Food Menu

Makanan Khas Surabaya: Dari Rawon Setan Hingga Es Krim

Kalau kamu berkunjung ke Jawa Timur, sempatkan untuk mengunjungi ibukota Jawa Timur, Surabaya. Dari banyak kota di provinsi ini, Surabaya menjadi daerah yang menyajikan pilihan kuliner beragam dan nikmat. Mulai dari kamu yang suka rasa gurih, pedas, hingga manis, bisa kamu temukan di sini. Apa saja makanan khas nusantara Surabaya yang wajib kamu coba dan pastinya wenak pol? Simak terus artikel ini.

Rawon

Yang pertama harus kamu coba saat berkunjung ke kota Pahlawan adalah rawon. Kuah rawon berwarna hitam dengan aroma daging khas dan rasa asin gurih yang nikmat. Lauk di dalam kuah rawon adalah daging sapi dan biasanya ditambah dengan taburan bawang goreng dan taoge.

Rawon yang paling terkenal dan wajib banget kamu kunjungi adalah Rawon Setan yang terletak di Jalan Embong Malang. Irisan daging di Rawon Setan cukup besar tapi sangat empuk. Karena Rawon Setan ini terletak di pusat kota Surabaya, kamu bisa menikmati hangatnya suasana malam kota Surabaya setelah menikmati hidangan khas ini.

Rujak Cingur

Belum lengkap rasanya berkunjung ke Surabaya tanpa mencoba makanan khas Surabaya yang satu ini. Menu ini sudah sangat populer di banyak daerah lain di Indonesia. Yang membuat rujak ini bikin ketagihan adalah potongan cingur atau hidung sapi yang kenyal dan empuk.

Cingur disajikan dengan tambahan lain mulai dari kecambah, kangkung, lontong, mentimun, tahu, dan tempe yang kemudian dicampur sempurna dengan bumbu kacang dan petis khas Jawa Timur. Beberapa tempat yang menyajikan rujak cingur dengan cita rasa paling nikmat adalah Rujak Cingur Joko Dolog di Taman Apsari dan Rujak Cingur Genteng.

Lontong Balap

Makanan khas Surabaya yang jangan sampai kamu lewatkan lainnya adalah lontong balap. Lontong balap ini merupakan hidangan berisi lontong, daging sapi, lento, tahu, dan taoge yang disiram dengan kuah berwarna kecoklatan.

Untuk lebih nikmat, tambahkan bumbu petis pada kuah lontong balap kamu. Kamu bisa menentukan sendiri seberapa banyak bumbu petis yang kamu mau. Lontong balap paling populer di Surabaya adalah Lontong Balap Pak Gendut di jalan Mayjen Prof. Dr. Moestopo.

Tahu Telor

Setelah menikmati Lontong Balap Pak Gendut, beberapa meter dari sana, kamu bisa menikmati Tahu Telor Pak Jayen di jalan Dharmahusada. Tahu telor satu ini tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan, kamu harus sabar menunggu untuk bisa menikmati makanan khas Surabaya ini.

Tahu telor ini merupakan campuran kocokan telur yang digoreng bersama tahu yang dipotong-potong seukuran dadu. Gorengan tahu telur tadi disajikan bersama kentang dan taoge yang kemudian disiram dengan saus kacang pedas ditambah petis khas Surabaya. Di atasnya, ditambahkan kerupuk renyah yang pastinya bikin makanan ini semakin nampol.

Spikoe Lapis Surabaya

Kudapan manis satu ini sangat populer dan legendaris hingga orang-orang selalu memilih spikoe satu ini sebagai oleh-oleh atau sajian di acara-acara besar. Kue lapis Spikoe Resep Kuno Surabaya ini beralamat di jalan Rungkut dan sudah ada sejak tahun 1970an. 

Teksturnya sangat lembut dan rasa manisnya sangat pas di lidah. Kamu bisa memilih rasa original atau kismis. Yang pasti, dua-duanya bakal bikin kalian kangen terus sama rasanya. Ukuran yang tersedia pun juga cukup beragam.

Kepiting Cak Gundul 1992

Buat yang suka seafood, wajib banget nyobain kuliner satu ini. Sesuai namanya, Kepiting Cak Gundul ini sudah ada sejak tahun 1992. Yang membuat tempat ini sangat terkenal adalah ukuran kepitingnya yang besar dan sarat daging serta bumbu kepiting merahnya yang benar-benar nikmat.

Selain itu, harga di sini juga lumayan terjangkau. Selain kepiting, kamu juga bisa memesan udang, kerang, gurami, ayam goreng, hingga bawal. 

Es Krim Zangrandi

Tempat legendaris berikutnya yang sayang banget buat dilewatkan adalah Es Krim Zangrandi yang berada tepat di depan alun-alun baru kota Surabaya di Jalan Yos Sudarso. Selain mampu mempertahankan rasa es krimnya yang khas, Es Krim Zangrandi juga berhasil mempertahankan tempatnya yang kuno.

Nama dari kedai es krim ini didapat dari keluarga berkebangsaan Italia bernama Roberto Zangrandi yang menciptakan racikan es krim ini. Setelah menikmati lezatnya es krim di kedai ini, kamu bisa lanjut menikmati indahnya pusat kota Surabaya dan serunya menyisiri sungai Kalimas di atas perahu.

Baca juga: Ini 10 Rekomendasi Dessert Indonesia yang Bikin Laper Terus

Itu tadi beberapa tempat paling legendaris dan populer yang menawarkan berbagai makanan khas Surabaya. Untuk harga, makanan-makanan di atas cukup terjangkau. Jadi, mana dulu nih yang nggak sabar pengen kamu coba?

Article Tags:
· ·
Article Categories:
Asian · Indonesian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Don't Miss! random posts ..