Food Menu

Makanan Khas Sumatera ini Enak Banget, Kamu Wajib Coba

Dengan banyaknya ragam budaya di Indonesia, banyak pula ragam kuliner dari masing-masing daerah dengan cita rasa yang berbeda tapi tidak pernah gagal menggugah selera. Salah satu daerah di Indonesia yang merajai makanan khas nusantara adalah Sumatera. 

Beberapa mungkin juga kalian sudah tahu karena banyak kuliner mereka sangat populer di seluruh penjuru negeri. Kenalan lebih dekat yuk sama beberapa makanan khas Sumatera berikut ini.

Rendang

Pastinya sudah tahu kan sama makanan legendaris yang satu ini? Saking populernya, rendang ini masuk ke dalam daftar 50 makanan terbaik di dunia versi CNN. Rendang ini berasal dari olahan daging sapi dan kaya aneka rempah. 

Proses pengolahan rendang ini cukup lama guna menghasilkan daging yang empuk dan bumbu meresap sempurna. Beberapa resto dengan sajian rendang yang bener-bener nendang adalah Restoran Mama Restu di Jalan Proklamasi dan Rendang Asese di Jalan Thamrin.

Pempek

Selain rendang, pastinya sudah kenal juga kan sama makanan khas Sumatera satu ini. Walaupun pempek sudah bisa kita jumpai hampir di seluruh kota di Indonesia, tapi merasakan pempek dari kota aslinya jelas berbeda. 

Pempek berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Sajian lezat ini terbuat dari olahan daging ikan yang digoreng dengan tepung dan disajikan bersama kuah cuka. Bahkan bagi orang yang pertama kali mencoba kuliner satu ini, pasti langsung jatuh cinta sama cita rasanya yang unik dan menggelitik lidah.

Laksan

Kuliner selanjutnya merupakan makanan khas dari Sumatera Selatan, yaitu Laksan. Sama halnya dengan pempek, laksan juga terbuat dari olahan daging ikan yang dicampur dengan tepung sagu.

Namun, penyajian kuahnya berbeda dari pempek. Kuah laksa lebih kental dan gurih karena dibuat dari santan. Menu ini banyak menjadi incaran warga sekitar sebagai menu buka puasa.

Bika Ambon

Banyak yang mengira bahwa kue legendaris ini berasal dari kota Ambon karena namanya. Padahal, kue basah satu ini berasal dari Medan, Sumatera Utara. Nama Ambon dipilih karena kudapan ini pertama kali dijual di Jalan Ambon di kota Medan.

Bika Ambon tebuat dari tepung sagu, tepung terigu, santan, telur, gula, daun pandan, dan air kelapa. Teksturnya yang lembut dan serat pada kue dengan rasa manis ini sudah membius cukup banyak warga lokal dan wisatawan. 

Sate Padang

Satu lagi makanan khas Sumatera yang tidak asing di telinga adalah sate padang. Sate yang terbuat dari daging sapi dan lidah sapi ini berasal dari Sumatera Barat. Yang membuat sate ini memiliki cita rasa khas adalah bumbu kuahnya yang nikmat.

Kuah atau sausnya dibuat dari bahan-bahan seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, serai, kunyit, dan jahe. Bahan-bahan tadi dicampur dengan tepung beras untuk menghasilkan bumbu dengan tekstur kenyal.

Sate Lokan

Kalau sate Padang menggunakan daging dan lidah sapi, sate lokan ini cukup unik karena daging yang digunakan berasal dari kerang hijau. Kerang yang sudah direbus sampai masak kemudian ditusuk dan dibakar hingga berwarna kecoklatan.

Kerang yang telah dibakar tadi disajikan bersama kuah kental kaya bumbu seperti bawang putih, bawang merah, jahe, merica, serai, ketumbar, kunyit, jintan, lengkuas, dan tepung beras.

Soto Padang

Selain Soto Betawi, Soto Madura, dan Soto Lamongan, Soto Padang juga sangat populer dalam kuliner nusantara. Soto Padang menggunakan kaldu sapi yang disajikan dengan potongan daging sapi, perkedel kentang, dan bihun.

Kuah kaldu sapinya dicampur dengan berbagai rempah pilihan seperti cengkeh, kapulaga, daun jeruk, hingga bunga lawing. Warga sekitar biasa menyantap hidangan ini bersama kerupuk berwarna merah muda yang terbuat dari tepung tapioka.

Dadih

Dadih merupakan olahan yoghurt tradisional warga Minangkabau. Makanan khas Sumatera ini cukup unik karena dibuat dari susu kerbau. Proses fermentasi susu kerbau dilakukan dengan cukup tradisional karena itu memiliki cita rasa yang berbeda.

Proses fermentasi dilakukan di dalam sebuah wadah dari bambu yang kemudian ditutup dengan daun waru atau daun pisang yang telah dilayukan di atas api. Proses ini dilakukan dua hingga tiga hari. 

Pendap

Kalau kalian menyukai sensasi rasa gurih dan pedas, dijamin makanan khas Bengkulu ini bisa memanjakan lidah. Pendap atau juga sering disebut ikan Pais ini juga sudah cukup terkenal di banyak daerah di Indonesia.

Bumbu pendap dibuat dari bahan-bahan seperti ketumbar, kunyit, kemiri, daun jeruk purut, cabai, asam pede, laos, dan kelapa muda. 

Baca juga: Bikin Ngakak dan Laper, 10 Makanan Unik Masyarakat +62

Jadi mana nih yang kira-kira sesuai dengan selera kalian? Makanan khas Sumatera sudah cukup terkenal di hampir seluruh penjuru negeri. Karena itu, kalian pasti bisa menemukannya dengan mudah jika belum bisa berkunjung ke Sumatera.

Article Tags:
·
Article Categories:
Asian · Indonesian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Don't Miss! random posts ..