Food Menu

Oishi! Udah Coba Belum 10 Makanan Jepang yang Mantapu Ini

Makanan Jepang menawarkan rasa dan tampilan yang menggoda selera. Pun dari segi rasa, hidangan ala Jepang berhasil memikat lidah masyarakat di tanah air. Tidak cuma itu! Pilihan kuliner dari negeri sakura juga beragam, bukan cuma ramen lho. Oleh karena itu, yuk cek ulasan berikut ini untuk mengetahui beragam sajian khas Jepang yang populer!

Sushi

Menurut sejarah, sushi berasal dari daratan China dan sudah ada sejak abad ke-5 dan ke-3 SM. Narezushi pun menjadi bentuk asli dari sushi dan mulai muncul di Jepang pada abad ke-8. Sejak itu, varian sushi terus berkembang. Namun, konsep sushi modern yang kita kenal sekarang adalah hasil inovasi dari Hanaya Yohei, yang memperkenalkannya di akhir periode Edo sekitar pertengahan 1800-an. 

Karena menu ini sangat populer di berbagai negara, termasuk Indonesia, harga sushi terbilang ramah di kantong. Untuk jenis fusion, misalnya, satu set berkisar Rp20.000-Rp30.000 saja. Namun untuk sushi premium seperti di Kintaro Sushi, harganya bisa mencapai Rp 50.000-Rp150.000 per setnya. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Chinese Food Yang Wajib Kamu Cobain!

Takoyaki

Takoyaki memiliki tekstur yang lembut dan juicy. Saat menguyahnya, kamu bahkan akan merasa seperti ada yang meleleh di dalam mulut. Camilan berisi potongan gurita ini juga gurih dan kaya rasa. Konon, makanan ini awalnya berasal dari Osaka. Tomekichi Endo adalah orang yang pertama kali membuatnya pada tahun 1935. 

Namun, Tomekichi tidak membuatnya dari awal, melainkan membuat adaptasi dari versi sebelumnya—yang berisi daging sapi. Kini, takoyaki pun menjadi jenis street food yang sangat populer, baik itu di negara asalnya maupun di luar negeri. Harga camilan ini juga terjangkau. Untuk set isi 4 di Okirobox-Kelapa Gading, misalnya, kisaran harganya sekitar Rp25.000. 

Udon

Udon adalah sejenis mi Jepang yang bertekstur kenyal dan terbuat dari tepung gandum, air, garam, dan sedikit kaldu dashi. Meski sekilas sama, udon dan soba memiliki jenis mi yang berbeda, ya. Mi udon lebih tebal sekitar 2-4 mm daripada mi soba. Mi udon juga bisa berbentuk bulat atau pipih. 

Cara paling sederhana untuk menyajikan udon adalah dengan membuatnya jadi mi kuah atau kake udon. Kuah minya terbuat dari dashi, kecap, dan mirin. Untuk semangkuk udon hangat, harganya bisa bervariasi. Di resto terkenal seperti Marugame Udon, harganya mulai dari 38.000 per porsi. 

Ramen

Awalnya, Jepang mengimpor hidangan sup mi ini dari China. Karena ramen tidak mahal dan banyak tersedia, makanan ini pun menjadi pilihan yang populer di kalangan warga lokal maupun wisatawan. Itulah alasan mengapa restoran ramen atau ramen-ya kini tersebar hampir setiap sudut Jepang. 

Dalam perkembangannya, variasi ramen di Jepang pun hadir dalam beberapa pilihan kategori sesuai jenis kuahnya, yakni miso, shio, shoyu, dan tonkotsu. Sebagai pelengkap, ada chashu (irisan lemak/dada babi), menma (rebung yang diasinkan), kamaboko (irisan kue ikan kukus), nori, dan tamago (telur rebus) di bagian atas ramen. Untuk ramen instan kemasan, harganya bervariasi, mulai dari Rp10.000. Namun, jika dine-in di resto spesialis masakan Jepang, seperti di Hokkaido Ramen Santouka-Plaza Indonesia misalnya, harganya mulai dari Rp56.000 per porsi. 

Yakiniku

Makanan Jepang yang satu ini mendapat pengaruh masakan Korea, bulgogi dan kalbi. Hal itu terjadi saat imigran Korea mulai memasuki Jepang, selama periode Showa (1926-1989). Yakiniku, yang berarti daging panggang, juga memiliki cita rasa gurih dengan tambahan saus oriental mirip BBQ ala Barat. 

Selain daging babi, hidangan ini biasanya juga menggunakan daging ayam, sapi, seafood, dan harumon (usus, babat). Untuk menikmati sajian ini, siapkan kocek agak dalam, ya. Karena untuk satu porsi wagyu 120 gram di Yakiniku Like-Grand Indonesia, misalnya, harga setnya sekitar Rp138.000. 

Dorayaki

Dorayaki awalnya hanya terdiri dari satu lapisan, lho. Menurut sejarah, Usagiya dari Distrik Ueno, Tokyo, adalah orang yang menemukan bentuk kue dorayaki yang sekarang populer. Dalam bahasa Jepang, dora berarti gong, yang kemungkinan menggambarkan bentuk dari dorayaki itu sendiri. 

Dari segi rasa, kue ini mirip dengan pancake ala Barat. Namun bedanya, ada isian kacang merah yang manis di dalam dorayaki, yang menjadi salah satu ciri khas dari kue Jepang ini. Harga kue ini juga bervariasi sesuai isiannya. Di Dorayaki Addict-Lippo Mall Puri, misalnya, harga dorayaki sekitar Rp12.000 per bijinya. 

Baca juga: Abis Mukbang Belum Kenyang? Cobain 10 Jajanan Korea Yuk!

Mochi

Mochi adalah sejenis kue beras dari Jepang. Jajanan ini terbuat mochigome, sejenis beras ketan, yang ditumbuk dan kemudian dicetak sesuai keinginan. Untuk plain mochi, tekstur dan rasanya sekilas mirip marshmallow. Namun, isian mochi kini sangat beragam, mulai dari anko (pasta kacang merah), shiroan (pasta kacang putih), stroberi, hingga es krim. 

Jajanan ini juga sangat populer di Indonesia. Jadi, kamu tidak akan sulit menemukannya di berbagai kedai yang menjual hidangan Jepang. Di Marutama Ra-Men Senayan, Jakarta, misalnya, harga satu set mochi isi 3 sekitar Rp30.000. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Makanan Dessert, Pelengkap Makanan Berat

Sashimi

Hidangan ini menyajikan irisan ikan mentah dan sayuran yang diberi bumbu cuka namasu. Selama periode Heian (794-1185), sashimi hanya menjadi hidangan khusus di kerajaan. Akan tetapi, sekarang itu sudah menjadi konsumsi masyarakat biasa. Selain makanan laut, sashimi biasanya juga memakai jenis daging lain seperti daging sapi, rusa, atau bahkan kuda.   

Penyajian menu ini juga terbilang sederhana. Kamu hanya perlu mencelupkan irisan daging ke dalam saus kecap sebelum memakannya. Cita rasa dari makanan ini tentunya sangat bergantung pada jenis ataupun kualitas daging. Namun umumnya, rasa ikan sashimi sangat lembut dan juicy. Untuk mencicipi menu ini, di Kintaro Sushi-Senopati, Jakarta Selatan, harga satu setnya mulai dari Rp70.000. 

Katsu

Hidangan ini mulai populer di negeri sakura pada akhir tahun 1800-an. Saat itu, ada sebuah restoran di Tokyo yang memperkenalkan menu potongan daging ala Eropa, yang sekarang kita kenal sebagai katsu. Untuk membuatnya, kamu cukup membalut daging dengan tepung roti dan menggorengnya. Sebagai pelengkap, berikan parutan kubis dan siram dengan saus katsu yang bercita rasa asin dan manis. Untuk menu chicken katsu, rata-rata resto masakan Jepang seperti Washoku Sato-Tanjung Duren misalnya, membanderol hidangan tersebut sekitar Rp89.000 per porsinya. 

Soba

Mi soba yang autentik terbuat dari 100 persen tepung soba. Namun karena adonan tepung soba cenderung rapuh, sebagian besar kedai mi di Jepang menambahkan tepung terigu untuk membuat mi jadi lebih kuat. Hidangan paling dasar dari olahan mi ini adalah mari soba, yang disajikan dalam kuah tsuyuyang terbuat dari mirin, sake, kombu, dan katsuobushi (taburan ikan kering). 

Selain enak, sajian dari mi soba juga kaya nutrisi dan rendah lemak, lho. Pun dari segi harga, hidangan ini masih terbilang terjangkau seperti ramen. Di Abura Soba Yamatoten-Thamrin, misalnya, harga semangkuk mi soba premium mulai dari Rp69.000. Demikian rekomendasi 10 makanan Jepang yang wajib banget kamu coba. Nah, selain ramen dan sushi, sajian mana nih yang sudah pernah kamu cicipi sebelumnya?

Article Tags:
·
Article Categories:
Asian · Japanese

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Don't Miss! random posts ..