Food Menu

Rasa Menggoyang Lidah, Coba 9 Makanan Khas Vietnam

dua buah banh mi dengan sayuran

Pernahkah Anda mencoba makanan khas Vietnam? Jika Anda belum pernah makan makanan Vietnam atau bahkan Anda tidak tahu sama sekali beberapa macam jenis makanan dari Vietnam, artikel ini cocok sekali untuk Anda. Yuk, kenalan dengan beberapa makanan dari Vietnam yang punya cita rasa khas Indocina ini! 

1. Spring Roll

3 buah spring roll dengan sausnya

Gỏi cuốn merupakan makanan dari Vietnam yang sudah dapat dijumpai di banyak tempat saat ini. Biasanya, makanan ini disebut juga sebagai Vietnamese spring rolls. Memangnya, apa saja sih isi dari gỏi cuốn ini?

Isian dari ‘lumpia salad’ ini cukup simpel, yaitu daging babi, sayuran, udang, serta bún (semacam bihun). Kemudian, bahan-bahan tersebut akan dibungkus dalam bánh tráng khas Vietnam—yaitu pembungkus yang terbuat dari kertas beras. Anda juga bisa mengganti daging babi dengan daging jenis lain, kok. 

Gỏi cuốn biasa disajikan dengan saus yang terbuat dari saus hoisin, saus ikan pedas khas Vietnam, minyak sayur, dan kaldu. Tak lupa, kacang tanah yang sudah dihaluskan pun ditambahkan ke saus tersebut.

2. Banh Mi

banh mi roti yang berisikan sayuran dan daging

Bánh mì merupakan makanan khas Vietnam yang berbentuk roti. Bahan pembuatan makanan ini adalah dari tepung gandum serta tepung beras. Meski bisa disebut sebagai salah satu makanan yang populer dari Vietnam, sebenarnya roti ini memiliki kemiripan dengan baguette makanan khas Prancis. Hal ini memang tidak mengejutkan, mengingat Vietnam merupakan negara bekas jajahan Prancis. 

Apakah bánh mì hanya berupa roti panjang seperti baguette? Tentu saja tidak. Street food khas Vietnam ini memiliki isian seperti sandwich dengan isian wortel, potongan daging, lobak putih, serta daun ketumbar. 

Daging yang digunakan dalam bánh mì biasanya dibumbui dahulu dengan bumbu sederhana. Bumbu yang digunakan meliputi kecap asin, kecap ikan, gula, bawang putih dan merah, serta lada dan garam secukupnya. Tak heran, cita rasa daging sandwich ini jadi begitu nendang dan cocok ditambahkan ke roti dan sayuran.

3. Cha Ca La Vong

cha ca la vong dengan topping sayuran berwarna hijau

Ingin makanan Vietnam yang bisa jadi makanan berat? Santai, ada cha ca la vong. Makanan yang satu ini merupakan hidangan ikan bakar dari Hanoi. 

Jenis ikan yang biasanya digunakan adalah jenis ikan yang mirip dengan ikan lele. Setelah bahan utama ini dipotong, ikan akan dicelupkan dalam saus yang terbuat dari kunyit dicampur dengan jahe, cabai, serta kecap ikan. 

Setelah dibumbui, ikan tersebut akan dipanggang di atas hot pan hingga matang. Lalu, cha ca la vong akan disajikan bersama dengan bihun, sedikit sayuran, serta taburan kacang di atasnya. 

4. Mi Quang

mi quang berisikan daging dan jeruk nipis

Sesuai dengan namanya, mì quảng merupakan salah satu jenis hidangan dari Vietnam yang berupa mi. Makanan ini sering disajikan dalam berbagai acara di provinsi Quang Nam di Vietnam, mulai dari acara keluarga hingga acara Tết—yaitu perayaan tahun baru di Vietnam. 

Lalu, bahan apa saja yang biasa digunakan untuk membuat mì quảng? Bahan utama dari mì quảng adalah mi bihun yang disajikan dengan potongan daging. Lalu, mi dan daging ini akan disiram dengan kuah kaldu yang sudah dimasak dengan bumbu. 

Selanjutnya, mì quảng akan diberi tambahan topping berupa rempah-rempah seperti merica dan kunyit. Biasanya mì quảng juga disajikan dengan kerupuk beras wijen saat disajikan. Supaya makin segar, potongan jeruk nipis disediakan bagi mereka yang makan mì quảng

Baca Juga : Pencinta Mie Wajib Tahu: Kenali 10 Macam Mie Ini, Yuk!

5. Xoi

ketan dengan topping daging

Berbeda dengan mì quảng yang merupakan makanan berat, xôi merupakan camilan dengan rasa gurih atau manis (tergantung bahan pelengkapnya) yang dibuat dari beras ketan. Biasanya, xôi memiliki berbagai macam warna, mulai dari putih sebagai warna asli ketan hingga pink, hijau, kuning, merah, dan bahkan ungu.

Biasanya, menu camilan yang satu ini sering dijumpai pada saat sarapan. Sebagaimana disebutkan sebelumnya, rasa gurih dan manis yang dimiliki xôi ditentukan dari pendamping sajian dari jajanan ini sendiri. 

Misalnya, xôi gurih biasanya disajikan dengan ikan goreng, potongan daging babi yang di-caramelize, serta telur. Ada juga yang disajikan dengan lap chong, telur burung puyuh, serta meat floss alias abon. Di sisi lain, xôi manis biasanya disajikan dengan kelapa, santan, mangga, bahkan durian.

6. Bo La Lot

daging yang dililit dengan daun lolot

Sering kali juga disebut sebagai bò nướng lá lốt, makanan Vietnam yang satu ini merupakan sajian daging sapi yang disajikan dalam daun lolot. Daun lolot disebut-sebut sebagai daun yang mirip dengan daun sirih, yaitu dengan bau yang sedikit pedas dan memiliki rasa pahit seperti obat. 

Nah, bò nướng lá lốt ini dibuat dengan cara membungkus daging sapi dengan daun lolot. Kemudian, daging akan dipanggang atau digoreng. Selain itu, makanan ini akan disajikan dengan taburan kacang tanah panggang yang sudah dihaluskan, acar lobak, wortel, serta mi bihun. Untuk menambah cita rasa daging, tak lupa saus dipping khas Vietnam juga disediakan.

7. Chao Tom

5 buah chao tom dan bihun

Berasal dari daerah wilayah tengah Vietnam, chạo tôm merupakan makanan yang terbuat dari udang yang dipanggang. Akan tetapi, sebelum dipanggang, daging udang akan dihaluskan terlebih dahulu dan dicampur dengan bumbu-bumbu. Lalu, daging udang akan dibentuk hingga menyerupai sate lilit makanan khas Bali. Uniknya, bahan ‘tusuk sate’ yang digunakan adalah batang tebu.

Nah, setelah dikukus hingga matang, chạo tôm bisa digoreng. Cita rasa gurih dari udang yang telah diberi bumbu dipadu dengan sedikit hint rasa manis dari batang tebu pasti bikin Anda jadi ketagihan mencicipi chạo tôm!

8. Banh Xeo

5 buah banh xeo dengan sausnya

Makanan yang satu ini merupakan pancake goreng khas Vietnam, nih. Berbeda dari pancake yang biasanya terbuat dari tepung terigu, bánh xèo dibuat menggunakan adonan tepung beras dan ditambah dengan sedikit bubuk kunyit.

Sebagai isian, bánh xèo menggunakan udang, daging babi, kacang hijau, potongan bawang hijau, serta tauge. Ada juga yang menambahkan daun selada dan daun mint sebagai garnish saat menyajikan bánh xèo

9. Pho

pho dengan topping daging

Nah, hidangan khas Vietnam yang satu ini sudah sangat populer di banyak negara di dunia. Makanan dari Vietnam yang satu ini memiliki bagan dasar mi yang diberi kuah bening, irisan daging, dan sayuran. Mi untuk phở biasa terbuat dari tepung beras, dan daging yang digunakan biasanya adalah daging ayam atau daging sapi yang diiris tipis—baik matang maupun mentah.

Selain sayuran dan irisan daging, phở juga disajikan dengan beberapa jenis daun-daunan. Misalnya saja daun ketumbar dan daun bawang yang diiris. Untuk menambah cita rasa phở, biasanya pedagang phở akan menambahkan bawang bombai juga di atas sajian phở.

Makanan yang satu ini berasal dari Hanoi dan menyebar ke banyak wilayah di Vietnam. Selain karena negaranya menjadi destinasi wisata, banyaknya masyarakat Vietnam yang menjadi migran membuat makanan yang satu ini jadi dikenal masyarakat mancanegara.

Dari kesembilan makanan khas Vietnam di atas, adakah yang sudah pernah Anda coba? Jika tidak ada satu pun yang pernah Anda coba, mungkin ini waktu yang tepat untuk mulai berburu hidangan khas Vietnam yang sudah disebutkan di atas. Anda juga bisa memilih untuk memasak sendiri dengan mengandalkan resep yang sudah banyak tersedia di internet.  

Article Tags:
Article Categories:
Asian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Don't Miss! random posts ..