Food Menu

Yuk Kenalan Dengan 8 Minuman Khas Sumatera Utara!

Indonesia memiliki begitu banyak pulau yang terbentang dari barat hingga timur. Pulau-pulau ini dihuni oleh masyarakat dengan beragam sejarah, kebudayaan, dan kekayaan kuliner yang akan sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Kuliner khas ini dibuat dengan beragam bahan lokal yang khas sehingga menghasilkan rasa yang lezat sekaligus menyehatkan.

Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi di Pulau Sumatera yang juga memiliki beragam kekayaan kuliner yang istimewa. Nah, artikel ini akan mengajak kamu berpetualang mengenal 8 minuman khas Sumatera Utara. Mari kita bahas!

Roco Timun

Roco Timun merupakan minuman lezat yang dibuat dari timun dan kelapa. Cara pembuatan minuman ini sangat sederhana, cukup campurkan kerokan kelapa muda, timun yang sudah dipotong-potong kecil, gula merah, dan daun pandan untuk menambah aroma sedap. 

Minuman ini memiliki rasa yang manis dan segar, sehingga cocok dinikmati di udara panas siang hari. 

Teh Susu Telur

Sekilas minuman ini mirip dengan STMJ atau susu telur madu jahe, tapi sebenarnya cukup berbeda. Sesuai dengan namanya, teh, susu dan kuning telur merupakan bahan utama minuman lezat ini. Bagian telur yang digunakan biasanya adalah kuning telur, bisa telur ayam atau bebek.

Selanjutnya, ketiga bahan tersebut ditambah dengan gula dan diseduh dengan air hangat. Minuman ini terasa hangat dan menenangkan di badan, sehingga sangat cocok dinikmati saat udara dingin. 

Jus Martebe

Martebe adalah singkatan dari markisa dan terong belanda. Jadi, sesuai dengan namanya, jus martebe merupakan jus yang dibuat dari campuran kedua buah tersebut. Nama minuman ini mungkin asing bagi banyak orang, tapi sebenarnya sangat populer di daerah Sumatera Utara. 

Tidak hanya memiliki rasa yang lezat dan manis, jus martebe juga memiliki warna merah tua yang cantik sehingga cukup menggoda selera. Minuman ini juga mudah dijumpai di Medan, bahkan gerai di pinggir jalan juga banyak yang menjual makanan khas ini. 

Sirup Markisa

Selain dicampur dengan terong belanda sebagai bahan pembuatan jus martebe, buah markisa juga dapat diolah menjadi sirup yang segar dan lezat. Sirup ini merupakan hidangan kebanggaan masyarakat dari daerah Medan, Tanah Karo, dan sekitarnya.

Sirup markisa ini lezat dinikmati hangat maupun dingin. Kamu juga akan banyak menemukan minuman ini saat Lebaran dan Tahun Baru.

Es Kolak Durian

Sumatera Utara terkenal sebagai salah satu provinsi di mana kamu bisa mendapatkan durian terbaik. Jadi, tidak mengherankan jika kamu akan menemukan berbagai olahan buah durian di sini, salah satunya adalah es kolak durian.

Selain durian sebagai bahan utamanya, es ini juga terdiri dari bahan-bahan lain seperti ketan putih, gula merah, santan, dan es batu agar terasa segar. Jadi, perpaduan rasa manis gurih dan segar akan memanjakan lidah Anda. 

Tidak sulit menemukan hidangan ini di Medan, karena banyak penjual yang menawarkan es lezat ini di sekitar kampus USU dan di sepanjang jalan Dr. Mansyur.

Bandrek

Minuman hangat lain yang patut kamu coba selain teh susu telur adalah bandrek. Minuman ini dibuat dari campuran rempah-rempah antara lain kayu manis, jahe, pala, cengkeh, dan ditambah dengan gula manis. 

Rasanya manis dan segar, cocok dinikmati di malam hari untuk melawan dinginnya malam. Kamu juga tidak akan kesulitan menemukan minuman khas Sumatera Utara ini karena biasanya warung yang menjual teh susu telur juga menjual bandrek. 

Es Pokat Kocok

Sekilas, minuman ini terlihat seperti jus apukat, tapi sebenarnya berbeda. Pembuatan es ini sama sekali tidak dicampur dengan air, sehingga akan menghasilkan minuman yang lebih kental. Umumnya minuman ini dibuat dari alpukat yang dikocok atau dihancurkan dan ditambah dengan susu untuk memberikan rasa manis.

Di Medan, kamu bisa menemukan es lezat ini di salah satu toko legendaris, yaitu Es Pokat Kocok Simpang Glugur. Tapi karena kedai ini merupakan tempat yang populer, kamu harus bersabar sedikit dan rela mengantri untuk menikmati segelas es pokat kocok yang nikmat. 

Tuak

Tuak juga merupakan salah satu minuman khas yang bisa ditemukan di Sumatera Utara. Minuman ini dihasilkan dari fermentasi nira, beras, atau buah-buahan yang mengandung gula. Tapi hati-hati, minuman ini termasuk beralkohol jadi jangan terlalu banyak meminumnya, ya!

Minuman ini umumnya disajikan untuk menjamu para tamu pada acara-acara adat. Tuak juga dipercaya dapat menghangatkan tubuh dan meredakan stres. Jadi, minuman ini umum dinikmati di malam hari setelah kegiatan yang panjang agar merasa rileks dan hangat. 

Selain 8 jenis minuman di atas, masih ada banyak minuman khas Sumatera Utara yang layak dicoba. Jadi, jika kamu berkesempatan untuk berkunjung ke salah satu provinsi di Pulau Sumatera ini, jangan ragu untuk mencicipi berbagai kuliner khasnya, ya! 

Article Tags:
·
Article Categories:
Minuman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Don't Miss! random posts ..