Dinner Jadi So Sweet, Nih 10 Rekomendasi Makanan Western

Makanan western adalah istilah yang digunakan untuk menyebut jenis makanan dari Eropa atau negara barat lainnya. Berbeda dengan makanan dari negara Asia, western food lebih banyak menggunakan daging dan gandum sebagai bahan utamanya. Untuk bumbu, western food tidak menggunakan terlalu banyak rempah seperti halnya masakan Asia.

Di Indonesia, restoran yang menjual masakan western tidak lagi sulit ditemui. Ada banyak pilihan tempat makan yang bisa dicoba. Rasanya pun tidak jauh berbeda dengan aslinya. Untuk mendapatkan pengalaman kuliner yang berbeda, Anda pun bisa memilih western food sebagai menu dinner. Nah, berikut beberapa pilihan hidangan bergaya western bagi Anda.

Lasagna

Lasagna adalah salah satu jenis makanan yang berasal dari Italia. Makanan ini sangat populer sehingga bisa ditemukan di berbagai restoran di dunia, termasuk di Indonesia. Lasagna terbuat dari pasta yang berbentuk pipih dan tipis dan dicampur dengan saus tomat, keju, dan daging giling. Rasanya gurih dan teksturnya renyah serta lembut di mulut.

Awalnya, lasagna tidak menggunakan saus tomat. Namun, variasinya mulai berkembang hingga kini. Ada berbagai variasi lasagna yang bisa dicoba. Agar rasanya lebih kaya, Anda bisa memasukkan tambahan sayuran, jamur, udang, atau daging ayam di dalamnya. Selain itu, untuk cita rasa lebih pedas, ada pula yang mengganti saus tomat dengan saus sambal. Lasagna cocok bagi Anda yang menyukai makanan berbahan pasta. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Makanan Italia yang Enak dan Lezatos!

Bangers and Mash

Jika berkunjung ke Inggris atau Irlandia, jangan lupa untuk mencicipi makanan bernama bangers and mash. Ini adalah makanan yang terdiri atas sosis dan disajikan dengan kentang tumbuk. Sosis yang disajikan bermacam-macam, mulai dari berbahan daging babi, domba, atau sapi. Tidak lupa, ada pula tambahan saus bawang, bawang goreng, dan kacang polong. 

Bangers and mash termasuk makanan yang sangat mudah dibuat. Selain itu, harganya juga tergolong murah. Meskipun demikian, hidangan ini biasa disajikan sebagai hidangan utama pada makan malam. Karena menjadi favorit banyak orang, bangers and mash pernah dinobatkan sebagai salah satu makanan rumahan paling populer di Inggris.

Spaetzle

Spaetzle adalah makanan khas yang bisa ditemukan di Jerman. Makanan ini berbentuk mi dan terbuat dari bahan-bahan yang mudah didapat, yaitu tepung terigu, air, telur, dan garam. Selain itu, dibutuhkan mentega dan daun bawang sebagai pelengkap tumisan. 

Pembuatan spaetzle telah dilakukan sejak abad ke-18. Cara membuatnya manual, yaitu menggunakan tangan atau sendok. Bentuknya padat dan bulat. Menu ini biasanya dihidangkan dengan sajian daging dan saus yang melimpah. Ada pula yang memadukannya dengan sup sehingga sangat enak disantap saat masih hangat.

Untuk jenis makanan gurih, ada berbagai menu kombinasi berbahan spaetzle yaitu käsespätzle (spaetzle dengan keju parut dan bawang goreng), leberspätzle (spaetzle dengan hati giling), spinatspatzlen (spaetzle yang mengandung bayam), dan krautspätzle (spaetzle dengan asinan kubis, bawang, dan mentega).

Beef Wellington

Beef wellington adalah hidangan steik yang berasal dari Inggris. Makanan ini terbuat dari fillet steik dan dilapisi oleh pâté dan duxelles. Selanjutnya, steik dibungkus puff pastry, baru dipanggang. Pada resep lain, daging steik dibungkus dengan crepe atau parma ham supaya teksturnya tetap lembap dan basah saat matang.

Daging steik yang biasa digunakan untuk membuat beef wellington adalah tenderloin. Ada dua cara pengolahan tenderloin yang bisa dilakukan. Pertama, tenderloin dibungkus dan dipanggang, kemudian diiris baru disajikan. Cara lain adalah tenderloin diiris, baru kemudian dibungkus dan dipanggang. 

Ratatouille

Ratatouille adalah makanan khas Prancis yang umum disajikan pada makan malam. Menu ini terdiri atas berbagai macam bahan sayuran dan dedaunan. Di dalamnya juga terdapat campuran zucchini, tomat, bawang merah, bawang putih, cabai hijau, dan cabai merah. Ratatouille biasa dimakan dengan nasi, kentang, atau roti. Makanan western ini juga bisa dihidangkan sebagai menu pembuka atau saus untuk sajian pasta. 

Meskipun lebih banyak berisi sayuran, ratatouille tak kalah sedap dari berbagai olahan seafood atau daging. Bukan hanya itu, hidangan ini pun termasuk sehat karena bahan-bahannya bebas dari kolesterol tinggi. Salah satu hal yang unik dari ratatouille adalah warnanya yang merah memikat. Tak heran jika banyak wisatawan Prancis yang penasaran untuk mencobanya. 

Potluck Macaroni and Cheese

Hidangan potluck macaroni and cheese sangat populer di Eropa. Menu yang satu ini biasa disajikan pada jamuan makan malam. Awalnya, hanya masyarakat kelas atas yang dapat mencicipinya. Namun, setelah Revolusi Industri membuat produksi pasta lebih mudah, semua orang kini bebas membuat dan menyantap potluck macaroni and cheese.

Bagi Anda yang ingin menikmati dinner dengan cara yang berbeda, membuat menu ini tidak terlalu sulit. Persiapkan bahan-bahan utamanya, seperti macaroni, keju, susu, butter, dan telur. Langkah pertama adalah memasak macaroni hingga kondisi al dente. Selanjutnya, campurkan berbagai bahan lainnya dalam tempat dan panggang di oven hingga matang.

Caldo verde

Salah satu makanan lain yang termasuk dalam western food adalah caldo verde. Menu ini berbahan sayuran hijau, kentang, lada hitam, minyak zaitun, dan garam. Pada beberapa resep bisa ditambahkan daging dan sosis. Caldo verde disantap dengan roti jagung Portugis atau roti gandum hitam. 

Caldo verde merupakan makanan spesial karena biasa disajikan pada perayaan-perayaan istimewa di Portugal, misalnya pernikahan atau ulang tahun. Ada yang menyantapnya sebagai makanan utama atau justru sebelum makan malam. 

Herbs Roasted Chicken

Daging ayam termasuk bahan makanan yang umum di Indonesia. Nah, salah satu menu populer dari western yang menggunakan daging ayam adalah herbs roasted chicken. Seperti namanya, roasted chicken dimasak dengan cara dipanggang di dalam oven. Sebelumnya, daging ayam dilumuri dengan bumbu dan rempah. Daging dibungkus dengan aluminium foil agar sari makanan tidak keluar karena proses pemanggangan.

Herbs roasted chicken sangat cocok dipadukan dengan kentang dan sayuran. Dengan kandungan lengkap di dalamnya, menu ini mencukupi kebutuhan tubuh. Selain itu, menu ini juga sangat cocok dijadikan sebagai sajian makan malam yang mewah.

Mushroom Risotto

Selain pizza dan pasta, makanan khas Italia yang cukup populer adalah risotto. Bahan utama hidangan ini adalah beras, kaldu ayam, daging ayam, jamur, bawang bombay, dan keju parmesan. Mushroom risotto sangat cocok disajikan selagi hangat sebagai hidangan makan malam.

Steik

Steik adalah sajian berupa potongan daging yang berukuran besar. Daging yang digunakan bisa berupa daging sapi, daging ayam, bahkan ikan. Steik bisa dimasak dengan cara dipanggang atau digoreng. Saat disajikan, menu ini biasanya dilengkapi dengan kentang, wortel, dan saus tomat. Anda bisa mencicipi steik sebagai menu makan malam yang lezat.

Baca juga: 10 Jenis Pasta yang Wajib Kamu Tau Sebelum Membuatnya!

Nah, inilah beberapa jenis makanan western yang bisa Anda pilih sebagai hidangan pada malam hari. Tertarik untuk mencobanya?

Article Tags:
· ·
Article Categories:
Western

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Don't Miss! random posts ..