Food Menu

Penasaran Ini Dia 8+ Minuman Terenak di Dunia Dan Asalnya

3 gelas minuman terenak didunia

Ada makanan terenak, pastinya ada juga minuman terenak, dong! Karena jarang dibahas, mungkin Anda pernah sesekali memikirkan apa minuman terenak di dunia dan dari mana asalnya.

Kali ini, Kerispy.com akan membahas mengenai minuman terenak yang patut Anda coba.  Dengan demikian, Anda punya ‘drinks list’ baru yang perlu diwujudkan. Yuk, simak penjelasannya! 

1. Chocolate Milk Shake, Amerika Serikat

terdapat minuman  milkshake coklat dan susu

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah milkshake. Minuman dari Amerika Serikat ini mengawali sejarahnya pada akhir abad ke-19. Pada saat itu, milkshake merupakan minuman dingin yang berbahan dasar susu manis yang diberi perisa beserta air soda. Uniknya, dulu ada juga milkshake yang dicampurkan dengan telur mentah, lho!

Sebelum chocolate milkshake, salah satu rasa milkshake yang menjadi favorit banyak orang saat itu adalah milkshake rasa malt. Sebagai informasi, dalam pembuatan malt milkshake, bubuk malt ditambahkan untuk memberikan rasa manis dan gurih yang khas. 

Popularitas chocolate milkshake sendiri baru muncul sekitar tahun 1922 setelah Ivar Coulson memperkenalkan Horlick’s Milkshake. Menu yang ia buat ini merupakan campuran dari susu bubuk Horlick’s, es krim vanila, dan sirup coklat yang ia olah menjadi chocolate milkshake. Uniknya, dalam pembuatan chocolate milkshake, biasanya bubuk malt juga akan ditambahkan untuk memberi tambahan rasa. 

2. Lemonade, Mesir 

segelas minuman lemonad dan lemon

Lemonade merupakan minuman berbahan lemon yang dibuat dengan mencampurkan jus lemon (air perasan lemon), air, serta gula/madu sebagai pemanis. 

Siapa yang menyangka kalau di balik lemonade dan cara pembuatannya yang sederhana tersimpan sejarah panjang hingga ribuan tahun yang lalu. Pasalnya, minuman ini disebut-sebut dipopulerkan bangsa Mesir sekitar 1.500 tahun yang lalu. Meski demikian, ada juga yang berpendapat bahwa lemonade alias limun diperkenalkan oleh bangsa Perancis pada sekitar abad ke-16. 

3. Thai Tea, Thailand 

2 buah gelas thai tea dan terdapat sedotan

Sesuai dengan namanya, Thai tea merupakan suguhan minuman dari Thailand. Menariknya, banyak orang Indonesia yang gemar sekali dengan minuman yang satu ini. Bagaimana tidak—aroma teh yang menenangkan dipadu dengan gurihnya rasa susu dari kental manis dan tambahan es bikin hari-hari Anda yang gerah jadi segerr!

Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, harga Thai tea juga bisa dibilang murah di kantong. Hal ini juga yang menjadi salah satu faktor mengapa Thai tea begitu banyak digandrungi masyarakat. 

4. Es Cendol, Indonesia 

satu gelas es cendol dengan gula dan sendoknya

Minuman khas Indonesia ini menjadi salah satu minuman paling enak di dunia, lho. Tak heran, dengan cita rasa manis dari sirup gula merah yang kental, dipadukan dengan gurihnya santan, serta ditambah bongkahan es yang bikin segar—siapa pun pasti tak sanggup menolak godaan es cendol di hari yang panas. 

Cendol sendiri merupakan makanan yang dibuat dari tepung beras, tepung hunkwe, dan sedikit pewarna. Dengan adanya tambahan tepung hunkwe, tak heran, cendol memiliki tekstur yang kenyal.

Apakah cendol sama dengan dawet? Sebenarnya kedua jenis minuman ini memiliki rasa yang mirip karena sama-sama menggunakan santan dan gula merah saat disajikan. Hanya saja, bahan pembuatan dawet hanyalah tepung beras saja tanpa ada tambahan tepung hunkwe. Hal inilah yang menyebabkan tekstur dawet lebih lembut dibandingkan cendol dan ukurannya pun lebih tebal.

5. Pastis, Perancis

satu gelas minuman pastis dari perancis

Pastis merupakan minuman manis yang terbuat dari adas dengan cita rasa yang manis. Jenis adas yang digunakan adalah adas bintang, dan biasanya dicampur dengan licorice serta beberapa ramuan herbal lainnya.

Minuman warna kuning ini biasanya disajikan di restoran sebagai minuman pembuka (aperitif) karena bisa merangsang nafsu makan. Supaya segar, biasanya minuman ini disajikan dalam keadaan sudah diencerkan dan dalam keadaan dingin. Selain disajikan dengan es, salah satu minuman terenak di dunia ini biasanya disajikan bareng dengan camilan ringan seperti biskuit. 

Penasaran dengan rasa minuman yang satu ini? Anda bisa menjumpai pastis di berbagai marketplace di Indonesia. Meski demikian, perlu Anda ingat bahwa harga yang perlu Anda bayarkan tidak murah. 

6. Orange Juice, Amerika Serikat 

satu gelas orang juice dan dua buah jeruk

Selain minuman-minuman yang sudah disebutkan di atas, orange juice juga masuk ke dalam daftar minuman paling enak di dunia, lho.

Mungkin bagi masyarakat zaman sekarang, orange juice hanyalah sekadar jus jeruk. Padahal, pada awal mula kemunculan orange juice sekitar tahun 1920-an silam, minuman ini merupakan minuman musiman. Jadi, untuk menjumpai orange juice tidak semudah saat ini.

Bahkan, orange juice merupakan minuman yang turut berperan serta dalam menjaga kesehatan tentara perang Amerika Serikat pada masa Perang Dunia II. Dengan kandungan vitamin C jeruk, tentara perang saat itu bisa meningkatkan daya tahan tubuh mereka serta mencegah penyakit skorbut.

7. Frappe, Yunani 

satu gelas minuman coklat frappe dengan topping oreo

Sebagian dari Anda mungkin masih belum mengetahui bahwa frappe adalah minuman yang berasal dari Yunani. Pada awalnya, minuman yang satu ini adalah es kopi yang dibuat dengan campuran susu. Tetapi, pada perkembangannya, frappe bisa dibuat dengan bahan non-kopi.

Memangnya, apa saja sih bahan pembuat frappe? Biasanya, frappe dibuat dengan menggunakan susu, krim kocok, serta sirup. Seluruh bahan ini lantas dimasukkan ke dalam blender dan ditambahkan es. 

Untuk penyajiannya, frappe biasa disajikan di gelas tinggi yang berukuran langsing. Jika Anda membeli frappe di café atau restoran, tak jarang Anda akan menjumpai tambahan krim dan sirup di atasnya. Cocok untuk Anda yang suka dengan minuman manis! 

8. Bubble Tea, Taiwan 

satu gelas minuman coklat dengan bubble tea

Zaman sekarang siapa sih yang tidak kenal dengan bubble tea? Rasa teh hitam yang gurih karena tambahan susu, dipadukan dengan manis gula cair cocok sekali disajikan dalam keadaan dingin. Belum lagi dengan tambahan bubble alias boba yang terbuat dari tepung tapioka. Paduan bahan-bahan di bubble tea ini bahkan sanggup membuat antrean hingga berjam-jam!

Saat ini, bubble tea tidak hanya membanggakan resep asli yang dimilikinya. Tambahan perisa lain baik untuk campuran tehnya maupun perisa untuk bubble/boba menjadikan bubble tea sebagai minuman yang makin digandrungi banyak orang—baik muda ataupun tua. Jadi, saat ini bubble tea makin punya banyak varian. 

Selain jenis perisa yang digunakan, cara penyajian bubble tea juga beragam, bisa panas maupun dingin dengan tambahan es batu. Jadi, Anda tak perlu khawatir pilek karena minum bubble tea di pagi hari!

Baca Juga : 10 Rekomendasi Minuman Boba, Minuman Kekinian Milenial!

9. Sangria, Spanyol 

satu gelas minuman sangria dengan strawberry

Sangria merupakan minuman beralkohol yang populer di dua negara, yaitu Spanyol dan Portugal. Namun demikian, minuman ini pertama kali populer di Spanyol.

Sangria adalah koktail yang terbuat dari red wine (anggur merah) yang dipadukan dengan liquor (rum, gin, atau brandy), ginger ale, dan buah-buahan yang diiris. Supaya makin segar, biasanya sangria dimasukkan kulkas terlebih dahulu. Tidak hanya supaya sangria menjadi minuman yang menyegarkan—hal ini juga bisa membuat rasa wine dan buah-buahan bercampur jadi satu. 

Baca Juga : Dari Terendah sampai Tertinggi, Kenali Jenis Minuman Alkohol Ini

Nah, itulah penjelasan mengenai 10 minuman paling enak di dunia. Minuman yang mana saja, nih, yang sudah Anda coba sebelumnya? 

Hal yang menarik dari sebagian besar minuman terenak di dunia yang telah disebutkan adalah cara membuatnya yang relatif mudah. Tak jarang, bahan-bahan yang Anda perlukan untuk membuat minuman-minuman tersebut juga murah dan mudah didapat. 

Article Tags:
Article Categories:
American · Europe · Indonesian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Don't Miss! random posts ..