Food Menu

Makanan yang Terkenal di Taiwan, Wajib Banget untuk Dicoba!

Taiwan merupakan negara yang kaya akan budaya dan kuliner khasnya. Jika Anda berkunjung ke negara ini, jangan lupa mencicipi makanan Taiwan yang terkenal berikut ini:

Mi Kuah Sapi

Mi kuah sapi merupakan salah satu makanan yang populer di Taiwan. Sajian ini merupakan perpaduan mi, sup, dan daging sapi. Kuahnya begitu lezat karena dibuat dari rebusan daging sirloin dan urat sapi. Masing-masing rumah makan menyajikan mi kuah dengan gaya dan rasa yang berbeda, jadi silakan mencoba aneka mie kuah sapi mulai dari rumah makan kecil hingga restoran besar agar Anda tahu sensasi rasanya yang berbeda beda. Sebagai referensi, salah satu rumah makan terbaik untuk mencoba menu ini adalah Resto Yong -Kang Beef Noodle, di daerah Da’an.

Misoa Kuah Usus

Misoa merupakan makanan yang mudah ditemui di Taiwan. Makanan ini merupakan simbol panjang umur sehingga selalu ada di setiap perayaan ulang tahun. Ada beragam varian misoa antara lain misoa minyak wijen, misoa kaki babi, dan misoa kuah usus atau tiram. Misoa kuah usus merupakan misoa yang dimasak bersama dengan tiram.

Sebelumnya, tiram dicampur dengan tepung kanji dan usus babi sehingga disebut misoa kuah usus. Kelezatan misoa kuah usus tergantung kesegaran dan proses penyemuran usus babi. Misoa kuah usus ini akan semakin lezat jika dinikmati bersama cuka hitam, daun ketumbar, dan potongan bawang putih. Hmm, yummy!

Omelet Tiram

Omelet tiram merupakan salah satu hidangan yang wajib Anda coba jika berkunjung ke Taiwan. Gurihnya telur yang berpadu dengan selada yang segar dan sayur pokcay, lalu diguyur dengan tiram dan saus manis menghasilkan sensasi rasa yang nikmat dan lumer di lidah. Omelet tiram ini dapat Anda dapatkan dengan mudah di kedai dan toko makanan di pasar malam.

Tahu “Busuk”

Tahu busuk atau tahu fermentasi merupakan makanan populer di Taiwan yang sering dinikmati sebagai kudapan atau makanan ringan. Tahu fermentasi ini digoreng atau direbus, lalu disajikan bersama kimchi ala Taiwan yang disebut dengan Sichuan. Ada juga varian tahu “busuk” pedas yang disebut tahu busuk mala yang biasa disajikan bersama bebek, acar kol, dan kuah pedas yang kental. Ada juga rumah makan yang menyajikannya bersama usus besar babi dan disebut sebagai Da Chang Chou Chou Guo.

Mi Dan Zai

Mi Dan Zai atau Tan Tsi Noodle ini merupakan hidangan khas dari Kota Tainan yang disajikan sebagai kudapan karena porsinya berukuran kecil. Sajian ini berupa mi yang dicampur dengan daging babi, tauge, dan udang yang dibumbui dengan bawang, ketumbar, cuka hitam, telur dan kecap. 

Gua Bao

Gua Bao disebut juga sebagai burger Taiwan, namun penampilannya sangat jauh berbeda dengan burger pada umumnya. Gua Bao merupakan salah satu makanan Taiwan yang terkenal. Gua Bao berupa roti kukus putih yang menyerupai bakpao lalu diisi dengan potongan daging, sayuran ,dan kacang. Perpaduan rasa manis, gurih, asam dan asin dapat dinikmati dengan satu gigitan, yummy!

Xiao Long Bao

Xiao Long Bao merupakan makanan Taiwan yang berupa dumpling atau dimsum. Isiannya dapat berupa daging babi, telur kepiting, ayam, sayur, atau babi dan jamur truffle. Di dalamnya juga terdapat kaldu pekat yang membuat Xiao Long Bao ini lumer saat dikunyah. 

Pig’s Blood Cake

Pig’s blood cake merupakan sajian yang terbuat dari darah babi yang direbus bersama ketan. Selanjutnya kudapan ini disimpan di dalam steamer kayu untuk menjaganya agar tetap hangat. Sebelum penyajian, kudapan ini diguyur dengan saus kaldu babi lalu diguling-gulingkan pada taburan bubuk kacang dan ketumbar. 

Pineapple Pastry

Pinneapple pastry merupakan kue berisi selai nanas yang legit dan manis. Bahan utama yang digunakan untuk membuat kue ini antara lain tepung terigu, telur, mentega, selai nanas, dan buah kundur. Pineapple pastry dipercaya sebagai kue yang dapat membuat makmur orang yang memakannya. Kue ini juga menjadi oleh-oleh yang sering dibawa wisatawan saat kembali ke negaranya. Salah satu toko yang terkenal dengan pineapple pastrynya adalah The Castle of Golden Pineapple yang berada di kawasan Kaohsiung.

Baca juga: Macam-Macam Kue Kering Indonesia, Bikin Kamu Kangen Ibu!

Little Sausage in Big Sausage

Jajanan pasar ini merupakan sosis kecil yang berada di dalam sosis besar. Sosis besarnya terbuat dari ketan, sedangkan sosis kecilnya terbuat dari babi panggang. Sekilas hidangan ini mirip dengan hot dog, namun disajikan bersama wasabi atau kecap. Menu ini dapat Anda temukan dengan mudah di banyak pasar malam di Taiwan.

Demikian 10 makanan Taiwan yang terkenal dan menggugah selera. Tertarik untuk mencoba salah satunya?

Article Tags:
Article Categories:
Asian · Chinese

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Don't Miss! random posts ..