya bandeng presto, Gresik pun punya olahan ikan bandeng. Otak-otak bandeng namanya. Cara membuatnya cukup unik dan rumit: daging ikan bandeng terlebih dahulu dipisahkan dari kulit dan durinya. Daging ikan kemudian dicampur bumbu dan sedikit tepung. Adonan daging tersebut lalu dimasukkan kembali ke dalam kulit bandeng sampai penuh dan terlihat menggembung. 

Otak-otak bandeng bisa direbus atau digoreng, dan dinikmati dengan tambahan bumbu kacang atau saus sambal. Makanan ini juga bisa dibawa sebagai oleh-oleh. Salah satu toko oleh-oleh yang menjualnya adalah Muzzanah Store. Lokasinya di Jl. Sindujoyo No. 58, Kab. Gresik, dengan harga Rp55 ribu per pack.

Jenang Jubung Gresik

Kue manis ini namanya diadaptasi dari bahasa Gresik: Jubung berarti daun pinang. Jenang Jubung memang dibungkus menggunakan daun pinang. Bahan utamanya adalah tepung ketan hitam, dicampur gula pasir, santan, dan wijen  sebagai taburan. Rasanya tentu manis dan legit, cocok menjadi cemilan kala menikmati secangkir teh panas.

Jenang Jubung bisa disimpan hingga berhari-hari, pas untuk dijadikan oleh-oleh. Toko Jenang Jubung Mutiara Pak Temon dikenal punya Jenang Jubung terenak di Gresik. Lokasi tepatnya ada di Jl. KH. Abdul Karim.

Nah, dari deretan nama makanan khas Gresik di atas, mana yang paling ingin kamu coba? Pastikan untuk mencoba semuanya, ya!

Article Tags:
·
Article Categories:
Asian · Indonesian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Don't Miss! random posts ..