Site icon Kerispy

Ngaku Pecinta Kopi? Udah Tau Belum 10 Jenis Minuman Kopi Ini

Minuman kopi cukup beragam mulai dari jenis biji kopi yang digunakan sampai ke proses pengolahannya. Jadi, ada banyak versi minuman yang bisa dicoba. Anda pasti mengenal yang namanya espresso, cappuccino, dan americano karena sering memesannya di kedai kopi.

Selain racikan kopi yang sudah disebutkan di atas, ada jenis lain yang wajib dicoba karena memiliki rasa yang menarik. Apalagi kamu yang sering mencari minuman boba yang dipadukan dengan kopi. Nah, apa saja jenis kopi yang bisa dicoba sebagai seorang pencinta kopi? 

Espresso

Espresso merupakan kopi yang dibuat dengan melakukan ekstraksi pada biji yang sudah disangrai sebelumnya. Ekstraksi ini menghasilkan kopi dengan aroma yang kuat dan rasa yang pekat. Anda akan merasakan pahit, rasa floral, dan rasa lain sesuai dengan jenis biji kopi yang dipakai.

Kopi ini disajikan dalam cangkir kecil yang isinya hanya 30 ml saja. Anda harus mengonsumsinya dalam sekali seruput. Selanjutnya, minum air putih dan bersihkan rongga mulut untuk membersihkan aftertaste yang kuat.

Untuk merasakan espresso, coba datang ke kedai kopi yang terkenal di kota. Kalau di Surabaya bisa datang ke Caturra Espresso. Selanjutnya di kawasan Jakarta bisa datang ke Giyanti Coffee Roastery.

Cappuccino

Bosan dengan espresso yang terlalu pahit dan ingin mencoba hal baru? Kenapa tidak mencoba cappucino saja? Minuman ala Italia ini terbuat dari ekstrak kopi atau espresso dan susu. Perbandingannya, espresso ⅓ bagian, susu ⅓ bagian, dan sisanya susu yang dibuat menjadi busa.

Minuman ini cukup banyak digemari karena memiliki rasa yang tidak terlalu pahit. Dapatkan Cappucino terbaik di Jakarta dengan datang ke Crematology, Anomali Coffee Senopati, dan One Fifteenth Coffee. Jika di Bali bisa datang ke Pison Coffee – Petitenget dan Revolver Espresso.

Baca juga: Mau Seruput? Kenali Yuk 10 Macam Macam Teh Paling Populer

Americano

Americano awalnya dianggap sebagai hinaan pada orang Amerika yang tidak bisa minum espresso dalam kondisi kental. Mereka selalu meminta agar cairan itu ditambahkan ke air panas sampai encer agar bisa dinikmati dengan lebih ringan.

Dari ejekan itu, Americano justru berkembang dengan baik ke seluruh dunia. Saat ini, hampir sebagian besar kafe atau kedai kopi memiliki jenis minuman ini. Americano bisa diminum dalam kondisi dingin atau hangat. Anda bisa meminumnya tanpa gula atau ada tambahan gulanya.

Ada banyak kafe yang menyediakan Americano dan tidak harus yang terkenal. Kedai minuman waralaba juga banyak menjualnya. Justru di kafe yang menyediakan espresso dan olahan kopi lainnya jarang ada menu Americano.

Latte

Banyak yang bingung membedakan antara latte dan cappucino. Secara umum dua hal itu hampir sama. Keduanya sama-sama menggunakan espresso sebagai bahan bakunya. Namun, campuran susu yang diberikan berbeda. Pada latte, susu panas yang dicampur espresso memiliki perbandingan 2:1.

Karena memiliki campuran yang jauh lebih banyak, kadang rasa creamy dari susu lebih terasa. Meski demikian, penggemar latte cukup banyak. Khususnya mereka yang tidak begitu kuat dengan pahitnya kopi. 

Selain itu, ada latte art atau melukis dengan menggunakan microfoam dari susu di atasnya. Inilah yang membuat minuman ini semakin digemari.

Latte atau caffe latte bisa didapatkan di Kopi Zeen: best cafe Bali Kuta. Selain itu, kalau Anda berada di Bandung bisa mencoba ke Noah’s Barn.

Macchiato

Macchiato adalah kopi yang dibuat dengan kombinasi antara espresso dengan susu yang dibuat berbusa. Sekilas minuman  ini akan mirip cappucino atau latte, tetapi berbeda nama saja di Italia. Meski banyak juga orang yang bilang minuman ini berbeda karena kombinasi susu dan kopinya.

Kalau Anda ingin mencoba minuman kopi ini, coba datang ke 3K Coffee, Goni Coffee, dan Pison Jakarta yang berlokasi di ibu kota. Pesan macchiato dan cappuccino secara bersamaan untuk merasakan perbedaannya.

Mocha

Mocha atau mochaccino adalah minuman yang terbuat dari espresso, susu, dan perisa cokelat dalam bentuk serbuk. Biasanya mocha disajikan dalam bentuk hangat atau dingin. Anda bisa meminumnya dalam keadaan tanpa gula atau menambahkan pemanis sesuai kebutuhan.

Mocha bisa didapatkan di hampir semua kafe kota besar. Salah satunya adalah Sejiwa yang lokasinya berada di Bandung.

Baca juga: Dari Terendah sampai Tertinggi, Kenali Jenis Minuman Alkohol Ini

Ristretto

Anda cukup kuat menikmati kopi yang pahit di atas espresso? Coba minum ristretto yang merupakan bentuk lain dari espresso dengan air yang terbatas. Kopi yang diproses sama dengan espresso ditambahkan air yang lebih sedikit untuk menghasilkan rasa pekat.

Ingin mencoba olahan kopi ini? Anda bisa datang ke Chicory European Patisserie atau Bistro Baron & Bar saat berada di Jakarta.

Cortado

Campuran antara espresso dengan susu yang rasionya sama menghasilkan cortado. Umumnya, campuran ini dibuat untuk sedikit menghilangkan  rasa pahit dan asam dari espresso sehingga menghasilkan rasa lebih aman di lidah tanpa harus merusak rasa asli dari kopi.

Cortado bisa dikonsumsi tanpa gula atau dengan tambahan gula serbuk. Untuk menikmatinya, Anda bisa datang ke Satusatucoffee atau Ubud Coffee Roastery yang berada di Bali.

Galão

Galao merupakan olahan lain dari espresso yang berasal dari Portugal. Untuk mendapatkan kopi jenis ini, Anda harus mencampurkan seperempat bagian espresso dengan tiga perempat susu yang sudah dibuat berbusa. Campuran ini akan dimasukkan ke gelas panjang.

Minuman ini disajikan hangat dan kerap dibarengi dengan gula. Karena campuran kopinya sedikit, rasanya tidak akan terlalu pekat. Minuman ini cocok untuk mereka yang tidak suka pahit dan tidak tahan dengan kafein terlalu banyak. Anda bisa mencoba minuman ini di Galão Coffee & Kitchen, Jakarta.

Flat White

Flat White adalah varian dari espresso yang diberi tambahan krim atau susu untuk menghilangkan kepekatan. Biasanya minuman ini terlihat seperti ada pola putih di permukaan gelas. Tambahan susu atau krim ini sedikit memudarkan pahit untuk menghasilkan rasa baru yang menarik.

Rasa dari Flat White identik dengan rasa espresso yang jadi bahan utamanya. Namun, lebih ringan sehingga siapa saja bisa meminumnya. Minuman ini tidak ada tambahan gula, tapi jika Anda merasa terlalu pahit bisa menambahkan gula bubuk agar tidak merusak rasa alami kopi.

Berada di Jakarta dan ingin menikmati Flat White? Anda bisa datang ke Ottoman’s Coffee Brewers, Watt Coffee, Pigeon Hole Coffee, Giyanti Coffee Roastery, dan Common Grounds.

Sepuluh daftar minuman kopi di atas bisa didapatkan dengan variasi dan pengolahan tertentu. Setiap kafe mungkin akan memberikan rasa yang berbeda meski sama-sama espresso. Mengapa? Karena jenis biji kopi yang digunakan tidak sama sehingga rasa yang diberikan dan aftertaste-nya berbeda-beda.

Cukup sulit untuk mengetahui kafe mana saja yang sesuai dengan selera. Kadang rekomendasi teman tidak selalu sesuai dengan lidah. Untuk itu, Anda harus mencobanya sendiri ke beberapa kafe untuk menemukan mana yang sesuai dengan selera dan bisa dikunjungi lagi jika ingin nongkrong.

Exit mobile version