Food Menu

Ragam Makanan Khas Filiphina yang Unik, Berani Coba?

Filipina merupakan salah satu negara yang memiliki wisata alam dan kuliner yang menarik. Meskipun Filipina tidak terlalu populer sebagai negara tujuan wisata, sejatinya keindahan alam, budaya, dan kulinernya sangatlah menarik untuk dieksplorasi. Filipina memiliki banyak ragam makanan khas yang unik dan menggugah selera, beberapa di antaranya bahkan tidak bisa Anda temukan di negara lain. Yuk, simak aneka makanan khas Filiphina berikut ini:

Kare-Kare

Sajian istimewa ini merupakan potongan buntut sapi yang direbus bersama saus kacang lalu disajikan bersama Bagoong. Bagoong merupakan pasta makanan laut yang difermentasi. Sebagai tambahan, di bagian atas sajian ditambahkan sayur-sayuran seperti kacang panjang rebus sebagai topping. Sajian khas ini menjadi menu wajib di hari-hari besar masyarakat Filipina.

Adobo

Adobo merupakan sajian kuliner Filipina yang sangat terkenal. Makanan ini terbuat dari daging ayam atau daging babi, terkadang campuran keduanya yang dimarinasi dalam cuka dan kecap asin. Selain itu, terdapat tambahan bawang putih dan lada hitam saat mengolahnya sehingga tercipta aroma yang khas dan kuat. Adobo memiliki rasa yang cenderung asam, namun dagingnya sangatlah lembut dan enak di lidah.

Sinigang

Sinigang merupakan sajian lezat yang terdiri dari sup daging dan sayur yang bercitarasa agak asam. Rasa asam tersebut berasal dari bumbu yang digunakan untuk mengolah masakan ini yaitu tamarin, jeruk kalamansi, jambu biji, dan mangga muda. Meskipun asam, rasa Sinigang sangat segar sehingga banyak diminati. Sinigang termasuk makanan khas Filiphina yang populer dan mudah ditemukan di berbagai tempat. Masakan ini juga dipercaya memiliki khasiat untuk meredakan radang tenggorokan.

Baca juga: Makanan yang Terkenal di Taiwan, Wajib Banget untuk Dicoba!

Lechon

Lechon merupakan makanan populer Filipina yang menjadi pesaing berat Adobo. Sajian ini berupa daging babi guling yang dipanggang. Sajian ini menjadi menu utama di berbagai pertemuan penting atau pesta besar yang diadakan masyarakat di sana. Lechon yang mudah ditemukan di kawasan Manila adalah Lechon Kawali atau olahan anak babi yang digoreng dan diolah didalam kuwali. Biasanya sajian Lechon Kawali ini dinikmati masyarakat setempat sambil minum bir.

Crispy Pata

Crispy Pata adalah sajian kaki babi yang digoreng dan disajikan bersama saus istimewa. Saus Crispy Pata terbuat dari campuran kecap, cuka, bawang putih cincang, dan cabai cincang. Menu istimewa ini memberikan sensasi garing dan lezat di lidah.

Sisig

Sisig menjadi salah satu favorit para wisatawan yang berkunjung ke Filipina. Sajian ini merupakan olahan hati babi, ampela, usus, dan kepala babi yang ditumis bersama bawang bombay dan disajikan di atas hot plate. Hidangan ini biasanya dijadikan hidangan pembuka sambil menunggu sajian utama dihidangkan.

Pancit Guisado

Pancit Guisado merupakan salah satu makanan yang populer di Filipina karena dianggap mampu membuat orang yang memakannya panjang umur. Sajian ini berupa jenis mie yang ditumis bersama daging dan sayuran di dalam kaldu yang dicampur dengan kecap manis dan kecap asin. Perpaduan kuah tumis yang lezat ini semakin nikmat dengan tambahan perasan jeruk kalamansi saat disajikan.

Baca juga:

Bulalo

Bulalo merupakan hidangan berupa sup daging dan sumsum tulang belakang yang sangat nikmat jika dinikmati ketika masih hangat. Sup lezat ini dimasak dengan api kecil sehingga daging dan sumsumnya terjaga tekstur dan kelezatannya. Kuah sup ini dibumbui dengan bawang, merica, dan saus ikan yang membuatnya semakin istimewa. Tak lupa, ada potongan sayuran yang ditambahkan saat daging dan sumsum yang direbus sudah mulai lunak. Bulalo yang terkenal di Filipina yaitu Bulalo dari daerah Batangas di area Luzon Selatan.

Palabok

Palabok merupakan makanan Filipina berbahan dasar mi yang diolah dengan menggunakan saus udang. Di atasnya ditambahkan topping berupa irisan telur rebus, irisan kulit babi, irisan ikan asap, dan juga daun bawang yang dicincang. Menu ini biasa disajikan saat ada acara ulang tahun, pesta, atau syukuran.

Dinuguan

Dinuguan termasuk makanan Filipina yang cukup eksentrik. Sajian ini merupakan olahan daging babi dan jeroan yang direbus di dalam darah babi yang dicampur dengan cuka. Dinuguan sering disajikan bersama puto yaitu kue beras yang bercitarasa manis sehingga di lidah akan terasa gurih bercampur manis.

Kaldereta

Sajian ini merupakan sup yang kaya protein. Daging yang digunakan adalah daging kambing atau daging sapi yang dicampur dengan potongan sayuran seperti wortel, paprika, dan kentang. Sup ini disajikan dengan saus tomat dan pasta hati.

Nihaw Na Liempo

Nihaw Na Liempo sering disebut juga perut babi panggang. Bumbu khas Nihaw Na Liempo yaitu campuran kecap ikan, kecap manis, saus pisang, kalamansi, gula merah, dan merica.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba makanan khas Filiphina yang unik dan istimewa?

Article Tags:
Article Categories:
Asian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Don't Miss! random posts ..