Food Menu

Wajib Beli! Oleh-Oleh Makanan Khas Medan Paling Populer

Sudah puas mengunjungi Istana Maimun, Air Terjun Sipiso-piso Tongging, Danau Lau Kawar, Danau Siombak, atau Bukit Lawang selama kalian di Medan? Eits, jangan keburu langsung pulang. Pastikan membawa oleh-oleh makanan khas Medan, karena selain terkenal dengan wisata alamnya, Medan juga terkenal dengan ragam kuliner yang lezat. 

Nah apa saja makanan khas Medan yang bisa kalian bawa pulang sebagai buah tangan? Berikut beberapa rekomendasinya.

Bika Ambon

Kalau kalian mengira Bika Ambon berasal dari Ambon, jangan khawatir, kalian tidak sendirian. Banyak orang menyangka Bika Ambon berasal dari Ambon padahal makanan populer ini berasal dari kota Medan.

Makanan ini sangat terkenal berkat rasa manis dan teksturnya yang berserat dan lembut. Kalian bisa membeli Bika Ambon di banyak tempat di kota ini, salah satunya di Bika Ambon Zulaikha yang ada di Jalan Mojopahit No. 62 dan 96 DEF.

Bolu Meranti Medan

Makanan khas Medan berikutnya yang cocok buat oleh-oleh adalah Bolu Meranti Medan yang bisa kalian beli di di Jalan Kuring 2K dan Jalan Sisingamangaraja No. 19B. Bolu Meranti bisa tahan hingga tujuh hari apabila disimpan di dalam kulkas.

Toko ini menerima banyak sekali pesanan setiap harinya. Banyak varian rasa yang bisa dipilih mulai dari double coklat, pandan srikaya, strawberry, mocca, kacang, keju, nanas, hingga blueberry. Harganya pun cukup terjangkau yakni mulai dari Rp60.000 per kotak.

Teri Medan

Buat kalian yang menyukai cita rasa gurih dan asin, maka wajib banget membeli Teri Medan yang khas ini. Produk olahan ikan teri ini banyak diburu karena rasanya yang sedap dan bikin ketagihan.

Salah satu Teri Medan yang cukup populer adalah Teri Bajak Medan. Namun, ada banyak pilihan lain seperti sambal cabai rawit dan sambal cabai merah. Oleh-oleh satu ini bisa dibeli di Toko Nusantara, Jalan T. Amir Hamzah No 17.

Ikan Sale

Kalau kalian pernah dengar sale pisang, di Medan, warga sekitar memiliki makanan khas Medan yang bernama Ikan Asap Sale. Bahan dasar hidangan ini cukup menarik yaitu ikan Lele Limbat. Pembuatan Ikan Sale adalah dengan cara dijemur di bawah terik matahari atau diasapi. 

Kalian bisa menikmati makanan Ikan Sale sebagai kudapan atau dijadikan olahan makanan lagi seperti tumis Ikan Sale atau nasi goreng Ikan Sale. Dijamin, orang tua, mertua, saudara, kerabat, hingga pacar bakal seneng dapat oleh-oleh ini.

Lapis Legit Affinois

Ragam kuliner lainnya yang dimiliki Medan adalah lapis legitnya. Makanan yang manis dan sangat lembut di lidah ini merupakan hidangan lokal dengan pengaruh makanan khas kolonial Belanda. 

Saking digemarinya, salah satu kue ini dinobatkan sebagai “Cake of the World” asal Indonesia. Lapis Legit Affinois ini memiliki aroma butter sangat kuat karena banyaknya kuning telur yang digunakan saat proses produksinya.

Kopi Sidikalang

Oleh-oleh satu ini cocok banget buat Ayah, om, atau cowok kalian. Minuman kopi legendaris ini berasal dari daerah pegunungan Sidikalang di ketinggian sekitar 1472 mdpl. Kualitas biji kopi dari pegunungan ini tidak perlu diragukan lagi.

Walaupun sangat populer dan memiliki rasa kopi cukup pekat, harga Kopi Sidikalang benar-benar terjangkau.

Durian Si Bolang

Buat kalian yang fanatik dengan buah durian, harus banget coba durian dari Medan ini. Durian Si Bolang memiliki rasa yang manis dan legit. Banyak wisatawan asing, lokal, bahkan warga Medan sendiri membeli Durian Si Bolang.

Dan kalian tidak perlu khawatir dengan aroma durian yang biasanya cukup menyengat selama perjalanan nanti, karena durian telah dikupas dan dikemas dengan sangat apik hingga aroma durian tidak akan mengganggu penumpang lain selama perjalan pulang kalian. 

Kacang Sihobuk

Makanan khas Medan selanjutnya yang wajib kalian beli adalah Kacang Sihobuk. Kacang ini memiliki cita rasa berbeda dari kacang-kacang lainnya. Proses produksinya adalah dengan merendam kacang tiga sampai lima jam, kemudian dijemur, dan saat sudah kering, kacang akan digoreng menggunakan pasir.

Cemilan satu ini bisa kalian dapatkan dengan sangat mudah di hampir semua sudut kota Medan. Kacang ini memiliki warna cenderung hitam dan di kulitnya masih sedikit berabu. 

Pancake Durian

Selain membeli buah duriannya langsung, kalian juga harus coba Pancake Durian. Kudapan ini menjadi primadona di kalangan para wisatawan. Pancake Durian ini berupa daging buah durian yang dicampur dengan krim kemudian dibalut dengan kulit dadar gulung berbagai warna dan rasa. 

Soal bau, kalian nggak perlu khawatir karena Pancake Durian tidak mengeluarkan aroma yang menyengat.
Itu tadi sembilan rekomendasi oleh-oleh makanan khas Medan yang wajib kalian beli saat berkunjung. Karena cukup terkenal, kalian tidak perlu khawatir kesulitan mencari ragam kuliner di atas.

Baca juga: Terkenal di Mancanegara! Intip Yuk 10 Makanan Nusantara Ini

Article Tags:
·
Article Categories:
Asian · Indonesian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Don't Miss! random posts ..